Lanjut ke konten

Tim FK UGM Raih Juara 1 Olimpiade Fisiologi Internasional di Malaysia

Agustus 19, 2015

IMSPQ di indonesiaproud wordpress comTim Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta mengharumkan nama bangsa dengan berhasil meraih juara 1 Olimpiade Fisiologi Tingkat Internasional, 13th Inter-Medical School Physiology Quiz (IMSPQ) yang diadakan pada 11-14 Agustus 2015 di Universiti of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

Tim FK UGM yang membanggakan tersebut terdiri dari lima mahasiswa angkatan 2014, yakni Marcellus Korompis, Francisco Gilbert T, Moh. Galih Pratama, Widyan putra Anantawikrama, dan Danny Agus Pramana W.

Anantawikrama mengatakan bahwa tim mereka berhasil menang setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat dari Desember 2014 hingga Maret 2015. Mereka tidak lepas mendapat bimbingan dari dosen-dosen di bagian Ilmu Faal FK UGM, seperti  Dr. dr. Denny Agustiningsih, M.Kes., AIFM., dr. Ginus Partadiredja, M.Sc., Ph.D., AIFM., dr. Sri Lestari Sulistyorini, M.Sc dan dr. Rahmaningsih Mara Sabirin.

“Syukurlah upaya keras kami selama 6 bulan terakhir dibayar dengan kemenangan,” ujar Anantawikrama.

Tim UGM berhasil meraih kemenangan setelah mengalahkan 92 tim lainnya, baik dari Asia maupun Eropa. IMSPQ terdiri dari tes tertulis maupun lisan yang menyangkut bidang ilmu faal manusia. Dalam kompetisi tersebut tidak ada sistem gugur pada tes tertulis di hari pertama. Skor tertulis digunakan untuk menentukan peringkat tim pada kompetisi lisan di hari kedua.

“Salah satu resep kemenangan kami adalah banyak belajar dengan kakak angkatan maupun soal-soal tahun sebelumnya,” terangnya.

fk-ugm-juara-1-olimpiade-fisiologi-internasional di indonesiaproud wordpress com

Sementara itu salah satu dosen pembimbing tim, Dr. dr. Denny Agustiningsih, M.Kes., AIFM., menjelaskan bahwa IMSPQ merupakan kompetisi bergengsi tingkat internasional di bidang faal manusia, yang tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-13 sejak digelar setiap tahun sejak 2003 lalu.

“Belum ada kompetisi bergengsi di bidang faal manusia seperti IMSPQ ini,” imbuh Denny.

Setiap tahun tim FK UGM selalu menunjukkan peningkatan prestasi dalam kompetisi ini. Tahun lalu mereka berhasil meraih juara 4 pada IMSPQ tersebut. Atas torehan prestasi FK UGM yang selalu menempati 8 besar dan meningkat setiap tahun maka FK UGM dipercaya menjadi tuan rumah IMSPQ ke-14 pada 29-30 Juli 2016. “Tahun depan akan menjadi ajang IMSPQ yang pertama kali diadakan diluar Malaysia,”pungkasnya.

Sumber: ugm.ac.id (18/0815)

No comments yet

Tinggalkan komentar