Skip to content

Film “Jalanan” Raih People’s Choice Awards di Festival Film Internasional Melbourne, Australia

Agustus 28, 2014

film jalanan di indonesiaproud wordpress comDunia sineas Indonesia kembali mencetak prestasi di kancah film internasional.  “Jalanan,” film dokumenter yang berkisah tentang tiga pengamen Jakarta berhasil memenangkan penghargaan pilihan penonton (People’s Choice Awards) untuk kategori film dokumenter terbaik di Festival Film Internasional Melbourne (MIFF) 2014 yang diselenggarakan pada 31 Juli hingga 17 Agustus 2014 di Australia.

People’s Choice Award adalah satu-satunya kompetisi di MIFF, dan didasarkan pada pemungutan suara penonton untuk 341 film dari 57 negara selama festival berlangsung,

Sesuai namanya, People’s Choice Awards ditetapkan berdasarkan pemungutan suara penonton selama MIFF berlangsung. Jalanan berhasil menyisihhkan sejumlah film dokumenter antara lain ‘Keep on Keepin’ on’ dari Amerika Serikat, ‘German Concentration Camps Factual Survey’ dari Inggris, dan ‘Dior and I’ dari Perancis.

“Pemenang untuk kategori film dokumenter adalah potret penuh harapan tentang kehidupan di sisi terpinggirkan perkotaan Indonesia, Jalanan,” bunyi pernyataan dari MIFF.

Jalanan adalah film Indonesia pertama yang memenangkan MIFF sepanjang sejarah penyelenggaraannya selama 63 tahun. “Kami merasa amat bangga karena JALANAN berhasil menduduki posisi yang setara dengan pemenang kategori dokumenter MIFF yang lalu: ”Searching for Sugar Man’, ‘The Crash Reel’ dan ‘Senna’,” seperti yang dilansir dalam rilis pers di laman facebook Jalanan..

Sutradara dan produser Jalanan, Daniel Ziv mengatakan, “Kami sangat gembira JALANAN menduduki peringkat pertama untuk kategori dokumenter. Kami sangat berterima kasih kepada penonton yang menakjubkan di MIFF, yang memadati pemutaran dan menanggapi cerita JALANAN dengan begitu kuat. Kami sangat bangga terutama kepada Titi, yang kehadirannya di pemutaran kami pasti membuat pengalaman yang sangat istimewa untuk pemirsa Melbourne.”

Film Jalanan, yang sebelumnya telah memenangkan penghargaan Best Documentary di festival film Busan, di Korea Selatan, juga akan ditayangkan di Freedom Film Fest di Malaysia bulan depan, dan di Vancouver International Film Festival, salah satu peristiwa film ternama di Kanada.

Produser Jalanan juga bermaksud menutup kesepakatan distribusi di Australia dalam beberapa minggu ke depan sehingga film ini dapat menjangkau audiens yang lebih luas di kota-kota di seluruh Australia.

Sumber: tribunnews.com, facebook Jalanan (21/08/14)

2 Komentar leave one →
  1. Agustus 28, 2014 11:35 pm

    jd pengen nonton filmnya mash adakah d bisokop?

  2. September 7, 2014 11:35 am

    Reblogged this on f * w o r L d.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: