Skip to content

Khanza Iliyina Syafa: Siswi Madrasah Peraih Emas International Invention Show di Kroasia

November 18, 2015

Khanza Iliyina Syafa di indonesiaproud wordpress comKhanza Iliyina Syafa, siswi kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang mengharumkan nama bangsa dengan meraih 2 award dan medali emas pada 40th International Invention Show, 11th Invention and Prototype Show and Student Business Plan Competition yang diselenggarakan oleh Inova Croatia (Croatian Inventors Association) Zagreb pada 5-7 November 2015 di Karlovac Kroatia.

Khanza adalah satu-satunya wakil dari Indonesia dan dalam lomba tersebut mempresentasikan karya ilmiahnya yang berjudul The Utilization of Food Waste as An Alternative to feed Cats.

“Karya Ilmiah tersebut dipresentasikan Khanza dengan baik, sehingga merik perhatian para juri, baik yang dari Kroasia maupun dari Taiwan. Mereka heran, anak kelas 7 MTs sudah memiliki gagasan yang cemerlang untuk melindungi dan merawat lingkungan,” tutur Sri Istuti Mamik, pimpinan Yayasan Bahana Cita Persada, yang menaungi MTs Surya Bahana, Malang.

Oleh karena bagusnya presentasi Khanza dan signifikansi karya ilmiahnya tersebut, yakni ramah lingkungan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, pada akhirnya Khanza mendapatkan Special Award dari Polandia dan Taiwan, serta meraih Gold Medal dari Inova Croatia.

Kemenangan Khanza tidak lepas dari usaha madrasah dalam mengembangkan kegiatan Karya Ilmiah. MTs Surya Buana, yang juga memiliki Pondok Pesantren Surya Buana ini mewajibkan setiap peserta didiknya mengikuti program karya ilmiah.

“Setiap akhir semester mereka diharuskan menulis satu karya ilmiah dan dipresentasikan di hadapan guru dan siswa. Jika karya ilmiah tersebut telah memenuhi ketentuan, maka karya tersebut akan diajukan ke kompetisi-kompetisi ilmiah. Salah satu yang berhasil adalah karyanya Khanza,” jelas Mamik, yang pernah menjadi kepala MTsN 1 Malang periode 2000-2007.

“Dalam kesempatan tersebut, kami juga diberi kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Kroasia,” pungkas Mamik yang ikut mendampingi Khanza di Kroasia.

Sumber: kemenag.go.id (17/11/15)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: