Skip to content

ORI Polytec Composites: Komponen Buatannya Dipakai Boeing dan Shinkansen

Oktober 29, 2015

ori polytec composites di indonesiaproud wordpress comBagi anda pengguna transportasi yang biasa bepergian ke luar negeri, tentunya tidak asing dengan pesawat Boeing atau kereta cepat Jepang Shinkansen. Namun, tahukah anda bahwa di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terdapat pabrik serat kaca atau fiberglass yang produk dihasilkannya sudah mendunia, bahkan dipakai sebagai salah satu komponen pesawat Boeing hingga kereta cepat Shinkansen?

Ya, komponen yang digunakan Boeing dan Shinkansen adalah buatan pabrik PT ORI Polytec Composites yang ada di Bekasi. ORI Polytec merupakan produsen beragam pipa untuk aneka kebutuhan termasuk pipa air bersih dan limbah. Sebanyak 70 persen produk ORI diserap oleh pasar dalam negeri sedangkan sisanya dikapalkan ke luar negeri.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, industri fiberglass di Indonesia diuntungkan oleh kebutuhan dalam negeri dan penggunaan yang luas.

“Jadi posisinya saling menguntungkan. Pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah menjadi pasar bagi pipa fiberglass domestik,” kata Menperin Saleh Husin ketika mengunjungi pabrik fiberglass PT ORI Polytec Composites di Bekasi (28/10/15).

Pada saat dikunjungi, para pekerja tengah mengerjakan pipa antara lain pesanan Pertamina EP, proyek panas bumi Ulu Belu, Lampung yang digarap oleh BUMN PT Rekayasa Industri dan Fuji Electric asal Jepang, serta pipa untuk pabrik amonia milik Panca Amara Utama anak perusahaan PT Surya Esa Perkasa di Luwu, Sulawesi Tengah.

“Kami juga memproduksi panel interior untuk kokpit Boeing 787 Dreamliner, partisi dan komponen pintu kereta cepat Shinkansen,” kata Direktur ORI Polytec Alwin Cipto.

Perusahaannya memiliki kapasitas produksi saat ini sekitar 7.500 ton per tahun dengan empat unit pabrik yaitu di Tangerang dan 3 unit di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pihaknya optimistis kinerja perusahaan semakin membaik seiring keberpihakan pemerintah pada industri fiberglass domestik, terutama pada tender proyek-proyek infrastruktur nasional.

Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka Kemenperin, Harjanto berharap ORI Polytec terus memproduksi produk-produk komposit berteknologi tinggi yang memenuhi standar kualitas internasional. Hal ini turut meningkatkan nilai tambah dan daya saing industri Tanah Air.

Pada kunjungan itu juga, Sekretaris Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rina Agustin Indriani mengungkapkan pihaknya tengah memacu pembangunan fasilitas umum terkait air bersih di seluruh Indonesia.

“Pengembangan itu membutuhkan pipa pengolahan air baku, pipa distribusi dan pipa air limbah. Kami mengapresiasi upaya Kemenperin yang terus mendukung industri fiberglass menghasilkan pipa-pipa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Fiberglass yang merupakan produk non-migas juga diekspor ke pasar regional dan global. Untuk itu, komponen-komponen peraih devisa perlu diakselerasi untuk menopang stabilitas ekonomi dalam negeri.

Guna memanfaatkan peluang untuk ekspansi pasar di ASEAN dan global, Kementerian Perindustrian senantiasa memfasilitasi segala kebutuhan dunia industri, utamanya terkait dengan pengembangan dan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI), peningkatan kompetensi SDM, optimalisasi penggunaan produk dalam negeri pada proyek Pemerintah serta promosi kemampuan industri dan investasi.

Sumber: detik.com (28/10/15)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: