Skip to content

Nana Firman: Sang Penerima Champions of Change dari White House, AS

Agustus 22, 2015

nana firman di indonesiaproud wordpress comAktivis lingkungan asal Indonesia, Nana Firman, dipilih oleh Gedung Putih Washington D.C sebagai inspirator perubahan dalam bidang keberlangsungan lingkungan dan menjadi salah satu dari  12 orang yang menerima penghargaan “Champion of Change” pada 20 Juli lalu atas berbagai inisiatifnya mengkampanyekan gerakan hijau di komunitas muslim.

Wanita muda yang kini menetap di Riverside, California, telah lama aktif terlibat dalam berbagai komunitas/organisasi lingkungan. Setelah menikah dan menetap di AS, Nana banyak melakukan kegiatan lingkungan yang berlandaskan agama dan menerapkan ajaran-ajaran Islam dalam berbagai kegiatan sehari-hari untuk menjaga lingkungan.

Nana Firman yang saat ini menjadi pemimpin gerakan OurVoice sudah lebih dahulu terlibat aktif dalam pengembangan komunitas Muslim di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah saat rekonstruksi Aceh pasca bencana Tsunami pada tahun 2004 di bawah organisasi World Wildlife Fund selama lima tahun.

Perhatiannya terhadap isu kerusakan lingkungan sangatlah mendalam. Wanita yang juga menjadi presenter dalam organisasi yang diinisiasi wakil Presiden Amerika Al Gore, Climate Reality Project ini berpendapat bahwa pemanasan global bukan hanya terjadi karena kerusakan lingkungan, tetapi ini juga permasalahan keimanan. Dirinya mengungkapkan bahwa ajaran Islam menempatkan manusia sebagai pemimpin dimuka bumi sehingga sudah menjadi kewajiban manusia untuk menjaga kelestarian bumi.

Pesannya dalam mengajak masyarakat muslim di Amerika Utara untuk berpuasa Ramadhan dengan lebih ramah lingkungan menarik perhatian White House untuk menobatkannya sebagai Champions of Change. Penghargaan ini juga adalah hasil dari keterlibatannya sebagai anggota dari Green Mosque Initiative for Islamic Society of North America. Sebuah masjid yang menerapkan dan menyerukan prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam rutinitasnya.

Saat ini dirinya adalah seorang urban sustainability specialist, yang berkeliling dunia untuk menyampaikan kesadaran terhadap perubahan iklim.

Nana berharap bahwa seluruh pemimpin muslim dapat terlibat dan membuat perubahan yang signifikan untuk dunia di masa yang akan datang. Sebab menurutnya, komunitas muslimlah yang sebenarnya mengalami risiko terbesar dari perubahan iklim global.

Sumber: voaindonesia.com (15/08/15), goodnewsfromindonesia.org (13/08/15), worldreligionnews.com (29/07/15)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: