Lanjut ke konten

“Battle of Surabaya” Raih Best Animation Festival Film Internasional di Belanda

Agustus 20, 2018
Film animasi November 10th (Battle of Surabaya) karya Mohammad Suyanto, Hery Soelistio, dan Adi Djayusman  memenangkan kategori “Best Animation or Animated Sequence” pada Amsterdam International Filmmaker Festival yang berlangsung pada 11-18 Agustus 2018 di Amsterdam, Belanda.
Battle of Surabaya dalam festival ini berhasil mengalahkan nominasi lainnya, yakni “After Meteor’s Trail” karya Delphino Huang, “The Visiting Tank” (Beth Warshafsky), dan “This Means War! Use it up” (Chris Curtis). Film yang diproduksi tahun 2015 tersebut dinominasikan untuk tiga kategori, yakni best sound, best film, dan best animation.

Piala untuk pemenang film animasi tersebut diterima oleh Wakil Kepala Perwakilan RI Den Haag, Bapak Fikry Cassidy, mewakili rumah produksi MSV Pictures yang tidak dapat hadir. Dalam komentar singkatnya, Fikry Cassidy menyampaikan salam dan terima kasih dari Sutradara Aryanto Yuniawan kepada semua pihak yang mendukung pembuatan film tersebut dan pihak Amsterdam Film Festival atas penghargaan tersebut.
Film ini mengisahkan pengalaman Musa, seorang penyemir sepatu berusia 13 tahun, yang berkenalan dengan Yumna, seorang Jepang. Yumna akhirnya mengetahui peran penting Musa dalam perang melawan Jepang, dan harus menentukan sikapnya.
Diharapkan pesan yang menjiwai film ini dapat menjangkau dan menyentuh penonton di berbagai belahan dunia dan membawa perdamaian. Disampaikan pula harapan Kedutaan Besar Den Haag agar kemenangan ini menjadi pemicu bagi para sineas Indonesia untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas karya-karya mereka di masa datang.

Dengan kemenangan di IFF Amsterdam tahun ini, film tersebut berarti telah berhasil menggondol 24 penghargaan internasional termasuk di berbagai festival film internasional antara lain di Hollywood International Moving Pictures Film Festival 2018, The Golden Nike Awards Film Festival 2018 – London, European Cinematography Award 2018 – Warsawa, dan Alternative Film Festival 2018 – Toronto, Canada.

Sumber: kemlu.go.id (19/08/18), filmfestinternational.com

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: