Skip to content

Akbar Nur Sultan: Siswa SMP Pasuruan yang Juarai International Robot Olympiad Competition di China

November 17, 2014

akbar nur sultan di indonesiaproud wordpress comAkbar Nur Sultan (13), siswa SMPN 2 Pasuruan, Jawa Timur mencetak prestasi gemilang dengan berhasil menyabet juara 1 Excellence Technical Award, Creative Category pada lomba robot tingkat internasional, The 16th International Robot Olympiad Competition yang diselenggarakan International Robotic Olympiad Committee (IORC), Shinjhinsang, pada 5-9 November lalu di Beijing yang diikuti 40 negara peserta.

“Akbar yang merupakan peserta termuda berhasil membawa pulang piala dan medali, sebab rata-rata peserta sudah tingkat SMA,” kata pembimbingnya, Armin Irawan.

Menurut Armin, ada 12 murid dari berbagai sekolah yang berangkat mewakili Indonesia dalam lomba robot tersebut. Akbar sendiri berada dibawah bimbingan Jakarta Robot Center, satu tim bersama dua pelajar SMAN 1 Gresik.

Sesuai dengan tema lomba, yakni global warming, Robot yang dirakit oleh tim Akbar adalah robot yang bisa berfungsi untuk melakukan penanaman pohon, pembersihan sampah, serta pengelolaan sampah. Dalam lomba tersebut, hasil penjurian robot dari tim Akbar berhasil mendapatkan full point atau poin penuh karena selain menghabiskan biaya pembuatan yang murah, yakni hanya Rp 6 juta, Robot milik tim Akbar ini menumbangkan robot-robot yang dirakit dengan biaya lebih dari Rp 100 juta.

“Dengan kemenangan ini rencananya Akbar akan dipilih kembali mewakili Indonesia dalam ajang lomba robot yang diselenggarakan Singapore Robotic Games, pada 21-25 Januari 2015 di Singapore,” terang Armin.

Sumber: inet.detik.com (15/11/14), metrotvnews.com (16/11/14)

One Comment leave one →
  1. November 17, 2014 11:35 pm

    Selamat buat Akbar Nur Sultan, semoga prestasi menjadikanmu penyemangat untuk terus berkarya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: