Skip to content

Mahasiswa FKH UGM Raih Juara 1 Poster Presentation di International Veterinary Medicine Student Scientific Research Congress, Turki

Juli 2, 2014

fkh ugm istanbul di indonesiaproud wordpress com
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) Yogyakarta mencetak prestasi membanggakan dengan berhasil meraih Juara 1 untuk kategori poster presentation dalam ajang 16th International Veterinary Medicine Student Scientific Research Congress yang diadakan pada  8-10 Mei lalu di Istanbul Universitesi-Veteriner Fakultesi, Turki.

Ajang tersebut diikuti lebih dari 100 peserta dari beberapa negara Eropa dan Asia. Adapun mahasiswa FKH UGM yang berkesempatan menjadi delegasi untuk mewakili Indonesia adalah Novra Arya Sandi (Angkatan 2010), Istianah Maryam Jamilah (2011), Muhammad Nuriy Nuha Naufal (2010) dan Riana (2011). Para mahasiswa tersebut mempresentasikan karya ilmiahnya pada 3 kategori kompetisi sekaligus, yaitu oral presentation competition, poster presentation competition, dan project competition.

Hasil riset yang dilakukan Novra dan anggotanya dengan judul “Study of Potential of Strawberry Extract as Alternative Antibacterial Against Staphylococcus aureus Multiresistant Antibiotics from Immunological and Histopathological Aspect” meraih juara 1 dalam poster presentation dengan menyingkirkan 23 poster peserta lainya yang berasal dari berbagai negara dan berhak mendapatkan hadiah sebesar 2.000 TL (Turkish Lira) atau sekitar Rp 12.000.000.

“Alhamdulillah, kami tidak menyangka hasil riset kami mendapatkan juara pertama dalam poster presentation, kami sangat bersyukur sekali,” ujar Naufal.

Selain itu Novra dan Istianah juga berkesempatan untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka dalam bentuk oral presentation. Novra mempresentasikan sebuah review paper yang berjudul “A Review: Development of Vaccine Candidate of Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) from 7 Indonesian Isolates Based on Cell-Mediated Immunity as a Universal Strategy to Control Staphylococcal Infections in Human and Animal” pada sesi Oral Presentation.

Pada sesi ini Istianah juga mempresentasikan hasil risetnya yang berjudul “Histological Study of Pyramidal Cell in Cornu Ammonis of Hippocampus Lasiwen (Myotis muricola): an Indonesian Wild Animal That Potentially as Rabies Natural Reservoir.”

Istianah juga berkesempatan untuk presentasi kembali di depan para juri yang merupakan para profesor dari berbagai universitas di Turki dalam sesi project competition dengan projectnya yang berjudul “The Effect of Chicken Eggshell Powder (CEP) Supplementation on Calcium and Phosphor Excretion in Wistar Rat as an Alternative Source of Calcium for Therapy of Hypocalcemia in Human and Animal.”

Pada sesi ini tim dari Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bersaing dengan peserta lainnya sebagai finalis 6 besar dalam project presentation dan project mahasiswa FKH UGM merupakan satu satunya yang lolos dari Indonesia untuk bisa mempresentasikan projectnya di Istanbul. Novra sebagai anggota tim berharap project ini nantinya dapat direalisasikan karena hasil risetnya akan sangat berguna bagi masyarakat.

“Kami sangat senang dapat ikut serta dalam acara internasional ini selain dapat ikut berkompetisi kami juga berkenalan dengan banyak mahasiswa, dosen, dan perusahaan-perusahan dari berbagai negara, terlebih lagi kami kembali ke tanah air dengan membawa hadiah untuk almamater,” ungkap Riana.

Sumber: fkh.ugm.ac.id (21/05/14)

4 Komentar leave one →
  1. Juli 2, 2014 11:35 pm

    Ijin nyimak 😀

  2. Juli 2, 2014 11:35 pm

    Cooll…. yang begini ini harus dipelihara pemerintah nih, mantabs

  3. Juli 3, 2014 11:35 am

    sebuah kemajuan

  4. Februari 9, 2016 11:35 pm

    Good

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: