Skip to content

Delegasi UI Raih 4 Penghargaan pada Ajang AMUNC di Australia

Juli 19, 2015

UIMUN 2015 di indonesiaproud wordpress comDelegasi Universitas Indonesia Model United Nations Club (UI MUN Club) mencetak prestasi membanggakan dengan berhasil meraih penghargaan dalam kompetisi simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Asia Pacific Model United Nations Conference (AMUNC) yang  berlangsung pada 29 Juni-4 Juli lalu di Perth, Australia.

Diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai negara di Asia Pasifik, tujuh delegasi mahasiwa UI, yaitu Adeline Tiffanie Suwana (FEB 2013), Adry Garcio (FEB 2013), Anyssa Rizka (FISIP 2014), Lestari Cinta Zanidya (FT 2014), Muhammad Ali Riza (FT 2011), Sherley Mega Sandiori (FH 2013), dan Syarifah Nadhira Anggitasari (FEB 2013) berhasil membawa pulang empat penghargaan.

Keempat penghargaan tersebut adalah Best Diplomacy Award dalam United Nations Development Programme (UNDP) oleh Adry Garcio, Best Diplomacy Award dalam United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) oleh Sherley Mega Sandiori, Honorable Mention dalam Special Political and Decolonization Committe (SPECPOL) oleh Anyssa Rizka, dan Honorable Mention dalam League of Arab States (LAS) oleh Muhammad Ali Riza.

Selain berpartisipasi sebagai delegate, UI pada tahun ini juga berpartisipasi sebagai director. UI mengirimkan lima mahasiswa sebagai director, yaitu Hilya Nisrina (FEB 2012) untuk Crisis Council, Kevin Emeraldi (FT 2011) untuk Special Political and Decolonization Committe (SPECPOL), Safira Pusparani (FISIP 2013) untuk United Nations Development Programme (UNDP), Safira Ramadhani (FISIP 2012) untuk League of Arab States (LAS), dan Chandra (FH 2012) untuk International Court of Justice (ICJ).

Sebagai director, kelima mahasiswa tersebut bertanggungjawab untuk mempersiapkan topik-topik yang akan dibahas serta menjadi moderator diskusi. Untuk dapat terpilih menjadi director, kelima mahasiswa tersebut harus mengikuti berbagai tahapan seleksi yang ketat, di antaranya seleksi CV, seleksi pengetahuan akan isu internasional, dan wawancara.

AMUNC merupakan ajang perlombaan simulasi sidang PBB terbesar di Asia Pasifik yang menguji kemampuan berdiplomasi dan wawasan peserta mengenai isu-isu dunia, serta kemampuan untuk berdebat, berunding, dan mengajukan solusi-solusi baik untuk kepentingan nasional masing-masing negara maupun kepentingan dunia secara menyeluruh. Peserta tidak hanya ditantang untuk mampu mengutarakan idenya secara verbal, namun juga mampu menuangkan dalam dokumen tertulis layaknya resolusi-resolusi yang dibuat PBB dalam dunia nyata.

Sejak AMUNC pertama kali, telah banyak penghargaan yang diraih UI, seperti: Best Delegate oleh Kevin Emeraldi dan Top 5 Best Position Paper oleh Hilya Nisrina pada AMUNC 2014, Best Diplomacy Award oleh Rangga Husnaprawira dan Honorable Mention oleh Sartika Hasirman serta juara umum untuk delegasi kecil (best small delegation) pada AMUNC 2013, Honorable Mention oleh Ardhanti Nurwidya pada AMUNC 2012, Best Delegate oleh Garlan Archista Duarsa pada AMUNC 2011, dan Honorable Mention oleh Rainintha Siahaan pada AMUNC 2010.

Sumber: ui.ac.id (14/07/15)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: