Skip to content

Mahmudi Fukumoto: CEO Perusahaan Kontruksi Keihan di Jepang yang Asli Tulungagung

Desember 3, 2013

mahmudi fukumoto di indonesiaproud wordpress comPada acara Kongres Diaspora ke-2 yang dihadiri orang-orang sukses Indonesia yang memiliki usaha di luar negeri, salah satu diantaranya adalah Mahmudi Fukumoto, pria asli Tulungagung, Jawa Timur yang sukses menjadi kontraktor di Jepang.

Mahmudi sukses berkarier sebagai seorang pengusaha dan CEO perusahaan kontruksi, Keihan Co. Ltd di negeri Sakura tersebut. Saat ini, perusahaan yang dipimpinnya berkembang ke bidang biro perjalanan hingga pembuatan mainan anak-anak.

Kariernya…

Memulai kariernya sebagai seorang pekerja hotel di Jepang, Mahmudi bekerja sebagai cleaning service. Kemudian ia memutuskan keluar dan masuk di sebuah perusahaan kontruksi karena ingin mengembangkan kemampuan Bahasa Jepangnya.

“Saya ke Jepang. Kerja di Hotel selama 1 tahun. Bagian nyuci toilet. Cleaning service. Terus saya masuk kuli bangunan. Saya digaji berapa pun mau. Yang penting diajarin Bahasa Jepang. Selama 1,5 tahun saya bekerja dan belajar kemudian saya keluar,” ucap Mahmudi yang hijrah ke Jepang sejak tahun 2001.

Sebelum ke Jepang, pria yang hanya lulusan SMA ini bekerja sebagai karyawan hotel di Bali dan belajar Bahasa Jepang dengan seorang guru les Bahasa Jepang.

“Karena banyak orang Jepang, Amerika. Saya kursus Bahasa Jepang. Gurunya orang Jepang. Setelah belajar beberapa bulan. Guru saya bilang, kamu bodoh sekali. Akhirnya saya disuruh praktek dengan orang Jepang. Teman guru saya,” kisahnya.

Cinta memang datang karena sering bertemu. Akhirnya ia menikahi teman guru lesnya yang merupakan wanita kewarganegaraan Jepang. Setelah menikah, Mahmudi hijrah ke Jepang dan tetap memilih sebagai WNI.

Asal Nama Fukumoto

mahmudi fukumoto di indonesiaproud wordpress comIa pun bercerita mengenai asal usul nama Fukumoto yang melekat padanya. Mahmudi menjelaskan bahwa dirinya memiliki usaha dan menjadi pemimpin perusahaan, segala sesuatu akan berjalan lancar ketika dirinya menggunakan nama Jepang. Akhirnya ia memilih nama keluarga sang istri.

“Fukumoto nama dari mertua saya. Saya minta izin pakai nama itu. Karena itu mertua laki-laki saya simpati,” ujarnya. “Alhamdulillah, saya diizinkan memakai nama keluarga Fukumoto,” tambahnya.

Perluasan Usaha

Dari usaha konstruksi, pria yang memiliki 2 orang anak perempuan, yaitu Fukumoto Notisia M. Cinta dan Fukumoto Rafa M. Ratu ini memperluas usaha pembuatan mainan anak-anak dan biro perjalanan.

Untuk kontruksi, semua karyawannya merupakan warga negara Jepang. Adapun untuk 2 bisnis barunya, ia berusaha menggandeng WNI yang sedang bekerja di Jepang, tapi memiliki niat dan keinginan menjadi pengusaha. “Bikin mainan dan travel itu kita berdayakan orang Indonesia,” terangnya.

Mamhudi menjelaskan bahwa Keihingroup merupakan perusahaan Jepang yang bergerak di bidang konstruksi, Network, Tour, dan media informasi. “Saya juga sedang merintis radio bernama Keihinradio. Doakan,” kata Mahmudi.

Menurutnya, memulai bisnis di Jepang tidak terlalu sulit namun mempertahankan dan memajukan bisnis adalah pekerjaan tersulit. Diakuinya perlu ketekunan dan keuletan dalam berbisnis.

Sumber: finance.detik.com (20/8/13), bnp2tki.go.id (12/9/13)

3 Komentar leave one →
  1. Desember 4, 2013 11:35 am

    Ternyata yang mengharumkan nama bangsa bukan hanya atlet, tapi juga seorang pengusaha. keren

  2. Januari 4, 2014 11:35 pm

    merantau dan sukses di negara orang. ini baru teladan 😀

  3. toshiwo dicky permalink
    Maret 11, 2015 11:35 pm

    jadi inget mas n adikku di sana. alhamdulillah masku sudah punya restaurant Indonesia di Hamamatsu n adik punya tarvel biro di Tokyo. dalam hidup ini, ga ada yang ga mungkin. ganbate!

Tinggalkan Balasan

