Skip to content

Tim Telkom University Juara Global Mobile Innovator Tournament 2016 di Barcelona

Maret 4, 2016

tim telkom univ di indonesiaproud wordpress comDua tim Telkom University (Tel-U) sukses mengharumkan nama bangsa dengan berhasil menjadi juara kompetisi inovasi tingkat dunia, Global Mobile Innovator Tournament (GMIT) 2016, yang diselenggarakan oleh IBM di Barcelona, Spanyol, pada 22-25 Februari lalu.

Dua tim Tel-U yang berhasil lolos sebagai juara adalah tim Brainstat Studio yang mengusung konsep keamanan berkendara dan tim Hoome yang mengusung konsep rumah cerdas.

Pada April tahun lalu, tim Brainstat, yang dibina Dody Qori Utama selaku dosen fakultas Informatika, berhasil menjadi juara runnerup UMC GMC (University Mobile Challenge, Global Mobile Challenge) 2015 yang juga diadakan di Barcelona.

Tahun ini, prestasi tim binaan Dody meningkat menjadi juara pertama GMIT 2016. Tim Brainstat Studio berhasil menjadi juara pertama pada kategori Smart Transportation, dan Tim Hoome berhasil menjadi Best Innovation pada kategori Smart Homes. Hebatnya lagi, Indonesia menjadi satu-satunya tim yang meloloskan dua produk ke final.

Dody menuturkan bahwa kedua produk tersebut masih dalam tahap purwarupa. “Brainstat membutuhkan sistem smart car. Tapi, sistem smart car sendiri saat ini masih dalam tahap uji coba oleh Ford, Apple, Google, Qualcomm, dan provider lainnya,” jelasnya. Meski untuk implementasinya membutuhkan smart car, Brainstat dapat juga digunakan terpisah dengan menggunakan tablet.

Cara kerja Brainstat adalah dengan menangkap gelombang otak pengendara menggunakan sensor otak. Selanjutnya, gelombang otak ditangkap oleh sensor dan kemudian dikirimkan ke aplikasi ITS (Integrated Transportation Safety System) dan Brainstat (Brain Status) untuk disimpulkan kondisi dari pengendaranya. Jika ditemui masalah pada si pengendara, seperti mengantuk, melamun, narkoba, dan lainnya, otomatis sistem akan memberikan peringatan.

Adapun Hoome adalah purwarupa sebuah smart home pertama di dunia yang memahami penggunanya. Saat ini perumahan perlahan mulai bergeser trennya ke smart home dan Hoome adalah smart home pertama yang beradaptasi pada pengguna rumah dimana kebanyakan smart home menyesuaikan diri kepada lingkungan.

Setelah berhasil menjuarai GMIT, Dody akan mengajukan joint research proposal ke Vodafone sebagai mitra riset dan juga mitra pemasaran kelak jika kedua produk itu diluncurkan untuk massal. Ia pun berambisi untuk kembali menyabet juara di kompetisi berikutnya, seperti Microsoft Imagine Cup, piala Dunia IoT, dan Indonesia ICT Award.

Sumber: infokomputer.com (02/03/16)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: