Skip to content

Dasep Ahmadi: Bus Listrik Buatannya Mampu Berlari 100 Km

Desember 12, 2014

dasep ahmadi di indonesiaproud wordpress comHarga BBM naik, tarif angkutan bus juga ikut naik? Biasanya begitu. Namun, tidak jika bus yang dipakai adalah bus listrik buatan PT Sarimas Ahmadi Pratama. Bus listrik tidak butuh BBM subsidi, aman dan nyaman, hemat energi, dan uang subsidi bisa digunakan untuk investasi lain-lainnya.

Jangan pandang sebelah mata, bus listrik sepanjang 12 meter dengan kapasitas hingga 60 penumpang karya Dasep Ahmadi asal Depok ini bisa berlari hingga 100 km.

“Ada 132 sel baterai dengan memiliki berat mencapai hampir 900 kg, dan bus listrik ini bisa menempuh jarak hingga 100 km,” kata Abdul Rahman Riza, Manager R&D PT Sarimas Ahmadi Pratama. Bus ini memiliki daya 220 KW atau setara 294 HP dengan kecepatan maksimal 80 km/jam menggunakan baterai lithium ferophospat 150 kwh serta memiliki sistem monitoring pengemudi.

Riza juga memastikan salah satu mobil listrik mereka telah diuji hingga kota Bandung. “Kemarin kami sudah menguji bus listrik yang berukuran medium. Mulai dari balai kota Bandung lewat puncak, sampai Cibinong. Untuk berjaga-jaga kita melakukan pengisian baterai di Cianjur, setelah kurang lebih setelah berjalan 77 km, dan kita melakukan pengisian baterai sekitar 3 jam setelah istirahat,” katanya.

Selanjutnya bus juga diuji untuk kedua kalinya mulai dari Balai kota Bandung, menuju PLB Sukabumi. “Dan itu kurang lebih berjarak hingga 93 km, dan berdasarkan monitor, baterai masih tersisa hingga 20 persen. Padahal waktu itu baterai belum full charge hanya 90 persen,” tambahnya.

bus listrik di indonesiaproud wordpress comPT Sarimas Ahmadi Pratama akan menawarkan bus listrik buatannya kepada siapa saja yang membutuhkan, terutama kepada pemerintah. Tentu saja ini bisa menjadi langkah baru untuk dunia otomotif di Indonesia saat ini.

Untuk bus listrik yang berukuran medium atau mencapai 8 meter ditawarkan mencapai Rp 1,2 miliar hingga Rp 2,4 miliar. Untuk bus listrik yang paling besar dengan memiliki panjang 12 meter ditawarkan dengan harga mulai Rp 2,9 miliar sampai Rp 4 miliar. Tergantung spesifikasi keinginan konsumen.

PT Sarimas Ahmadi Pratama sudah bekerja sama dengan karoseri untuk bisa membuat sasis sesuai dengan kebutuhan bus listrik. Dasep Ahmadi memastikan bus listrik sepanjang 12 meter, bisa diproduksi hingga 500 unit per tahun. Ia juga menjamin bus listrik karya dirinya bakal menyajikan kenyamanan dan keamanan yang jauh ditawarkan bus mesin konvensional saat ini.

Sumber: oto.detik.com (09/12/14), antaranews.com (26/11/14)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: