Skip to content

Indonesia Raih Posisi 2 di Kejuaraan Dunia Wushu 2015

November 21, 2015

tim-wushu 2015 di indonesiaproud wordpress com Yusuf Widiyanto menjadi satu-satunya wakil Indonesia di disiplin sanda yang berhasil merebut medali emas dalam Kejuaraan Dunia Wushu ke-13 setelah mengalahkan wakil Vietnam Van Bau To dalam final kategori sanda (tarung putra), 56 kilogram pada hari terakhir kejuaraan (18/11) yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ini pertama kalinya Yusuf merebut medali emas di Kejuaraan Dunia Wushu Senior. Pada 2013, dia memenangi Kejuaraan Dunia Wushu Junior di kelas 52 kilogram. “Saya berharap ini akan memotivasi atlet-atlet yang lebih junior agar nanti ada yang menggantikan saya,” kata atlet berusia 21 tahun ini.

Medali emas yang disumbangkan Yusuf pada hari terakhir itu menambah koleksi emas tim Indonesia menjadi tujuh keping. Enam medali emas lainnya disumbangkan atlet-atlet disiplin taolu, yaitu Lindswell Kwok (2 medali emas taijiquan dan taijijian putri), Juwita Niza Wazni (2 emas nandao dan nangun putri), serta Charles Sutanto (2 emas jianshu dan qiangshu putra).

Selain Yusuf, ada dua atlet Indonesia lain yang berhasil masuk final pada hari terakhir itu, yaitu Moria Manalu di kelas 60 kilogram putri dan Yosef Fau Neonub di kelas 48 kilogram putra. Sayangnya, keduanya kalah di final.

Secara keseluruhan, Indonesia meraih 7 medali emas, 3 perak, dan 6 perunggu. Dengan hasil ini, kontingen Merah Putih berada di peringkat kedua di tabel perolehan medali—di bawah Cina yang menjadi juara umum dengan 14 emas dan 1 perak.

Jelas ini prestasi luar biasa. Pada Kejuaraan Dunia dua tahun lalu di Kuala Lumpur, Indonesia hanya meraih 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Mereka menghuni peringkat ke-11.

“Tidak pernah prestasi kami sebagus ini. Kami semua sangat bangga,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia, Supandi Kusuma. “Tapi kami masih akan tetap bekerja keras.”

Menurut Supandi, faktor utama di balik keberhasilan ini adalah program kepengurusan yang berjalan dengan baik, serta kerja keras atlet dan pelatih. Dia juga berharap melejitnya prestasi Indonesia bisa mendatangkan dukungan dana dari pemerintah lebih banyak lagi.

Adapun Kejuaraan Dunia Wushu ke-13 tahun ini  berlangsung di Istora Senayan Jakarta pada 13-18 November 2015 dan diikuti lebih dari 70 negara dengan jumlah peserta mencapai hampir seribu orang.

Berikut hasil lengkap perolehan medali.

hasil akhir kejuaraan dunia wushu 2015 di indonesiaproud wordpress com

Sumber: tempo.co (19/11/15)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: