Skip to content

Berkat “Blusukan,” Jokowi Dipilih Sebagai Salah Satu The Leading Global Thinkers of 2013

Desember 13, 2013

jokowi di indonesiaproud wordpress com

Gubernur Joko Widodo dipilih sebagai salah satu dari 134 tokoh terkemuka dunia versi pembaca majalah Foreign Policy terbitan Amerika Serikat. Dalam daftar The Leading Global Thinkers of 2013 itu, nama Jokowi masuk dalam kategori Challengers atau tokoh dengan gebrakan baru berkat aksi blusukan-nya.

Dalam keterangan singkat tentang profil Jokowi pada situs web majalah itu, Foreign Policy menyebut Jokowi sebagai pemimpin sederhana yang keluar dari “pakem” penguasa politik di Indonesia. Majalah tersebut juga menyebut Jokowi seorang penggemar grup musik Metallica yang mau turun langsung dan menyapa warga Ibu Kota.

Jokowi juga disebut sebagai pemimpin langsung yang mengambil tindakan untuk mengeksekusi proyek-proyek pembangunan, antara lain pengerukan sungai untuk mencegah banjir. Ia menjadi sangat populer sehingga kehadirannya di tengah warga selalu disambut antusias. Atas semua hal yang dilakukan itu, Jokowi juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat calon presiden Indonesia, tapi ia ingin lebih berkonsentrasi dulu sebagai gubernur DKI Jakarta.

Foreign Policy juga pernah mengangkat tulisan tentang Jokowi pada 2012 ketika Jokowi masih menjadi Wali Kota Surakarta. Dalam artikel berjudul “The City with a Short Fuse” tersebut, Foreign Policy menyebut Jokowi sebagai tokoh yang berhasil menata ulang Kota Solo, termasuk menata pedagang kaki lima.

Selain Jokowi, tokoh lain yang masuk dalam daftar tokoh terkemuka tahun ini antara lain pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus, Presiden Rusia Vladimir Putin, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Edward Snowden, mantan kontraktor pada Badan Keamanan Nasional AS (NSA) yang membocorkan rahasia pemantauan hubungan elektronik badan intelijen AS tersebut, yang menduduki posisi nomor satu.

Mantan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati juga pernah mendapatkan penghargaan serupa pada 2012.

Tanggapan Jokowi

Ketika ditanya perihal dirinya masuk dalam daftar The Leading Global Thinkers of 2013, Jokowi menyatakan belum mengetahui apa-apa tentang hal tersebut.

“Enggak ngerti, saya ke Amerika saja sejak jadi wali kota atau gubernur ndak pernah,” kata Jokowi, sapaan akrabnya, saat ditemui di kantor Balai Kota (11/12).

Sebelumnya, Jokowi masuk dalam daftar pemikir terkemuka yang dikeluarkan salah satu divisi grup Washington Post Company untuk isu hubungan luar negeri. Mantan Wali Kota Solo tersebut menduduki posisi ke-39 dalam daftar sepanjang 134 nama tersebut.

Saat ditanyai tentang daftar bergengsi yang bahkan tidak menyebut RI-1 tersebut, Jokowi hanya menanggapi, “Ah, biar saja!”

Menurut Jokowi, tidak ada sikap khusus yang dilakukannya agar menjadi lebih populer. “Baju saja ndak ganti-ganti, wajah tetep gini-gini aja, kan,” kata Jokowi.

Sumber: megapolitan.kompas.com, Tempo.co (11/12/13)

3 Komentar leave one →
  1. Desember 14, 2013 11:35 am

    Reblogged this on A Day in Our Life and commented:
    Wew

  2. Desember 16, 2013 11:35 pm

    luar biasa!
    mari kita dukung Jokowi menjadi presiden 2014.
    pimpin kami pak, selamat negara ini dari kehancuran korupsi..

  3. Januari 7, 2014 11:35 am

    Reblogged this on Vas Happenin' Yall !!.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: