Skip to content

Yusril Ihza Mahendra Terpilih Sebagai The Best Lead Actor di Madrid International Film Festival 2014, Spanyol

Agustus 4, 2014

yusril the legend di indonesiaproud wordpress comSelain ahli soal hukum, Yusril Ihza Mahendra ternyata piawai berakting. Bahkan, kemampuan akting mantan Menteri Hukum dan HAM ini diakui secara internasional dengan berhasilnya Yusril terpilih sebagai The Best Lead Actor in A Foreign Language Film atau Aktor Pemeran Utama Terbaik dalam Kategori Bahasa Asing (non Inggris) pada Madrid International Film Festival 2014 pada 20 Juli lalu di Spanyol.

“Saya tidak menyangka akan mendapat penghargaan dalam acara yang diadakan di Hotel Convencion Madrid. Sungguh ini kejutan bagi saya,” kata Yusril melalui akun Twitter-nya dari Hotel Convencion Madrid (20/7).

Dewan Juri Festival Film Internasional Madrid 2014 memutuskan Yusril memenangi The Best Lead Actor dalam aktingnya pada film Legend of The East yang disutradarai Nirattisai Kaljaruek, asal Thailand. Artis Tiongkok Wang Hui Qian menerima penghargaan The Best Supporting Actress atau Artis Pembantu Terbaik dalam film yang sama.

Film yang dibintangi pakar hukum tata negara ini mengisahkan seorang pelayan bernama Zheng He (diperankan Yusril) yang mengabdi pada kekaisaran China di era Dinasti Ming saat sedang mengalami konflik perebutan kekuasaan.

Zheng akhirnya menjadi pelayan pangeran kerajaan yang kemudian membantunya merebut kembali tahta dari para pemberontak. Di Indonesia, nama Zheng He melegenda dengan nama Cheng Ho yang akhirnya menjadi laksamana hingga dia melakukan ekspedisi dan tiba di Nusantara.

Yusril tidak menyangka aktingnya di film itu mampu mencuri perhatian para juri sebab harus bersaing dengan sejumlah aktor dari berbagai negara. Ia bersaing bersama beberapa aktor kawakan internasional lainnya, yakni Salome Demuria (Cholchu), Emanuele Cerman (In The Name of Satan), Juan Carlos Montoya (The Knife of Don Juan), Masayuki Deai (Dreams and Illusions), Frederic Landenberg (Sam), dan Alberto Bucco (Venis is Saved).

Ia pun mengaku mendapat kejutan karena acara penyerahaan awards tersebut dihadiri banyak selebriti dari seluruh dunia. “Ini menjadi kejutan karena saya saya merasa bukan selebriti.” ujarnya.

Seperti para aktor pemenang penghargaan kategori lain, Yusril pun memberikan sambutan singkat ketika menerima pialanya.

Bukan kali ini saja Yusril membuktikan kemampuannya berakting. Pada tahun 2007,  dia juga bermain dalam film kolosal berjudul Laksamana Cheng Hoo. Dalam film tersebut, Yusril memerankan Cheng Hoo dan demi mendalami perannya, ia sampai berlatih silat setahun.

Sumber: kanalsatu.com (20/07/14), jppn.com (26/07/14)

One Comment leave one →
  1. Agustus 5, 2014 11:35 am

    Pa Yusril ini diam2 menghanyutkan.. prestasinya luar biasa. sayang negara belum membuka mata untuk memberdayakan keahliannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: