Skip to content

Indonesia Raih Juara Umum Paralayang Dunia PGAWC 2017 di Slovenia

September 28, 2017

Tim paralayang dari Federasi Aerosport Indonesia (FASI) menorehkan tinta emas prestasi dengan berhasil meraih juara umum Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) yang diselenggarakan pada 21-23 September 2017 di Kobariddi, Slovenia yang diikuti oleh 89 pilot yang berasal dari 21 negara, seperti Indonesia, Lithuania, Republik Ceko, Slovenia, Serbia, Bulgaria, Albania, Romania, Rusia, Hungaria, Britania Raya, Kosovo, Turki, Perancis, Estonia, Hongkong, Kroasia, Kanada, Polandia, Latvia, dan Azerbaijan.

Tim yang berangkat ke kejuaraan tersebut adalah Tim Pelatnas Paralayang yang dipersiapkan untuk mengikuti Asian Games 2018. Sebanyak 23 atlet pelatnas FASI ditambah 3 atlet nonpelatnas mengikuti kejuaraan dunia tersebut.

Sungguh luar biasa yang telah dilakukan para atlet paralayang Indonesia di kejuaraan paralayang dunia untuk nomor lomba ketepatan mendarat tersebut. Mereka mampu mendominasi seluruh podium yang tersedia, dan berhasil menyandingkan tiga gelar juara dunia berkat akumulasi perolehan poin yang telah terselenggara sejak seri pertama berlangsung.

”Ini merupakan pertama dalam sejarah paralayang dunia, dimana satu negara membawa pulang seluruh gelar juara yang dipertandingkan dalam satu tahun.” kata Wahyu Yudha sebagai manajer Timnas Paralayang.

Untuk kategori Putra, gelar juara dunia Paralayang tahun 2017 ini diraih oleh Kolonel Elisa Manueke, dokter spesialis mata yang berdinas di RSPAU Lanud Adisucipto, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun untuk kategori putri oleh Rika Wijayanti, gelar juara dipersembahkan Rika Wijayanti, atlet andalan Jatim asal Malang binaan Lanud ABD Saleh sebagai FASIPROV Jatim. Sedangkan untuk beregu, gelar juara diraih tim Garuda Prima 2, yang terdiri dari Thomas Widyananto, Indra Lesmana, Ardi Kurniawan, dan Hening Paradigma.

“Lawan terberat kami saat bertanding di Kobarid adalah Kosovo, Republik Ceska dan tuan rumah Slovenia,” kata Kolonel dr Elisa yang juga sebagai Wakil Ketua Bidang Prestasi FASI ini.

Kemenangan di Slovenia melengkapi kedigjayaan atlet-atlet yang disiapkan oleh FASI di tingkat Internasional dimana TNI AU berperan sebagai pembina utama olahraga dirgantara ini. Sebelumnya timnas putra dan putri juga berjaya di seri kejuaraan dunia di Serbia, Albania, Manado, dan Kanada.

“FASI terus mengasah kemampuan timnas paralayang untuk bisa meraih medali emas di kejuaraan multi event ASIAN GAMES 2018 dengan target minimal 2 emas,” ungkap Wahyu.

Sumber: antaranews.com, extremeina.com (25/09/17)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: