Skip to content

Dengan Aplikasi Hoax, Tim ITB Raih Juara Microsoft Imagine Cup di Filipina

Mei 11, 2017

Berawal dari kecintaan pada camilan tradisional cimol asal Bandung, tiga mahasiswa asal Institut Teknologi Bandung (ITB) mengukuhkan diri sebagai “Tim Cimol.” Hebatnya, tim yang menjadi wakil Indonesia ini berhasil keluar menjadi pemenang pada Final Imagine Cup Asia Tenggara 2017 yang berlangsung pada 23–26 April lalu di Manila, Filipina. Tim Cimol berhasil mengalahkan sembilan tim lain dari negara-negara di Asia Tenggara.

Tim ini terdiri dari para mahasiswa S1 Teknik Informatika, yakni Feryandi Nurdiantoro (Teknik Informatika 2013), Tifani Warnita (Teknik Informatika 2013), dan Adinda Budi Kusuma Putra (Sistem dan Teknologi Informasi 2013), dengan dimentori sang dosen, Ayu Purwarianti.

Mereka menggagas aplikasi Hoax Analyzer, sebuah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk menganalisis kebenaran dari pernyataan atau informasi berdasarkan sumber-sumber fakta yang beredar di internet. Tujuan aplikasi ini adalah untuk memerangi proliferasi berita palsu atau hoax.

Ide aplikasi tersebut muncul didasari keresahan mereka akan maraknya berita palsu alias hoax di internet. Lewat aplikasi tersebut, Tim CIMOL berharap penemuan mereka akan membantu lebih banyak pengguna untuk memfilter informasi palsu dan memverifikasi sumber klaim sebelum menyebarkannya.

Proses pengecekan yang dilakukan oleh Hoax Analyzer menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP), yaitu pengolahan bahasa yang sering digunakan sehari-hari oleh manusia agar dapat dimengerti komputer, dan Machine Learning, yaitu proses pembelajaran komputer dari data.

Hasil analisis yang ditampilkan oleh Hoax Analyzer adalah kesimpulan mengenai keabsahan informasi, persentase keyakinan menurut data-data yang tersedia, dan daftar sumber fakta terkait.

Layanan semacam ini memang belum banyak tersedia, padahal dampak buruk hoax dinilai cukup signifikan. Contohnya ketika orang A menyerap informasi hoax tertentu dari aplikasi chat atau media sosial, lantas serta-merta membagikannya ke kerabat dan keluarga tanpa mengecek kebenarannya.

Alhasil, hoax itu menyebar luas dan bisa menimbulkan kesalahan persepsi, bahkan lebih buruk dapat memicu kebencian dan perpecahan. Tim Cimol bercita-cita agar netizen Tanah Air bisa lebih kritis terhadap informasi yang didapat dari internet.

“Cimol merupakan camilan yang disukai banyak orang dan kami berharap produk yang dihasilkan tim kami juga disukai dan bermanfaat bagi khalayak luas,” kata mereka.

Menuju Tingkat Dunia

Berkat kemenangan tersebut, tim CIMOL dan 2 tim runner-up lainnya akan melakukan perjalanan inovasi ke tingkat berikutnya di Imagine Cup World Finals yang diadakan di Seattle pada bulan Juli tahun ini. Adapun peraih runner-up pertama adalah Tim HeartSound dari Singapura dan tim Opticode dari Filipina menempati posisi juara runner-up kedua pada kompetisi ini.

Sebanyak 50 Tim mahasiswa dari seluruh dunia akan bersaing untuk mendapatkan hadiah utama lebih dari 1 Milyar rupiah, kesempatan bimbingan dengan CEO Microsoft, Satya Nadella, serta hibah dan kredit dari Azure untuk realisasi pemasaran produk.

Selain Indonesia, Singapura, dan Filipina, empat tim mahasiswa lainnya dari seluruh wilayah Asia Tenggara juga terpilih untuk bersaing di Final Dunia untuk pengakuan atas usaha mereka dalam berinovasi.

Secara keseluruhan, Microsoft akan mensponsori total tujuh tim untuk memenuhi standar Asia Tenggara di Final Dunia Juli ini, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan kreativitas dan inovasi di kalangan pemuda Asia Tenggara di mata dunia.

Sumber: kompas.com, infokampus.news (27/04/17), padangkita.com (26/04/17)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: