Skip to content

Mahasiswa Telkom Juara di Ajang University Mobile Challenge MWC 2014, Barcelona

Maret 3, 2014

tim MDcare di indonesiaproud wordpress comDari Spanyol, tepatnya dari ajang GSMA Mobile World Congress 2014 yang dihelat pada 24-27 Februari 2014, ada cerita membanggakan yang ditorehkan anak muda Indonesia di sana.

MDCare, aplikasi yang dibesut oleh empat orang mahasiswa Telkom University, Bandung berhasil menyabet juara ketiga dalam ajang University Mobile Challenge MWC 2014 Barcelona.

Tim yang beranggotakan Dody Qori Utama, Anggunmeka, Jeffry Adityatama, dan Indira Pramita Sari, serta dibimbing oleh dr Tauhid Nur Azhar ini berhasil menyingkirkan tim-tim dari negara lain seperti India, Prancis, dan Amerika. Juara pertama diraih Melusyn dari Prancis, sedangkan juara kedua direbut oleh Engezni dari Mesir.

timMDcare di indonesiaproud wordpress comDody dan tteman-teman sebelumnya terpilih berangkat ke Spanyol sebagai salah satu dari 14 finalis, yang disaring dari total 170 tim. Dalam tahap final yang baru selesai diselenggarakan 25 Februari malam, akhirnya MDCare terpilih menjadi juara ketiga.

Prestasi yang patut dibanggakan mengingat ini adalah kompetisi bertaraf internasional, dan ini ditorehkan oleh sekelompok anak muda inovatif yang tidak berhenti berkarya untuk Indonesia dan dunia.

MDCare di indonesiaproud wordpress comMDCare sendiri adalah sebuah aplikasi mobile health untuk meningkatkan interaktivitas pasien dokter secara automatis. Harapannya, aplikasi ini bisa menekan angka malpraktek yang terjadi disebabkan kesalahan banyak pihak.

Aplikasi ini lahir dilatarbelakangi akan tingginya tingkat malpraktek kesehatan di Indonesia. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, hampir 60% dikarenakan pasien salah mengikuti urutan dan aturan penyembuhan dokter. Di sisi lain, dokter juga tidak mampu memantau 100% pasiennya karena berbagai keterbatasannya. Aplikasi ini lahir sebagai solusi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya malpraktek, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

Sumber: Alfi Pangest (kompasiana.com, 26/2/2014)

One Comment leave one →
  1. Maret 12, 2014 11:35 am

    Aplikasi MDCare ini layaknya “reminder” seperti kapan anda harus berangkat check-up, jadwal konsumsi obat dan dosis serta detail-detail lainnya. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa di dapatkan via mobile yang meng-support app tersebut, seperti smartphone.

    Pengguna aplikasi ini tentunya akan sangat terbatas mengingat di Indonesia saja, pengguna smartphone berbasis platform android sebagai contohnya masih kalah dengan smartphone sejuta umat yakni blackberry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: