Skip to content

Balikpapan Raih Penghargaan Kota Bersih Se-ASEAN di Laos

November 8, 2014

balikpapan di indonesiaproud wordpress comBila kita berjalan di kota-kota Indonesia, apa yang terlintas dalam pikiran kita, bersih atau kotor? Mungkin sebagian besar dari kita akan menjawab kotor atau jorok. Namun, hal itu akan sirna apabila anda ke Balikpapan. Ternyata, kota itu bersih serta nyaman, dan hal itu dibuktikan dengan meraih penghargaan sebagai kota bersih.

Kota Balikpapan berhasil menyabet tiga kategori penghargaan, yakni clean land, clean water, dan clean air dalam Invitation to the for 3rd ASEAN Environmentally Suistainable Cities (ESC) Award and the 2nd ASEAN Certificates of Recognition with the Following Details, yang berlangsung pada 30Oktober 2014 di Loa Plaza Hotel, Laos.

“Balikpapan menyapu bersih penghargaan,” kata Rizal Efendi, Walikota Balikpapan.

Rizal menjelaskan bahwa Balikpapan berhasil meraih kategori clean land karena dinilai berhasil mengelola sampah TPA hingga menjadi gas methan. Kategori clean water direbut karena dinilai berhasil mengelola limbah cair warga pemukiman atas air, Margasari, menggunakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Adapun kategori clean air diberikan lantaran karena mampu menjaga hutan kota, hutan mangrove (bakau), hutan lindung yang menghasilkan oksigen untuk udara yang bersih dan aktif melakukan penghijauan.

“Saya atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh pihak terkait yang telah bersama-sama menjaga lingkungan hidup dengan baik sehingga berhasil meraih penghargaan ini,” kata Rizal.

Menurutnya, dengan adanya penghargaan ini tidak akan membuat pihaknya terlena. Namun, justru akan menambah motivasi untuk terus menjaga dan memperbaiki lingkungan hidup guna mewujudkan kota nyaman dihuni.

Untuk mempertahankan prestasi ini, pihaknya akan melakukan terobosan-terobosan baru dalam menjaga lingkungan hidup. “Kami telah berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada instansi terkait seperti BLH dan DKPP. Terutama meningkatkan sumber dayanya dan dukungan fasilitas sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Rencananya, tiga Piala Adipura ASEAN itu akan ditunjukkan Rizal saat pemberian penghargaan CGH Award kepada RT-RT yang memenangkan lomba di Gedung Dome, Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), pada 3 November 2014. Dalam acara itu, Pemkot juga memberikan penghargaan kepada kelurahan terbersih se Balikpapan yang akan dihadiri oleh ribuan masyararakat.

Sumber: news.metrotvnews.com (03/11/14)

3 Komentar leave one →
  1. November 8, 2014 11:35 am

    Mas Angka tukeran link dong :p http://literasiteknologi.blogspot.com

  2. November 9, 2014 11:35 am

    Reblogged this on The Art of Life and commented:
    Keren lah ūüėÄ

  3. November 12, 2014 11:35 am

    Ternyata ada disana kota terbaiknya, ayo kota-kota yang lain jangan mau kalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: