Skip to content

Indonesia Raih Emas di Ajang Hong Kong Flower Show 2014

Maret 12, 2014

anjungan tomohon HKFS 2014 di indonesiaproud wordpress comNama Indonesia lagi-lagi jadi perhatian dalam acara Hong Kong Flower Show 2014 karena kembali memenangkan ‘Best Performance’ dan  meraih gold award dalam ajang pameran bunga internasional Hong Kong yang berlangsung pada 7 – 16 Maret lalu.

Hong Kong Flower Show tahun ini mengangkat tema utama ‘Blossom of Joy’ dengan mengangkat tema bunga ‘Kalanchoe’ dan diikuti 200 organisasi pencinta bunga, lembaga pendidikan agrobisnis, lembaga penelitian holtikultural dan lainnya dari 16 negara.

Dalam ajang itu ditampilkan 350 ribu bunga termasuk 40 ribu pot bunga kalanchoe dengan enam varietas. Ratusan jenis bunga itu ditata apik baik dalam bentuk landskap lengkap dengan aneka bentuk dan variasi termasuk membangun aneka binatang seperti gajah, ikan, kuda. Aneka bunga itu juga digunakan sebagai dekorasi, menghiasi booth dari masing-masing negara.

Chalief Akbar mengatakan arena “Hong Kong Flower Show” menjadi salah satu sarana bagi Indonesia untuk memperkenalkan kebudayaan dan pariwisatanya, selain potensi industri agrobisnisnya yaitu bunga.

“Sejak pertama kali diadakan, Konjen RI di Hong Kong bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menampilkan beberapa daerah serta aneka bunga baik dalam bentuk lanskap maupun dekorasi,” tutur Chalief.

Pada kegiatan yang digelar di lapangan Victoria itu, Indonesia menampilkan budaya Kota Tomohon, Sulawesi Utara dalam booth berukuran 8 x 8 meter persegi, dihiasi beragam jenis bunga, termasuk bunga kalanchoe, yang menjadi tema pameran bunga Hong Kong kali ini.

Budaya Kota Tomohon diwakili pula dengan kehadiran sepasang mempelai dengan pakaian adat pernikahan kota bunga tersebut, yang duduk di pelaminan di dalam booth dan pengunjung dapat berfoto bersama dengan pasangan pengantin tersebut.

Dari pintu masuk booth para pengunjung berjalan di jalan setapak berhias karpet merah, yang di kiri kanan jalan terdapat taman aneka jenis bunga, antara lain bunga mawar, krisan, lili, geranium, hydrangea dan banyak lagi.

Tidak hanya menampilkan bunga, Anjungan sebagai tempat pameran bunga dibuat seunik mungkin. Anjungan didesain seperti rumah tradisional dengan penuh penuh ukiran khas kota Tomohon, Sulawesi Utara.

anjungan RI di Hong Kong Flower Show 2014 di indonesiaproud wordpress comMenariknya lagi, di dalam anjungan yang didominasi warna merah dan emas tersebut diadakan parade kecil-kecilan dengan menampilkan tari-tarian nasional seperti jaipong, pendet dan lainnya, lengkap dengan kostum adat.

Para delegasi lainnya seperi Utu dan Keke, sebutan untuk abang none-nya Minahasa Utara juga mencuri perhatian turis. Dengan anjungan yang unik serta menonjolkan budaya yang memiliki ciri khas, mereka berhasil menarik hati wisatawan dan juri yang hadir dalam acara tahunan itu.

Direktur Utama Taman Bunga Nusantara Darmasto Kusumaningrat mengatakan sejak pameran “Hong Kong Flower Show ” digelar enam tahun lalu, Indonesia selalu meraih gold award. Tahun lalu Indonesia mendapatkan dua penghargaan sekaligus, sebagai ‘Best Performance’ dan ‘Best Design’.

“Ini tentu sangat membanggakan dan membahagiakan kami, dan Indonesia umumnya,” katanya.

Sumber: antaranews.com (9/3/2014), travel.detik.com (8/3/2014)

One Comment leave one →
  1. Maret 12, 2014 11:35 am

    wah bagus banget tuh.. di tengah issu buruk yang menghantui indonesia, ternyata ada juga berita membanggakan yang mewarnai Tahan Air Kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: