Skip to content

Fauzan & Vicario dari ITB Juara Debat Internasional Antar Universitas di India

Januari 6, 2014

itb juara debat chennai 2014 di indonesiaproud wordpress comMahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Fauzan Reza Maulana dan Vicario Reinaldo,  menorehkan tinta emas Indonesia di dunia debat internasional dengan pertama kalinya mereka menjadi juara debat antar universitas dunia atau 34th World Universities Debating Championship yang digelar pada 26 Desember 2013 hingga 4 Januari 2014 di Chennai, India.

Dalam tema debat ‘This House Believes That Multinational Companies Should be Liable for Human Rights Abuses That Occur Anywhere in Their Supply Chain”, Fauzan dan Vicario mengalahkan mahasiswa Rusia (New Economic School), Polandia (University of Warsaw) dan Jerman (Eberhard Karls University Tubingen) dalam kategori English-as-Foreign-Language.

Kedua mahasiswa ITB itu datang sebagai pesaing terlemah dalam kejuaraan tersebut. Namun, mereka berhasil unggul berkat keberanian dan strategi oposisi yang diterapkan untuk menyerang kesalahan pemerintah.

“Vicario Reinaldo and Fauzan Reza Maulana of Bandung A are the EFL debate champions of the world. Congratulations! #wudc” demikian isi twitter resmi debat tersebut.

Dalam kompetisi tersebut, ada 3 kategori lomba, yakni EFL, ESL dan terbuka. ESL adalah untuk universitas yang menjadikan bahasa Inggris sebagai pengantar di universitasnya. Dari Indonesia, UI dan Bina Nusantara mengirim perwakilannya.

Kompetisi debat internasional ini digelar sejak 1982 lalu. Berawal dari kompetisi kecil di Inggris, Amerika Utara dan Australia, akhirnya berkembang hingga diikuti 200 universitas dari 45 negara.

Turnamen debat ini menggunakan sistem debat parlemen Inggris. Topiknya diumumkan beberapa saat sebelum debat dimulai. Kontestan dibagi menjadi empat tim, dua mewakili pro pemerintah dan dua mewakili oposisi.

Sumber: news.detik.com (5/1/14)

2 Komentar leave one →
  1. Januari 10, 2014 11:35 pm

    Ayo pemuda Indonesia bisa berprestasi di lomba-lomba internasional, ada banyak kesempatan di http://www.heysuccess.com/

  2. Januari 12, 2014 11:35 pm

    indonesia punya bnyak prestasi, tapi sering media memilih mendiamkan. hanya sisi negatif indonesia yg mereka tampilkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: