Skip to content

Mahasiswa UI Raih 3 Penghargaan World Universities Debating Championship 2016 di Yunani

Januari 8, 2016

UI WUDC 2016 di indonesiaproud wordpress comDua tim delegasi Universitas Indonesia (UI) dari UKM English Debating Society (EDS) yang maju pada kategori English as a Second Language (ESL) berhasil mendapatkan tiga penghargaan dalam ajang kompetisi World Universities Debating Championship (WUDC) 2016 yang berlangsung pada 27 Desember 2015 hingga 4 Januari 2016 di Yunani.

Tim delegasi UI atas nama Magreta Kailla Adenta dan Terry Muthahhari berhasil masuk final dan meraih penghargaan sebagai Grand Finalists of World Universities Debating Championship, sedangkan tim delegasi atas nama Revaldi Nathanael dan Gabriel Charlotte, masuk ke 16 besar dan berhasil meraih penghargaan sebagai Top 16 of World Universities Debating Championship, serta Top 20 Best Speakers.

Tahun ini kedua kalinya EDS masuk kategori ESL Grand Finals di WUDC. EDS UI merupakan satu-satunya klub debat di Indonesia yang pernah masuk Grand Finals WUDC ESL Category selama dua tahun berturut-turut. Untuk tahun ini, tim EDS UI dilatih oleh Roderick Sibarani.

Pada babak eliminasi kompetisi dengan kategori Open Category, English as a Second Language (ESL) dan English as Foreign Language (EFL), tim ditandingkan menggunakan sistem gugur. Dalam satu sesi debat, dua tim dengan peringkat tertinggi yang berhak melaju ke babak selanjutnya.

Selama babak pre-eliminasi dan eliminasi, tim dari UI melawan tim-tim dari universitas ternama, seperti Leiden University, Melbourne University, Harvard University, dan SMU Singapore. Magreta-Terry (UI A) mengalahkan Leiden University di semi final dan membawa mereka ke final.

Hanya akan ada empat tim yang akan melaju di final. Tim yang menempati peringkat pertama di ketiga babak ini dinobatkan menjadi Worlds Champion Open Category, Worlds Champion ESL Category, dan Worlds Champion EFL Category. Panitia juga memberi penghargaan khusus kepada individu-individu yang mendapatkan nilai individual yang tinggi selama babak penyisihan. Penghargaan tersebut ialah Worlds Best Speaker Open Category, Worlds Best Speaker ESL Category, dan Worlds Best Speaker EFL Category.

World Universities Debating Championship (WUDC) merupakan lomba debat tingkat internasional yang dilaksanakan sekali setahun sejak tahun 1981. Lomba ini adalah lomba debat yang menggunakan format British Parliamentary dan diikuti oleh universitas-universitas yang terdiri dari 400 tim di seluruh dunia.

Sumber: ui.ac.id (07/01/16)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: