Skip to content

Paduan Suara Anak Indonesia Raih Juara Umum di Italia

Juli 11, 2016

TRCC di indonesiaproud wordpress comPaduan suara anak The Resonanz Childrens Choir (TRCC) mengharumkan nama bangsa dengan berhasil meraih juara umum “Grand-prix Winner” dalam kompetisi paduan suara Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition yang diselenggarakan pada 7-10 Juli 2016 di Venezia, Italia.

TRCC, yang dipimpin oleh konduktor Devi Fransisca juga keluar sebagai juara pertama kategori Children’s and Youth Choir dengan nilai 94.2 dan memperoleh Gold Diploma Level II.

Project Manager TRCC, Dani Dumadi mengatakan TRCC membawakan empat lagu, yaitu Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya Javier Busto, serta dua lagu karya Fero Aldiansya, yaitu 137 Hip Street dan Bungong Jeumpa.

Dengan berbalut kostum bernuansa Aceh, paduan suara berkekuatan 42 anak ini mampu memukau juri serta para hadirin yang memadati ruangan Auditorium Santa Margherita. Hal tersebut nampak dari riuh tepukan serta standing ovation yang diberikan. Para juri pun kemudian meloloskan TRCC ke babak final melawan keempat finalis dari kategori lainnya, yaitu kategori Adult’s Choir dan kategori Sacred Music.

Pada 9 Juli, di babak final, paduan suara anak TRCC tampil berbalut kostum bernuansa Papua, membawakan dua lagu masing-masing satu  karya komposer Hongaria Zoltan Kodaly dan Yamko Rambe Yamko karya arransemen dari Agustinus Bambang Jusana.

Avip Priatna, pimpinan sekolah musik yang menaungi TRCC mengatakan kemenangan ini adalah yang kelima di tingkat internasional dan dari sisi umur, peserta yang sekarang rata-rata paling muda.

“Di Italia, TRCC adalah paduan suara dengan anggota yang rata-rata lebih muda (dari kelompok lawan) dan ada yang masih 9 tahun usianya,” kata Avip.

Avip mengatakan, lagu Yamko Rambe Yamko dipilih sebagai representatif lagu Indonesia dan kita percaya aransemen dan koreografinya dapat dijadikan andalan melawan peserta lainnya.

Keikutsertaan anak-anak Indonesia yang berusia sembilan sampai 17 tahun pada kompetisi ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan tour concerts dan competition bertajuk Musical Journey 2016.

Sumber: antaranews.com, bbc.com/indonesia (10/07/16)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: