Skip to content

Pelajar RI Raih 8 Medali di Asia-Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) 2014, Taiwan

Agustus 26, 2014

Logo-APCYS di indonesiaproud wordpress comPelajar Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dengan berhasil menyabet 1 medali emas, 2 perak, 2 perunggu dan 3 penghargaan khusus dalam kompetisi ilmiah internasional, Asia-Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) ke-3 yang diselenggarakan pada 18-22 Agustus 2014 di National Academy for Educational Research, Taiwan.

Kesuksesan ini adalah yang kedua setelah pada April lalu, tim pelajar RI lainnya juga berhasil menorehkan nama baik Indonesia di International Conference of Young Scientists (ICYS) di Serbia.

APCYS adalah konferensi sekaligus lomba khusus penelitian dan presentasi karya ilmiah remaja di kawasan Asia-Pasifik yang bertujuan untuk merangsang rasa ingin tahu para remaja di kawasan Asia-Pasifik sehingga akhirnya termotivasi untuk melaksanakan penelitian ilmiah. Hasil lomba serta proses seleksi yang terlaksana di tanah air diharapkan akan sekaligus mengadvokasi pendidikan berbasis penelitian di tingkat sekolah menengah.

tim ri apcys 2014 di indonesiaproud wordpress com
Sembilan siswa berangkat membawakan 8 penelitian di bidang Fisika, Matematika, Computer Science, Environmental Science dan Life Sciences, dan semua pulang dengan medali atau penghargaan. Tim dilepas dari kampus Surya University oleh Prof Yohanes Surya sendiri sesaat usai upacara 17 Agustus 2014.

Medali emas bidang Environmental Science diraih Adinda Alifiansi Candra Dewi, siswi SMK Theresiana dari Semarang dengan penelitian berjudul ‘ “Kelor” Seed as Water Cleanser’.

Medali perak bidang Matematika sekaligus memenangkan medali perunggu untuk posternya diraih I Gede Bagus gigih Ferdian Baskara dari SMAN Bali Mandara dengan judul penelitian “Math of Bluefin Tuna Population Dynamics and the Balinese Caka Calendar”. Selain itu, juga medali perak bidang Environmental Science sekaligus memenangkan medali perunggu untuk posternya diraih Jennifer Leonita dari SMA Stela Duce 1 Yogyakarta dengan judul penelitian “Pineapple Waste Extract as Coffee Enhancer”.

Medali perunggu bidang Computer Sciences sekaligus memenangkan medali perunggu untuk posternya disabet Nicholas Setyawan Hudyono dari SMAN 1 Kudus, Jawa Tengah dengan judul penelitian “Blocking and Non-blocking Implementation in MySQL.”  Adapun medali perunggu lainnya bidang Life Sciences sekaligus memenangkan medali perunggu untuk posternya diraih Erika Rizki Sagita dari SMPN 28 Surabaya dengan judul penelitian “Aloe Vera Juice to accelerate Soybean Seed Growth”.

Medali perunggu bidang Life Sciences diraih Erika Rizki Sagita, siswi SMPN 28 Surabaya dengan penelitiannya yang berjudul “Aloe Vera Juice to Accelerate Soybean Seed Growth”. Separuh tim berasal dari sekolah negeri, separuh lagi dari sekolah swasta.

Sementara penghargaan khusus diraih dalam bidang Fisika oleh Budiman Mansur Halim bersama Fernando dari SMP Narada, Tangerang dengan judul penelitian “Air Pollution Reducer Device”; Linus Nara Pradhana dari SMP Petra 5 Surabaya dengan judul penelitian “Endothermal Helmet to Protect our Brain”; dan Ramly Myzhar dari SMAN 21 Surabaya dalam bidang Life Sciences dengan judul penelitian “Bioassessment using Macroinvertebrates Bentos to determine Ketabang River Water Quality.”

Sumber: news.detik.com (24/08/14)

2 Komentar leave one →
  1. Cinta Nagari permalink
    Agustus 27, 2014 11:35 am

    Seluruh pelajar tsb pulang dgn 2 medali, yaitu selain medali dan penghargaan khusus untuk project, u/ posternyamereka juga memenangkan medali perunggu semua

  2. Rakesto Andrian Putra permalink
    Agustus 28, 2014 11:35 pm

    Bangga untuk Anak” Indonesia yg berpikir keras dalam ilmu akademik mereka … Salut semoga kedepan bisa kembali menoreh tinta emas Olimpiade bid.lainnya…. Amin #IndonesiaHebat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: