Skip to content

Indonesia Sabet Juara Umum International Science Project Olympiad (ISPrO) 2014

Juni 6, 2014

ispro 2014 di indonesiaproud wordpress com
Pelajar Indonesia kembali menoreh prestasi membanggakan dalam kancah internasional dengan berhasil merebut juara umum dengan menyabet 10 medali pada “The 2nd International Science Project Olympiad (ISPrO)” yang berlangsung pada 4-9 Mei 2014 di Jakarta.

ISPrO merupakan kompetisi penelitian tingkat internasional di bidang Sains Terapan, yang berkonsentrasi pada isu-isu lingkungan yang berkaitan dengan ilmu Biologi, Kimia, dan Fisika. Tujuannya adalah untuk menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa usia 14 – 19 tahun serta meningkatkan kesadaran siswa untuk aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, serta gaya hidup yang ramah lingkungan.

Tim pelajar Indonesia membuktikan masih tetap tangguh dari 23 negara peserta lainnya, dengan meraup 6 medali emas dan 4 medali perak. Pada ISPrO pertama tahun lalu, pelajar Indonesia juga meraih juara umum dengan jumlah medali yang sama.

Adapun posisi kedua ditempati oleh Filipina dengan 3 medali emas, lalu disusul oleh Turkmenistan di tempat ketiga dengan 2 emas, 1 perak dan 8 perunggu.

Enam medali emas Indonesia tersebut diperoleh bidang Biologi, Fisika, Kimia, dan Lingkungan. Biologi meraih 2 emas, Lingkungan 2 emas serta Fisika dan Kimia masing-masing 1 emas. Sedangkan empat medali perak diraih bidang Biologi sebanyak 2 medali, bidang Lingkungan dan Teknologi masing-masing 1 medali.

Medali emas Indonesia untuk bidang Biologi diraih oleh Brigitta Pricila Yaputri, Evelyn Monicca Leonardi, dan Paizah sedangkan medali emas Fisika dipersembahkan oleh Agung Pratama dan Ratri Mauluti Larasati.

Selanjutnya medali emas bidang lingkungan disabet oleh Fenny dan Yeny Nur Faselia serta Natalia Santoso dan Yessica Putri Budianto. Adapun medali emas bidang Kimia diraih oleh Galih Ramadhan dan Syaits Asyam.

Wakil Mendikbud Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti ketika menutup ISPrO II di Kemdikbud Jakarta mengatakan bahwa dalam event ISPrO yang diikuti 24 negara ini, tidak hanya diselimuti dengan semangat akademis, tapi juga oleh semangat persahabatan yang menggembirakan.

ISPrO diselenggarakan atas kerja sama Kemendikbud dengan Pasific Countries Social and Economic Solidarity Association (Pasiad) Turki. Adapun 24 negara yang ikut berkompetisi pada tahun ini adalah Afghanistan, Australia, Belarusia, Bosnia Herzegovina, Burma, Hong Kong, Indonesia, India, Iraq, Kazakhstan, Kosova, Kyrgyzstan, Lithuania, Macedonia, Malaysia, Nigeria, Pakistan, Philippines, Senegal, Afrika Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Tanzania, Thailand, Turki, dan Turkmenistan.

Sumber: lampost.co (11/5/2014), jurnalibukota.com (9/5/2014), kemdiknas.go.id (8/5/2014)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: