Skip to content

Valentina Sagala & Suprayoga Hadi Terima N-Peace Awards 2013 di Thailand

November 23, 2013

n-peace awards 2013 di indonesiaproud wordpress com

Perempuan memiliki peran penting dalam setiap situasi genting dan kritis, seperti dalam pemulihan situasi pasca konflik untuk menuju sebuah perdamaian. Damai menjadi sebuah kata yang dapat diucapkan dengan mudah, walau pencapaiannya membutuhkan sebuah upaya yang terkadang lebih dari yang dibayangkan. Upaya pencapaian perdamaian ini dilakukan pula oleh para aktivis pemberdayaan perempuan dari berbagai negara.

Upaya tersebut harus mendapatkan apresiasi agar dapat meningkatkan semangat dalam bersinergi bersama menuju perdamaian yang nyata, salah satunya adalah memberikan N- Peace Awards yang dilakukan oleh N- Peace.

Dua tokoh dan aktivis pemberdayaan perempuan Indonesia, yakni Valentina Sagala dan Dr. Suprayoga Hadi, serta beberapa negara Asia lain menerima penganugerahan N- Peace Awards pada Selasa, 22 Oktober 2013 di Bangkok, Thailand.

Ibu Valentina Sagala adalah Ketua Yayasan Institut Perempuan, yang mendapatkan penghargaan Indonesia Role Model for Peace 2013 sedangkan Bapak Dr. Suprayoga Hadi adalah Deputi Bidang Pengembangan Daerah Khusus, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, yang mendapatkan penghargaan Male Champion of Gender Equality 2013.

Selain dua orang tersebut, enam penerima N- Peace Awards lain adalah Mrs. Irene M. Santiago – Philippines Role Model for Peace 2013; Mrs. Thavachsri Charles Vijayaratnam – Sri Lanka Role Model for Peace 2013; Mrs. Shashi Kumary Adhikary – Nepal Role Model for Peace 2013 ; Mrs. Magdalena Bidau Soares – Timor Leste Role Model for Peace 2013; Mrs. Masuada Karokhi – Afghanistan Role Model for Peace 2013; Mrs. Rohaniza Usman – Emerging Peace Champion, Philippine. Kedelapan tokoh penerima N- Peace Awards 2013 ini merupakan hasil seleksi dari nominasi 90 orang.

Penyerahan N-Peace Awards 2013 disampaikan oleh Mr. Luc Stevens – UN Resident Coordinator and UNDP Resident Representative, dan Mrs. Eleanor Cupid dari AusAID. Upacara dihadiri oleh para pejabat PBB di Bangkok, kalangan diplomatik, pejabat pemerintah, dan undangan lainnya.

N-Peace (Engage for Peace, Equality, Access, Community and Empowerment) merupakan inisiatif berbagai negara yang difasilitasi oleh UNDP Asia Pacific Regional Centre dan Country Officers dari Indonesia, Sri Lanka, Timor Leste, Nepal, Afghanistan dan Filipina. Inisiatif ini juga dilakukan dengan mitra dari Search for Common Ground, the Institute for Inclusive Security dengan dukungan dari AusAID.

N-Peace Awards merupakan bagian dari kampanye regional oleh jaringan N-Peace. Lebih dari 70.000 orang mendukung N-Peace Awards sebagai pengakuan kepada kepemimpinan kaum perempuan dan pembangun perdamaian atas kontribusi mereka untuk pencegahan, penyelesaian dan pemulihan akibat dari konflik.

Sumber: kemlu.go.id (15/11/13)

One Comment leave one →
  1. Nur Wahyuni Utami permalink
    November 26, 2013 11:35 am

    Reblogged this on Untaian Hujan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: