Skip to content

Perusahaan Kreatif AR&Co Raih Auggie Awards di Silicon Valley, AS

Juni 10, 2016

AR&Co Auggie Awards di indonesiaproud wordpress comDunia industri kreatif di Indonesia makin berkembang pesat dan kini sudah mulai dilirik oleh dunia internasional. Baru-baru ini, perusahaan industri kreatif asal Indonesia, AR&Co memenangi penghargaan kelas dunia Auggie Awards dalam Augmented World Expo (AWE) 2016 pada 1-2 Juni lalu di Santa Clara, Silicon Valley, Amerika Serikat.

AR&Co memenangi kategori Best Campaign (Kampanye Terbaik) atas karya augmented reality yang mendukung peningkatan penjualan merek susu bubuk ternama di Vietnam.

“AWE ini seperti Piala Oscar-nya industri kreatif di bidang augmented reality. Kami tidak menyangka bisa menang kategori Best Campaign dua kali,” kata Co-Founder AR&Co Peter Shearer.

Augmented World Expo merupakan konferensi dan pameran augmented reality tahunan terbesar di dunia. Acara ini rutin diselenggarakan di Silicon Valley, pusat teknologi dan industri kreatif, untuk memperkenalkan teknologi terbaru seperti virtual reality (VR), augmented reality (AR) dan penggunaan teknologi siap pakai lainnya.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-7 dan diikuti lebih dari 4.000 lebih peserta yang berasal dari berbagai CEO, desainer, agensi kreatif, dan penemu seluruh dunia.

Augmented reality (AR) merupakanteknologi yang cukup unik, dan terbilang baru di Indonesia. Teknologi ini memberikan tampilan yang tampak hidup untuk sebuah informasi, dengan cara menambahkan elemen-elemen seperti input sensor buatan komputer berupa suara, video, gambar, atau data GPS.

peter shearer di indonesiaproud wordpress com“Tapi AR berbeda dengan realitas virtual lainnya. AR bertujuan untuk menambah informasi dan makna ke dalam sebuah objek atau tempat yang nyata melalui sebuah aplikasi,” ujar dia.

Tahun lalu, Peter Shearer dan kawan-kawannya juga memenangkan penghargaan di kategori yang sama berkat kerja kreatifnya dalam kampanye presiden Nigeria terpilih. Dengan sentuhan teknologi augmented reality, calon presiden Muhammadu Buhari dari partai oposisi Nigeria, Kongres Progresif (APC), memenangkan pemilihan umum presiden tahun 2015.

“Kami mengembangkan kampanye kepada anak-anak muda Nigeria dengan augmented reality karena calon presidennya sudah tua, 72 tahun,” tutur Peter.

Cukup dengan mengarahkan layar gawai atau ponsel cerdas ke arah logo partai, sosok Muhammadu Buhari akan muncul menjelaskan visi dan misinya. Alhasil, teknologi ini menjadi booming dan ramai diperbincangkan anak-anak muda Nigeria di berbagai media sosial.

Tahun ini, AR&Co memenangkan penghargaan melalui inovasi kampanye karakter sapi dan pilot terbang bagi merek susu bubuk di Vietnam. “Penjualan mereka juga sampai naik 19 persen berkat teknologi interaktif kami,” imbuh Project Manager AR&Co, Juliwina.

AR&Co yang didirikan sejak tahun 2009 itu, diklaim menjadi salah satu yang terbaik di Asia. Selain Jakarta sebagai kantor utama, cabangnya tersebar di Manila, Barcelona, Singapura, dan Silicon Valley.

“Perusahaan kami sudah dapat lisensi resmi dari Disney, Cartoon Network, hingga produser film Transformers untuk berbagai proyek mereka,” ujar Peter.

Sumber: tempo.co, viva.co.id (06/06/16)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: