Skip to content

Siswa SMP Indonesia Raih 12 Medali International Junior Science Olympiad (IJSO) 2015 di Korsel

Desember 14, 2015

IJSO 2015 di indonesiaproud wordpress comDelegasi Indonesia yang diwakili 12 siswa SMP mencetak prestasi membanggakan dengan berhasil meraih 12 medali pada Olimpiade Sains Junior atau International Junior Science Olympiad (IJSO) yang digelar pada 2- 11 Desember 2015 di Daegu, Korea Selatan .

“Mereka berhasil meraih 12 medali masing-masing 2 medali emas, 8 medali perak dan 2 medali perunggu,” kata Supriano, Direktur Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar Menengah, Kemendikbud saat menyambut kedatangan tim delegasi IJSO Indonesia di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang (13/12).

Siswa Indonesia yang meraih medali emas adalah Hilya Nadhira Imam dari SMPI Al Azhar 8 Bekasi dan Ivander Jonathan Marella Waskito dari SMP Mawar Sharon Christian School, Surabaya.

Dalam even ini, Indonesia menurunkan 2 tim yang terdiri 6 ketua (leader), 12 siswa serta 2 pendukung teknis dan semua siswa membawa pulang medali.

IJSO ke-12 ini diikuti 249 siswa dari 40 negara anggota IJSO dan beberapa observer dari negara lain, yakni Australia, Azerbaijan, Bangladesh, Botswana, Brasil, Kamboja, China, Kolombia, Kroatia, Siprus, Estonia, Jerman, Hongkong, Hungaria, India, Iran, Irlandia, Kazakhstan, Kenya, Kirgystan, Lithuania, Macau, Moldova, Myanmar, Belanda, Filipina, Korea, Romania, Rusia, Arab Saudi, Serbia, Slovakia, Afrika Selatan, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Turkemenistan, Vietnam, Zimbabwe dan Indonesia.

Tes yang diberikan meliputi tes teori, tes pilihan ganda, dan tes praktikum pada tiga bidang, yakni Fisika, Biologi dan Kimia. Dalam tes pilihan ganda, ada 10 soal bidang kimia, 10 soal bidang fisika dan 10 soal bidang biologi. Adapun medali yang diperebutkan sebanyak 25 emas, 50 perak dan 77 perunggu.

Indonesia merupakan salah satu negara penggagas berdirinya IJSO pada tahun 2004. Hingga tahun ini sudah 10 negara menjadi tuan rumah penyelenggaraan IJSO. Di tahun ini perjuangan tim Indonesia cukup berat terutama dalam mengungguli negara tuan rumah maupun negara peringkat teratas di IJSO tahun 2014.

Sumber: mediaindonesia.com, antaranews.com (13/12/15)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: