Skip to content

SMAN 28 Jakarta Bawa Indonesia Juara Folklor Dunia di Bulgaria

Juni 4, 2017

Tim kesenian Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 28 Jakarta mengharumkan negara dengan memenangkan Grand Prix pada kejuaraan dunia “World Cup of Folklore” ke-2 yang diselenggarakan pada 11-20 Mei 2017 di Kota Veliko Tarnovo, Bulgaria. Mereka juga memperoleh sertifikat juara pertama dan voucher sebesar 1.000 euro dari European Association of Folklore Festivals (EAFF).

Kejuaraan ini diselenggarakan serentak dengan VIII Bulgarian National Championship of Folklore “Euro folk 2017” dan XXI Stara Planina Festival “Balkan Folk.” Ketiga forum tersebut kurang lebih diikuti 200 group dengan 4.000 peserta, musisi, penyanyi, dan penari. Acara ditayangkan langsung di EuroFolK TV, yang merupakan TV Internet dengan siaran ke seluruh dunia. Selain itu, penampilan terbaik juga ditayangkan di lebih dari 20 stasiun TV kabel Bulgaria dan TV satelit.

Tari yang ditampilkan Tim SMAN 28 berjudul Enggang Babalian dari Dayak-Kalimantan, menceritakan tentang seorang putri, yang merupakan reinkarnasi burung enggang, menjadi panutan karena kebijaksanaannya.

Tarian Enggang Babalian menampilkan kostum yang luar biasa berwarna–warni berupa bulu-bulu burung Engang, api, serta gerakan tari dan menyanyi yang dinamis dan kompak. Sehingga tidak heran para juri terpana melihat kualitas tinggi tarian yang ditampilkan dan memberikan gelar juara utama.

Untuk menghadapi kompetisi ini, tim tari SMAN 28 berlatih selama 3 bulan di bawah asuhan pelatih Bapak Rohimi. Sebelumnya tim ini juga telah memenangkan berbagai kejuaraan internasional, salah satunya Grand Prix pada Sea Sun Festival and Competition tahun lalu di Spanyol.

Pada World Cup of Folklore ini, Indonesia tidak hanya diwakili tim SMAN 28 Jakarta. Tim Indonesia lainnya yang menorehkan prestasi gemilang adalah SMA Al-Azhar Tangerang yang memperoleh juara ke-3 serta voucer penghargaan dan Sanggar Seni Padee Bidjeh Aceh yang juga memperoleh penghargaan untuk tarian yang ditampilkan, yaitu Meusare-sare, Rapai Gelang, dan Saman Gayo.

Sumber: kemlu.go.id (22/05/17)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: