Skip to content

Mobil Listrik dan Hybrid UNY Juara di International Student Green Car Competition 2014, Korea Selatan

Juni 1, 2014

Mobil Listrik UNY Berjaya di indonesiaproud wordpress comMahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) lewat mobil listrik dan hybridnya mengharumkan nama Indonesia dan membuat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dalam upacara penutupan kejuaraan International Student Green Car Competition (ISGCC) 2014 di Korea Selatan pada 24 Mei lalu.

Tim Garuda UNY Racing Team (GURT) memperoleh predikat 1st Winner dan 3rd Winner dalam kategori akselerasi pada kompetisi yang diselenggarakan pada 23-24 Mei 2014 ini.  Akselerasi merupakan kategori yang sangat bergengsi dalam ajang ini karena berkaitan dengan kemampuan kendaraan untuk dapat dipacu dalam kecepatan penuh sepanjang track 200 meter.

“Garuda UNY Racing Team telah mendobrak Korea Selatan di hari pertama pelaksanaan 2014 International Student Green Car Competition, Jumat (23/5). Kedua tim yang masing-masing mengusung EVO (Electric Vehicle Odyssey) dan HYVO (Hybrid Vehicle Odyssey) sebagai jago lajunya mampu bersaing dan mengungguli lawan-lawan yang berasal dari negara-negara di Asia,” ujar Public Relations GURT, Dyah Nurul Hajar.

Kategori yang diperlombakan dalam kompetisi dibagi menjadi dua, yaitu acceleration dan maneuverability. HYVO sendiri merupakan mobil formula hybrid pertama buatan anak Indonesia.

“Dalam katagori acceleration, tim berhasil menempati posisi pertama dengan catatan waktu terbaik yaitu 12.25 detik dan 10.56 detik untuk dua kali kesempatan yang diberikan. HYVO ini bersaing dengan 15 tim mobil hybrid lainnya,” tutur Dyah.

Lebih lanjut ia mengatakan di hari yang sama dalam kompetisi, EVO mobil listrik generasi kedua mahasiswa UNY berhasil menempati posisi nomor tiga.

“Mobil listrik UNY yang dilombakan dalam ISGCC juga mampu mendobrak 41 deret tim mobil lawan dengan menempati posisi ketiga dalam kategori acceleration dengan catatan waktu 11.76 detik,” lanjutnya.

“Untuk kategori akselerasi, mobil HYVO meraih juara pertama dan EVO berada di peringkat ketiga. Sementara kategori endurance atau ketahanan, kami berada di posisi kedua,” tutur Dr. Zainal Arifin, M.T., dosen Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY menambahkan.

Menurutnya Dyah kesuksesan yang diraih tim Garuda UNY ini berkat keuletan Roni Suprapto pada mobil hybrid dan Hasbi Brilian Kumara pada mobil Electric sebagai pengemudi. Serta kesiapan yang dilakukan sebelum perlombaan oleh tim.

“Tim yang meliputi perakitan kembali kemudian melakukan test drive final sebelum mobil siap berlaga dalam perlombaan dilaksanakan selama dua hari. Waktu yang sedikit tersebut digunakan sebaik mungkin oleh anggota tim untuk mempersiapkan dan merakit kembali kendaraan yang sebelumnya telah dikirim ke Korea Selatan pada tanggal 12 Mei lalu via Garuda Cargo. Kedua mobil sendiri diberangkat ke Korea melalui Bandara Adisucipto Yogyakarta dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia,” ujar Dyah.

Hasil yang diraih tim Garuda UNY menjadi pembuktian bahwa anak bangsa mampu bersaing dan mengunguli karya teknologi pada level internasional. Beberapa peserta kompetisi dari negara lain turut memberikan apresiasi terhadap teknologi yang dikembangkan tim mobil Garuda UNY. “Wow, good job, your car is so fast,” tutur salah seorang peserta kompetisi dari Tim Driven, Korea University of Technology and Education mengomentari kecepatan mobil HYVO.

Sesaat setelah acceleration race selesai pun, banyak peserta kompetisi, mekanik serta staf dari pihak penyelenggara yang mengunjungi paddock tim Garuda UNY untuk berdiskusi dan mengajukan pertanyaan tentang rahasia kecepatan mobil listrik UNY.

“Bangga sekali rasanya mendapat apresiasi yang begitu besar dari komunitas internasional dan ternyata karya anak Indonesia bisa membuat orang Korea dan negara-negara lainnya kaget serta penasaran,” tutur ketua tim Hybrid, Afri Yudantoko sesaat setelah upacara penutupan diselenggarakan.

Sumber: oto.detik.com (24/5/2014), uny.ac.id (28/5/2014)

One Comment leave one →
  1. Juni 1, 2014 11:35 pm

    verzamaxxx 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: