Skip to content

Lapis Legit: Kue Terlezat di Dunia Asal Indonesia

September 30, 2016

lapis-legit-di-indonesiaproud-wordpress-comMasih ingat kalau masakan tradisional Rendang masuk daftar sebagai masakan terenak di dunia? Kali ini CNN kembali mengeluarkan daftar kue tradisional terenak di dunia. Dan salah satunya berasal dari Indonesia, yakni kue Lapis Legit.

CNN menobatkan 17 kue tradisional dari berbagai negara sebagai kue terlezat di dunia. Mengutip CNN, kue ‘belang’ rasa coklat ini termasuk salah satu kue nasional paling lezat di dunia. Sekalipun resep modifikasinya banyak beredar, rasa orisinalnya tetap dirindukan.

Sesuai resep klasiknya, pembuatan lapis legit memang tergolong ‘wah’ dan butuh kesabaran ekstra. Bagaimana tidak, adonan sponge cake tipis berwarna kekuningan dan kecokelatan dituang satu per satu, tipis-tipis, berulang-ulang.

Tiap lapisan harus punya tingkat kematangan sama, tak gosong di bagian terbawah dan matang sempurna di bagian teratas. Begitu pula ketebalan lapisan kuning dan lapisan cokelat harus sama, bertumpuk selang-seling hingga 18 lapis.

Yang membuat lapis legit istimewa, ada cita rasa rempah yang samar-samar tercecap. Kombinasi kayumanis, spekuk, cengkih, dan biji pala berpadu sempurna dengan kocokan mentega dan telur yang membuat per lapisnya lebih kenyal.

Sebetulnya, lapis legit terinspirasi dari jenis kue berlapis Eropa. Kue ini diciptakan dari era kolonial Belanda yang kemudian dimodifikasi dengan cita rasa Asia.

Selain kue lapis legit dari Indonesia, ada beberapa kue nasional yang ‘dinobatkan’ sebagai kue terlezat di dunia.

1. Italia: Tiramisu
2. Swedia: Swedish Princess Cake (Prinsesstarta)
3. Jepang: Dorayaki
4. Denmark, Norwegia: Kransekage
5. Selandia Baru: Pavlova
6. Australia: Lamington
7. Prancis: Madeleines
8. Malaysia, Singapura: Pandan Cake
9. Amerika Serikat: Cheesecake
10. Jerman: Black Forest Cake
11. Hong Kong: Ma Lai Go
12. Meksiko: Tres Leches Cake
13. Austria: Kaiserschmarrn
14. Uruguay: Postre Chaja
15. Inggris Raya: Victoria Sponge
16. Turki: Baklava.

Chef Bangga

Chef Bara Raoul Pattiradjawane mengaku senang dan bangga mendengar kue lapis legit dinobatkan sebagai kue terenak di dunia. Dari cita rasanya yang lezat, Chef Bara setuju jika kue ini diakui sebagai kue terlezat di dunia.

“Mendengar kabar itu, saya antara girang (senang-red) dan bangga. Menurut saya ini sangat tepat, sangat pantas karena kue lapis legit memang rasanya sangat lezat dan perlu diketahui cara membuatnya pun tidak mudah,” ujar Chef Bara.

Lebih jauh Chef Bara melanjutkan, tidak hanya rasanya yang enak, kue lapis legit membawa cerminan budaya yang unik dari Indonesia. Meski awalnya dibuat oleh orang Belanda yang tinggal di Indonesia pada masa penjajahan, namun kue lapis legit tumbuh dan berkembang mengikuti budaya Indonesia.

“Kue ini sangat unik dan tidak akan ditemui di negara manapun, bahkan di Belanda, jadi saya sangat bangga kue ini dinyatakan sebagai kue tradisional Indonesia terenak di dunia,” tandasnya.

Sumber: cnnindonesia.com, okezone.com (25/08/16)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: