Skip to content

Mahasiswa & Dosen Uncen Papua Raih 2 Best Paper Award di ICBES 2014, Thailand

April 21, 2014

logo uncen di indonesiaproud wordpress comUniversitas Cenderawasih (Uncen) Papua menorehkan prestasi membanggakan dalam kancah internasional lewat 6 mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi dan dosen Akuntansi yang berhasil meraih 2 penghargaan Best Paper Award di ajang International Conference on Business, Economics, and Social Sciences (ICBES) 2014 di Bangkok, Thailand pada 8-10 Januari lalu.

ICBES adalah konferensi internasional yang diikuti lebih dari 200 delegasi yang berasal dari 25 negara di berbagai belahan dunia,  Amerika Serikat, Iran, Lebanon, Saudi Arabia, UAE, India, Finlandia, China, Indonesia, Vietnam, Sudan, Maroko, Thailand, Inggris, Swiss, Prancis, Malaysia, Jepang, dan Sri Lanka.

Dari 7  hasil penelitian empiris yang dipersentasikan, paper karya Hariman Dahrifberjudul “Public Expenditures Efficiency in Rich Natural Resources Local Government: The Case of West Papua Province” dan Andika Rante  berjudul “Leadership Style, Decentralization, and Managerial Performance: Does Management Accounting System Mediate the Relationship?” berhasil memukau panitia dan peserta konferensi lainnya sehingga diganjar sebagai paper terbaik untuk masing-masing kategori, yaitu Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi Manajemen.

Paper karya Hariman Dahrif (mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi UNCEN yang juga staf BPSDM Papua) dianggap memberikan kontribusi penting dalam mengukur efisiensi belanja publik pasca otonomi khusus (otsus) di Papua dan Papua Barat, sementara paper karya Andika Rante (dosen jurusan Akuntansi UNCEN) secara meyakinkan menunjukkan arti penting management accounting system sebagai variabel mediasi dalam meningkatkan kinerja SKPD (satuan kerja perangkat daerah) pemda yang ada di Provinsi Papua.

Ketujuh paper yang diajukan telah disetujui oleh President Academy for Global Business Advancement (AGBA), yaitu Prof. Dr. Zafar U. Ahmed dari AS untuk dipublikasikan dalam Special Edition of Journal for Global Business Advancement (JGBA) Volume 7 No. 3 (2014) dengan menugaskan Ari Warokka, PhD (Vice President AGBA for Indonesia) sebagai Guest Editor. Journal for Global Business Advancement adalah sebuah jurnal internasional yang prestisius karena terindeks dunia, yaitu SCOPUS.

Paper-paper lainnya yang dipresentasikan dalam ICBES 2014 pun mendapat perhatian khusus dengan beragam pertanyaan, tanggapan, dan saran dari para peserta lain yang hadir di sesi Ekonomi Pembangunan.

Paper Nicolas Uttung Tike (mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi UNCEN/staf ahli pembangunan Pemprov Papua) yang berjudul “Do Abundant Natural Resources Generate Social Welfare?” memancing pertanyaan delegasi dari Thailand yang tertarik meneliti hal yang sama.

Arschipus Kaize (mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi UNCEN/Kadis Pengelolaan Teknologi dan Informasi Provinsi Papua) dengan paper berjudul “Does Spatial Aspect Matter to Reduce Regional Income Inequality? The Case of Special Autonomy Region Papua and West Papua Provinces” menjadi rujukan bagi beberapa peserta yang berasal dari negara-negara berkembang lainnya, seperti Vietnam, Sudan, dan Sri Lanka, dalam mengembangkan aspek spasial dalam implementasi kebijakan desentralisasi berbasis Otsus.

Sementara paper Ulmi Listyaningsih (Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov Papua) yang berjudul “Budgetary Slack in Natural Resource-Rich Local Governments” mengundang tanggapan positif dari para peserta lainnya yang ingin mengetahui bagaimana kebijakan Pemprov Papua Barat mengelola anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Hal yang sama juga dialami oleh Suntono NP (mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi UNCEN/staf BPS Provinsi Papua) dengan paper berjudul “Could Employment Be A Precondition For Poverty Alleviation?” yang didukung oleh para peserta yang berasal dari negara-negara berkembang tentang arti penting ketersediaan lapangan kerja sebagai salah satu prasyarat pengentasan kemiskinan.

Adapun paper Muhammad Ali (mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi UNCEN/staf BPS Provinsi Papua) yang berjudul “The Relationship between Education and Income Inequality: Lessons from Indonesia” secara khusus telah ditanggapi oleh Prof. Dr. David McArthur (USA) yang melihat prioritas pembangunan Papua pada pengembangan SDM yang unggul adalah kunci keberhasilan yang wajib ditiru oleh negara-negara berkembang lainnya.

Sumber: dptik.papua.go.id (16/1/2014)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: