Skip to content

Tim Sadewa UI Juara di Shell Eco-Marathon Asia 2017, Singapura

Maret 30, 2017

Mahasiswa Indonesia kembali unjuk gigi dan menorehkan prestasi di ajang Shell Eco Marathon Asia (SEM).  Di kompetisi SEM 2017 yang berlangsung di Changi Exhibition Center, Singapura  pada 16-19 Maret lalu tim Sadewa UI berhasil menyabet juara 1 untuk kategori Urban Concept Gasoline.

Sadewa berhasil unggul dengan catatan 375 kilometer per liter dengan kendaraan berbahan bakar bensin. Urutan kedua ditempati oleh ITS Team 2 dengan capaian waktu 336 km per liter, dilanjutkan Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan 221 km per liter. Urutan keempat ditempati oleh Bengawan Team 2 dari UNS Surakarta dengan capaian 213 km perliter, dan Cikal Ethanol dari ITB di tempat kelima dengan catatan 198 km per liter.

Tim-tim ini akan mengikuti kompetisi lanjutan di Sirkuit Changi Exhibition Center pada Minggu (19/3/ 2017) untuk menentukan tiga besar pemenang yang akan dibawa ke kompetisi global di London tahun ini.

Dengan hasil catatan 375 km/liter yang dicapai Sadewa maka rekor Asia yang sebelumnya (275 km/liter) secara official dipecahkan Tim UI. Seharusnya tim Sadewa yang menggunakan based engine Sepeda motor Honda Revo underbone FI ini sebenarnya memperoleh 399 km/liter namun angka ini tidak diakui karena saat melakukan run tersebut driver Sadewa tidak menyalakan klakson saat overtake peserta lain.

SEM adalah kompetisi yang diadakan oleh Shell yang mengundang mahasiswa dari berbagai negara untuk berkompetisi dalam mendesain, membangun, dan mengendarai kendaraan hemat energi. Ajang Kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2017 dibuat 2 Kategori kelas, yakni Urban dan Prototipe. Baik Urban dan Prototipe dibagi lagi 3 bagian berdasarkan jenis energi yang mereka gunakan apakah ICE (Internal Combustion Energy), Battery Electric Energy dan Hydrogen Fuel.

Sistem penilaian lomba ditentukan oleh seberapa jauh mobil-mobil tersebut dapat menempuh jarak dengan 1 liter bensin. Pada saat lomba, tidak ada kecepatan minimum yang ditentukan, setiap mobil melaju dengan kecepatan standarnya.

Ajang kompetisi ini telah diselenggarakan di Malaysia (2010 dan 2013) dan Filipina (2014 -2016). Untuk tahun ini, lebih dari 120 tim mahasiswa dari kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah ikut ambil bagian dalam ajang ini. Dari Indonesia, terdapat 26 tim mahasiswa Indonesia dari 19 perguruan tinggi di 8 provinsi yang akan mewakili Indonesia di ajang SEM Asia 2017.

Selain tim dari UI, juga terdapat Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, serta Tim Batavia Gasoline dan Batavia Generation dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Berikut adalah hasil kompetisi Shell Eco-Marathon Asia Kelas Urban Vehicle 2017.

Urban Concept ICE

  1. Sadewa – Universitas Indonesia [ 375 km/liter ]
  2. Sapu angin -ITS team 2 – Institut Teknologi Sepuluh Nopember [336 km/liter ]
  3. GARUDA UNY ECO TEAM – Universitas Negeri Yogyakarta [ 221 km/liter ]
  4. Samudra IV – Bengawan Team 2 – Sebelas Maret University [ 213 km/liter ]
  5. Cikal Etanol – Institut teknologi Bandung [198 km/liter ]
  6. DLSU Eco Car Team – I.C.E – De La Salle University Philipina [196 km/liter]

Urban Concept Battery Electric

  1. LH – ESTLac Hong University, Vietnam [108 km/kWh]
  2. Dagisik UPUniversity of the Philippines – Diliman , Phillipina [107 km/kWh]
  3. Nogogeni ITS Team 1Institut Teknologi Sepuluh Nopember [ 100 km/kWh ]
  4. KOOKMIN RACINGKookmin University [ 98 km/kWh]
  5. EnduroKiwisUniversity of Canterbury Australia [ 95km/kWh]
  6. NTU Singapore 3D-Printed CarNanyang Technological University Singapura [ 95 km/kWh]

Sumber: ui.ac.id (20/03/17), tmcblog.com (18/03/17)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: