Skip to content

Siswa RI Raih Medali & Penghargaan di Olimpiade Robot Internasional 2017, China

Januari 3, 2018

Sebanyak 13 peserta yang berasal dari SMAN 28 dan SMA Al-Azhar 19 Jakarta berada di China sejak 14 Desember 2017 untuk mengikuti ajang International Robot Olympiad di Qinhuangdao, Provinsi Hebei. Dalam kompetisi yang bertema “Public Safety and Security” ini, tim dari Indonesia meraih medali perak untuk kategori “Robot in Movie”. Sementara satu tim lainnya memperoleh penghargaan “Technical Award” untuk kategori “Creative Team”.

“Capaian anak-anak ini membawa Merah Putih berjaya di dunia internasional. Dengan penuh semangat dan percaya diri, mereka akhirnya mengalahkan tim-tim lain yang telah memiliki prestasi sebelumnya,” demikian ungkap Vice President Komite Robot Indonesia, Riza Muhida, ST, M.Eng, Ph.D yang sehari-hari berprofesi sebagai dosen jurusan Teknik Komputer Universitas Bandar Lampung.

Selama mengikuti kompetisi, mereka didampingi oleh beberapa orang guru pembimbing dari SMAN 28, antara lain Bapak Arif Harahap. Sebagai guru pembimbing, Arif pun turut bangga melihat kesuksesan anak didiknya yang tentunya tidak hanya mengharumkan nama sekolah, tetapi juga bangsa dan masyarakat Indonesia.

“Semoga prestasi mereka dapat menginspirasi generasi muda lainnya di tanah air untuk menghasilkan karya-karya inovatif lainnya,” ujarnya.

Olimpiade yang pertama kali berlangsung pada tahun 1999 ini diselenggarakan oleh International Robot Olympiad Committee yang berpusat di Seoul, Republik Korea. Beberapa motivasi yang ingin dicapai oleh komite ini antara lain mengembangkan kemampuan intelektual generasi muda di bidang ilmu teknologi, mengembangkan talenta generasi muda yang memilki ketertarikan di bidang robotik dan memperkenalkan kecanggihan robot kepada kalangan masyarakat luas.

Dengan berpartisipasi aktif dalam ajang kompetisi robot ini, generasi muda Indonesia diharapkan dapat mengasah kreativitas dalam menciptakan suatu karya teknologi robot sesuai tuntunan zaman dan sekaligus membangun jaringan sosial dengan generasi muda dari berbagai negara, seperti Jerman, Republik Korea, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Saudi Arabia, beberapa negara di kawasan Asia Tengah dan Amerika Latin.

Sumber: kemlu.go.id (22/12/17)

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: