Skip to content

4 Siswa SD Asal Surabaya Raih Penghargaan Inovasi Internasional di Hong Kong

Desember 30, 2017


Jika anda tiba-tiba ingin buang air kecil, tetapi saat itu anda jauh dari (atau bahkan tidak ada) toilet, pastinya akan sangat menyulitkan anda. Namun hal itu dapat diatasi lewat karya Brandon Antonio Wisiman (11) berupa Pee Watering Container, yaitu wadah untuk membuang air seni yang praktis sehingga buang air kecil bisa dilakukan dimana pun.

“Jadi saya punya masalah saat berpergian, yaitu waktu mau pipis toiletnya jauh, jadinya saya harus kencing di botol plastik,” ujar siswa kelas 6 SD Elyon Christian School Surabaya ini.

Brandon dengan Pee Watering Container

Pee Watering Container berupa kantong air berbahan plastik dengan tutup seperti botol, dilengkapi kain yang dijahit untuk meletakkan kantong plastik tersebut serta kain hitam seperti celemek, yang difungsikan untuk menutup bagian depan tubuh saat kamu menggunakan alat tersebut.

“Saat ini kan alatnya cuma bisa dipakai sama laki-laki, mungkin ke depannya alatnya bisa dipakai oleh perempuan juga,” ungkap Brandon.

Lain Brandon, beda pula kisah Christopher Jesse Sumali. Anak laki-laki berumur 8 tahun asal Surabaya ini ingin membantu kakeknya, dengan membuat alat yang dapat memudahkan aktivitas di malam hari. Bocah yang dipanggil CJ ini membuat ikat pinggang yang diberi nama “Flash Belt.”

CJ Sumali dengan penghargaannya

Sepintas, ikat pinggang karya bocah kelas 3 SD ini tidak ada bedanya dengan ikat pinggang lainnya, akan tetapi di bagian samping besi pengait ada lampu dengan daya baterai yang bisa menyala terang. Berkat alat tersebut, kakeknya bisa terbantu dalam melakukan aktivitas saat malam hari, sehingga tidak perlu membangunkan CJ saat tidur.

“Ide alatnya dari pengalaman pribadi, jadi suka dibangunkan kakek saat tidur, kan kalau malam lampunya dimatikan. Jadi gelap, kakek susah lihat di tempat yang gelap. Biasanya kakek bangun kalau nggak ke WC ya mau minum. Karena kakek suka pakai ikat pinggang, jadi aku buat yang ada lampunya,” ujar CJ.

“Pengennya nanti dipasang sensor, jadi ikat pinggangnya pas gelap bakal nyala sendiri lampunya,” ujar CJ.

Selain itu, Galleno Audrey Salvator & Giancarlos Nehemia Tedjosukmono, kelas 5 SD dari Dharma Mulya Christian School Surabaya juga berhasil membuat karya inovasi yang bertajuk “BagMap.”

Karya Brandon, CJ, dan Galleno serta Giancarlos tersebut diikutsertakan dalam kontes inovasi di ajang Hong Kong International Student Innovative Invention Contest 2017 pada 16 Desember 2017 di Hong Kong Cyberport yang diselenggarakan oleh Yan Chai Hospital Lim Por Yen Secondary School, khusus bagi para siswa sekolah dasar untuk dapat menunjukkan hasil inovasinya.


Tiga karya inovasi yang mereka buat dilombakan bersama 326 inovasi lainnya dari total 570 siswa sekolah dasar asal Hong Kong, Malaysia, Taiwan, China, dan Macau. Setelah proses presentasi karya para peserta dari berbagai negara yang cukup ketat, tim Indonesia yang tergabung dalam tim Krya.id tersebut berhasil mendapatkan penghargaan sebagai berikut.

Brandon Antonio Wisiman (6 SD) dengan karya “Pee Watering Container” meraih:
– Silver Medal kategori Senior.
– Malaysia Special Award.
– Hong Kong Special Award.
– International Innovation Cup.

Christopher Jesse Sumali (3 SD) dengan karya “Flash Belt” meraih:
– Bronze medal kategori Junior.
– Hong Kong Special Award.
– Taiwan Special Award.

Galleno Audrey Salvator & Giancarlos Nehemia Tedjosukmono (5 SD) dengan karya “BagMap’ meraih:
– Merit Prize kategori Senior.
– Malaysia Special Award.
– Hong Kong Special Award.

Selamat buat adik-adik semua. Kalian memang hebat dan membanggakan.

Sumber: jatim.tribunnews.com (19/12/17), facebook.com/krya.id (21/12/17)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: