Skip to content

Tim Tinta Cumi UGM Raih Gold Prize & Special Award di International Young Inventors Award (IYIA) 2014

Juli 13, 2014

tim tinta cumi ugm di indonesiaproud wordpress com

Tim mahasiswa Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, lewat pemanfaatan tinta cumi-cumi sebagai bahan biomedis, berhasil meraih Gold Prize dan Special Award dari Association of Polish Inventors and Rationalizers di ajang International Young Inventors Award (IYIA) 2014  yang diselenggarakan pada 4-5 Juni lalu di Jakarta.

IYIA 2014 diadakan oleh Association of Young Innovators and Scientist Indonesia (AYISI) bekerja sama dengan INOTEK dan Kemenristek Indonesia. Pertemuan internasional para peneliti muda ini dihadiri ratusan peserta dari 11 negara meliputi Indonesia, Malaysia, Taiwan, Korea, Polandia, Thailand, Romania, Mesir, Kroasia, Krygyztan dan Kanada.

Tim biologi yang terdiri dari Riswi Haryatfrehni, Rahadyan Aulia, Afra Meilianda, Ni Wayan Erly S.D, Immanuel Sanka, Muhammad Ali Fikry dan Nungke Diah, berhasil memanfaatkan cairan hitam yang keluar dari tubuh cumi-cumi yang bersifat alkaloid tersebut sebagai bahan biomedis.

Meski baru dalam tahap penelitian, namun riset ini mencoba memanfaatkan tinta cumi sebagai obat anti kanker lewat pengujian sel kanker yang diuji secara in-vitro pada sel makrofag dan pengujian aktivitas fagositosisnya. “Pengembangan pengujian tinta cumi masih terus dilakukan untuk mengetahui berbagai manfaat lainnya,” kata Imanuel Sanka.

Menurut Sanka, tim riset tinta cumi juga berencana melakukan kolaborasi riset mengenai potensi lain dari tinta cumi. Menurutnya tinta cumi juga belum banyak dikaji di Indonesia terutama di bidang biomedis.

Sumber: ugm.ac.id (11/07/14)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: