Skip to content

Lewat Rekayasa Genetika, Mahasiswa UI Raih Honorable Mention Paper di Conference of Indonesian Student Association in Korea

Oktober 10, 2015

ui cisak 2015 di indonesiaproud wordpress comTim Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih penghargaan the Best and Honorable Mention Paper di ajang The 8th Conference of Indonesian Student Association in Korea (CISAK) 2015 yang diselenggarakan pada 5-6 September 2015 di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Daejeon, Korea Selatan.

Ajang ini digagas oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Korea (PERPIKA) yang terbuka bagi mahasiswa Indonesia yang belajar di Indonesia dan luar negeri, khususnya Korea Selatan. Tujuannya adalah untuk berinteraksi dan mendiskusikan lingkup disiplin mereka sebagai upaya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun derajat kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Tim UI yang beranggotakan para mahasiswa dari beberapa program studi ini diperkuat oleh dua orang mahasiswa yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), yaitu Gede Yuda Sugiarta (Kedokteran 2012) dan Robby Hertanto (Kedokteran 2013).

Setelah melalui tinjauan dan penilaian yang dilakukan oleh para juri bidang kesehatan, yang berasal dari universitas-universitas ternama di Korea Selatan, paper yang mereka tampilkan berhasil meraih penghargaan the Best and Honorable Mention Paper.

Gede Yuda Sugiarta yang akrab disapa Yuda ini menjelaskan bahwa naskah penelitian yang diikutsertakan pada ajang CISAK 2015 merupakan pengembangan atau bagian dari penelitian yang pernah mereka lakukan untuk diikutsertakan pada ajang International Genetically Engineered Machine Competition (iGEM) di Boston, USA, tahun 2014 silam.

Pada ajang tersebut, Yuda dan Robby berserta rekan-rekan mereka antara lain, Siska Yuliana Sari (Biologi 2011), Anggoro Wiseso (Teknik Bioproses 2012), Etria Dian Kamila (Teknik Bioproses 2012), Diana Christina (Teknik Bioproses 2013), dan Vanessa Geraldine (Teknik Kimia 2013) berhasil meraih medali emas dengan mengalahkan lebih dari 200 tim yang berasal dari berbagai universitas terkemuka di dunia. Sedangkan untuk keikutsertaan mereka pada ajang CISAK 2015 ini, salah satu pengembangan yang dilakukan adalah dengan mengubah naskah penelitian tersebut kedalam bentuk artikel jurnal.

CISAK 2015 melombakan 83 naskah penelitian dari ratusan naskah yang masuk, kompetisi kemudian dibagi dalam dua kategori, yaitu poster dan oral presentation. Tim UI terdaftar pada kategori oral presentation. Prinsip rekayasa genetika yang mereka teliti untuk memecahkan masalah kesehatan menjadi nilai positif bagi topik naskah penelitian mereka. Aplikasi kedokteran ini diharapkan dapat digunakan di masa mendatang yang tidak lagi memanfaatkan prinsip pengobatan konvensional atau dikenal sebagai futuristic medicine.

Yuda menjelaskan, secara garis besar penelitian dalam artikel jurnal yang mereka buat adalah membuat plasmid rekombinan untuk mendegradasi kandungan polisakarida pada biofilm bakteri. Dalam melakukan riset tersebut, mereka dibimbing oleh dua orang Dosen, yaitu Dr. dr. Budiman Bela, SpMK(K) dari FKUI dan Dr. Muhamad Sahlan, S.Si, M.Eng dari Fakultas Teknik UI.

Sumber: ui.ac.id (09/10/15)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: