Skip to content

Pelajar Indonesia Raih Emas Olimpiade Fisika Internasional 2014 di Kazakhstan

Agustus 3, 2014

ipho 2014 di indonesiaproud wordpress comSetelah melalui persaingan ketat dari 86 negara, akhirnya Indonesia berhasil meraih 1 medali emas yang dipersembahkan oleh Josephine Moniqa, pelajar SMAK Penabur Gading Serpong, Banten pada ajang 45th International Physics Olympiad (IPhO) atau Olimpiade Fisika Internasional ke-45 yang berlangsung pada13-20 Juli lalu di Universitas Nazarbayev, Astana, Kazakhstan.

Ketua Tim Olimpiade Fisika Indonesia, Syamsu Rosid dari Universitas Indonesia, menilai soal-soal fisika yang diujikan dalam kompetisi tersebut memiliki tingkat kesulitan tinggi. “Tidak sedikit siswa yang menjalani tes ini selama lima jam membiarkan kertas jawabannya kosong bersih karena mereka tidak tahu harus mengerjakan dan menjawab soal-soal itu seperti apa”, ujarnya.

Selain medali emas, Indonesia juga mendapatkan 2 medali perunggu diraih oleh Drestanto Muhammad Dyasputro, pelajar dari SMAN 28 Jakarta, dan Dheo Arokhim Yusufi Cahyo, pelajar SMAN SBBS asal Sragen, Jawa Tengah.

Sebagai pelengkap dari perolehan medali tersebut, 2 penghargaan Honorable Mention diberikan kepada Fransiskus Yoga Esa Wibowo, pelajar dari SMAN 1 Yogyakarta, dan Muhammad Rizki Hasan, pelajar dari SMAN Plus Pekanbaru, Riau pada ajang tersebut.

peraih medali ipho 2014 di indonesiaproud wordpress com

Acara tahunan Olimpiade Fisika Internasional yang berlangsung sepekan di Universitas Nazarbayev ini diikuti 400 pelajar. Setiap negara umumnya mengirimkan pesertanya sebanyak 5 pelajar dan wakil Tim Olimpiade Fisika Indonesia semuanya mendapat medali dan penghargaan.

“Keberhasilan ini sangat membanggakan di tengah persaingan pelajar dari negara-negara Asia Timur dan Barat,” ujar Duta Besar RI Astana, Foster Gultom, seusai menyaksikan pemberian medali dan penghargaan tersebut di Palace  of Accord “Piramid”, di Astana (20/7).

Menurutnya, prestasi Indonesia ini akan semakin dikenal oleh dunia pendidikan Kazakhstan, setelah sebelumnya Indonesia pada tahun 2013 berhasil memperoleh medali emas pada Olimpiade Matematika Internasional, yang berlangsung di Almati, Kazakhstan.

Sumber: kemlu.go.id (22/07/14)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: