Skip to content

Nixon Widjaja: Peraih Emas & The Best Theory di International Mathematics and Science Olympic (IMSO) 2014

Oktober 30, 2014

nixon widjaja di indonesiaproud wordpress com Siswa Indonesia kembali mencetak prestasi gemilang di ajang olimpiade sains dan matematika internasional. Nixon Widjaja, pelajar SD IPEKA berhasil meraih medali emas dan The Best Theory pada 11th International Mathematics and Science Olympic (IMSO) yang berlangsung pada 5-11 Oktober lalu di Bali.

Ia menyingkirkan 233 peserta dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei, India, Kazakhstan, Thailand, Sri Lanka, China, Taiwan, Nepal, Afrika Selatan,dan Vietnam.

Ada dua kategori yang diperlombakan dalam IMSO, yakni teori (konsep) dan praktik. Dalam kompetisi IMSO ini, Nixon meraih The Best Theory kategori teori (konsep) untuk sains dengan meraih nilai paling tinggi di antara peserta lainnya dari juri IMSO yang melibatkan pakar dari perguruan tinggi Indonesia, Taiwan, Filipina, dan Afrika Selatan.

“Sebelumnya saya cukup kesulitan dalam mengartikan soal, karena menggunakan Bahasa Inggris sedangkan sehari-harinya saya menggunakan Bahasa Indonesia. Namun dengan persiapan selama kurang lebih 5 minggu dan juga bimbingan dari para guru IPEKA, saya dapat melewati kesulitan itu,” ujar Nixon.

Sebelumnya, Nixon berprestasi skala nasional dengan meraih medali emas dan Best Overall Olimpiade Sains Nasional 2014. Ia juga piawai bermusik dan menggambar. Hobi bermain piano dan membaca turut membantu merangsang kreativitas, kepekaan dan kemampuan berpikirnya.

Prestasi tersebut adalah hasil pembinaan studi club, metode pembimbingan individu atau personal dan bimbingan positif pengajar di sekolah dengan penambahan jam belajar setelah pulang sekolah.

“Pencapaian prestasi yang diraih oleh Nixon Widjaja merupakan hasil pelayanan pendidikan akan ilmu pengetahuan dan nilai pendidikan karakter yang ditanamkan oleh IPEKA kepada siswa-siswinya,” ujar Esther, Kepala Sekolah SD IPEKA Sunter I Jakarta.

“Sejauh ini, prestasi dia dapat menjadi inspirasi bagi siswa yang lain untuk meraih prestasi di berbagai bidang lainnya. Kemenangan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari kedua orangtua,” tambahnya.

Sumber: gayahidup.inilah.com (27/10/14)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: