Skip to content

Pelajar RI Raih 14 Emas Olimpiade Matematika di Singapura

Agustus 6, 2014

pelajar RI raih emas olimpiade matematika di indonesiaproud wordpress com

Pelajar Indonesia tingkat SD, SMP, dan SMA menorehkan prestasi membanggakan dengan berhasil meraih 14 medali emas, 26 perak, dan 53  perunggu serta 34 penghargaan harapan (merit award) dalam olimpiade International Mathematics Contest (IMC) yang digelar pada 1-4 Agustus 2014 di Singapura.

Para siswa peraih 14 medali emas dalam tim olimpiade matematika tersebut adalah Jeanice Eliana, Alma Putri, Muhammad Jilan Wicaksono, Muhammad Arif Wibisono, Irfan Urane Azis, Justin Ardian Hasan, Pangudi Luhur, Dick Jesen Wiliam, Kinantan Arya Bagaspati, Alfian Edgar, Prawira Satya, Iqbal Naufal, Adrianzka Maeraswara, dan Nicholas.

Lomba yang diselengarakan ke-10 kalinya ini diikuti oleh 1.165 siswa dari sembilan negara seperti China, Indonesia, Iran, Korea Selatan, Malaysia, Philipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Indonesia sendiri mengirimkan 129 siswa dari kelas 3 sampai kelas 11 SMA. Mereka berasal dari Denpasar, Makassar, Surabaya, Jember, Sidoarjo, Gresik, Solo, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto Pekan baru, Bandung, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ridwan Hasan Saputra mengatakan bahwa prestasi tim Indonesia pada tahun ini meningkat daripada tahun sebelumnya.

“70%  siswa Indonesia mendapat medali, sedangkan tahun kemarin hanya 50%.  Hal ini karena adanya pembinaan yang lebih baik dalam menghadapi kompetisi ini,” jelasnya.

Salah satu pemenang medali emas, Kinantan Arya Bagaspati, siswa kelas I SMPN Purwokerto mengaku bangga bisa memenangkan kompetisi tersebut.  Dia sudah tiga kali mengikuti kompetisi tersebut dan selalu meraih emas. Namun  menurutnya kompetisi tahun ini lebih sulit dari sebelumnya.

“Soalnya susah-susah tahun ini. Selain itu peserta dari negara lain juga sulit, saingan paling berat dari China,” katanya.‎

Sumber: nasional.news.viva.co.id (05/08/14), edukasi.sindonews.com (04/08/14)

5 Komentar leave one →
  1. Agustus 6, 2014 11:35 pm

    Terlepas sari skandal2 buruk indonesia, rasanya selalu nyenengin kalo denger putra-putri bangsa mendapat prestasi tingkat internasional. 🙂

  2. Agustus 6, 2014 11:35 pm

    Sayang pemerintah tidak memelihara mereka demi masa depan negara

  3. Agustus 7, 2014 11:35 am

    turut bangga terhadap putra putri terbaik bangsa ini, perlu untuk dikembangkan dan diarahkan semua anak bangsa yang berpotensi membawa nama baik bangsa ini ke international

  4. Agustus 7, 2014 11:35 am

    Reblogged this on Tika2's Blog and commented:
    proud

Trackbacks

  1. Pelajar RI Raih 14 Emas Olimpiade Matematika di Singapura | The Harder The Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: