Skip to content

SSX: Senjata Buatan Pindad Pesaing AK-47

Januari 13, 2016

senjata SSX di indonesiaproud wordpress comPT Pindad berhasil membuat jenis senjata yang dinilai melebihi kemampuan Senapan Serbu (SS) 2. Bahkan, kemampuan senjata baru buatan Pindad ini mengalahkan senapan serbu legendaris ciptaan Mikhail Kalashnikov, AK-47.

Senapan serbu varian terbaru ini murni rancangan insinyur Pindad. “Ini desain asli Pindad,” ujar Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim.

SSX menjadi nama sementara yang diberikan Pindad ke jenis senjata ini. “Namanya masih SSX. Nama pastinya nanti kita sampaikan saat launching tahun ini,” kata Silmy.  Rencananya, peluncuran dilakukan pada Maret 2016 dan soal penamaan akan diserahkan ke Presiden RI Joko Widodo.

Senapan serbu terbaru ini murni senjata varian terbaru, bukan pengembangan SS-2 atau SS-1 yang berkaliber 5.56 mm dengan jarak tembakan efektif 300 meter yang telah lama dikembangkan dan diproduksi massal.  Lantas apa alasan Pindad masuk ke senapan serbu sekelas AK-47?

Silmy mengaku, tren bisnis pengembangan senapan serbu ringan ke depannya bakal bergeser ke arah senapan, dengan jangkauan tembak lebih jauh, yakni kaliber 7.62 mm sehingga Pindad harus menangkap sinyal tersebut. “Tren ke depan dunia masuk ke kaliber 7.62 mm jadi kita menyiapkan diri,” kata Silmy.

Dia menjelaskan bahwa senapan serbu dengan kaliber 7.62 mm telah ada sejak lama, namun kaliber itu bergesar saat adanya Perang Vietnam. “Sebenarnya dulu sebelum perang Vietnam memang trennya 7.62 mm yang populer kemudian pindah ke 5.56 mm saat perang Vietnam,” tambahnya.

Senapan serbu varian baru ini bisa dipakai oleh semua pasukan khusus. “Bisa untuk pasukan apa saja, tergantung operasinya,” ujarnya.

SSX Pindad-A1di indonesiaproud wordpress com

Keunggulannya dibanding AK-47

Senjata ini mampu kalahkan AK-47 jika dilihat dari kaliber peluru yang digunakan. SSX menggunakan peluru kaliber 7,62 x 51 milimeter (mm), sementara AK-47 memiliki kaliber 7,62 x 39 mm.

Tidak hanya itu, keunggulan SSX lainnya adalah soal jarak tembak ideal yang diadopsi. SSX memiliki jarak tembak efektif (effective range) 600-800 meter, sementara AK-47 hanya punya jarak tembak efektif sekitar 300 meter.

Senapan SSX ini dirancang dengan menggunakan method reverse engineering, yang artinya senjata dibuat dari gabungan sejumlah produk persenjataan hasil kerjaan Pindad maupun non-Pindad. Misalnya saja rumah mekanik dan penutup diambil dari SS1.

Kemudian bagian laras mengambil kepunyaan senapan penembak runduk (sniper) SPR1. Selain itu, picantinny rail mengambil milik senapan FN SCAR. Namun begitu, SSX tidak sepenuhnya berasal dari gabungan sejumlah komponen senjata. Beberapa diantaranya merupakan rancangan baru, salah satunya adalah popor yang bisa dilipat.

Selain itu, panjang popor juga bisa diatur sesuai dengan kondisi fisik penembak. Dalam pengoperasiannya setiap pucuk senapan SSX dilengkapi dengan magasine berkapasitas 15 butir peluru.

Sampai saat ini Mabes TNI belum melansir rencana melengkapi satuan di tubuh TNI dengan senapan SSX. Akan tetapi, secara garis besar kemunculan senapan ini bisa dijadikan sebagai salah satu barometer semangat pemerintah dalam mewujudkan kemandirian alutsista.

Sumber: liputan6.com (09/01/16), finance.detik.com (12/01/16)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: