Lanjut ke konten

Lewat Alat Deteksi Serangan Jantung, Mahasiswa Undip Raih Medali di Jerman

Januari 31, 2018

Tim mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menorehkan prestasi yang membanggakan dengan berhasil meraih medali lewat hasil temuan merekan berupa alat pendeteksi jantung pintar di ajang iENA International Trade Fair Ideas Inventions New Products Germany 2017 yang berlangsung di Nuremberg Jerman pada 2-5 November 2017.

Tingginya angka kematian akibat penyakit jantung membuat Christian M.T Sinaga, Kawidian Putri Bayu Alam, Mariana Tampubolon, Nurwarrohman Andre Sasongko, dan Hizroh Rochmah Tulloh membuat alat untuk mendeteksi secara sigap perubahan detak jantung untuk mencegah serangan mendadak yang disebut SAD-Heart/Smart Alert Detection of Heart.

Atas temuan tersebut, mereka berhasil meraih silver medal pada ajang bergengsi iENA International Trade Fair Ideas Inventions New Products Germany. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan penghargaan khusus berupa special awards dari JSC NIIAS, Rusia.

Tim berhasil membawa pulang silver medal setelah bersaing dengan 850 inventors dari 45 negara, di antaranya dari Jerman, Hong Kong, India, Iran, Iraq, Malaysia, Rusia, Korea, Portugis, dan Polandia yang mengikuti ajang tahunan yang diselenggarakan International Federation of Inventors Association (IFIA).

Ajang tersebut memang dikenal giat mencari generasi penemu dari belahan dunia. Tim berharap prestasi yang sudah diraih dapat menginspirasi mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan ide dan temuannya. Harapan khusus dari tim semoga penemuan alat jantung pintar selanjutnya dapat dikembangkan dan kelak bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia sehingga menurunkan angka kejadian kematian akibat serangan jantung.

Sumber: undip.ac.id (28/12/17), okezone.com (29/12/17)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: