Lanjut ke konten

Yafi Amri: Siswa MAN 1 Pekanbaru Raih Juara Kompetisi Astronomi Internasional 2020

Juli 30, 2020

Yafi Amri, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Pekanbaru mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil menyabet juara 2 di ajang International Astronomy and Astrophysics Competition (IAAC) 2020. Berada di kategori yunior, Yafi bersaing dengan rekannya sesama pelajar sekolah menengah atas dari 74 negara di dunia dalam kompetisi yang digelar dalam jaringan itu.

Pengumuman final kompetisi itu disiarkan pada 27 Juli 2020. Para pemenang juara 1, 2, dan 3 untuk kategori yunior (kurang dari 18 tahun) maupun pemuda (lebih dari 18 tahun) sama yakni masing-masing memperoleh uang $ 150, 100 dan 50. Selain sertifikat dan kesempatan menjadi duta resmi IAAC.

Pelajar kelas XII Mia Smart Cendikia (MSC) 2 MAN 1 Pekanbaru ini adalah satu-satunya peserta asal Indonesia di kompetisi itu. “Alhamdulillah, kita bersyukur. Keberhasilan Yafi Amri ini menjadi bukti tidak lunturnya semangat siswa untuk belajar di tengah pandemi covid-19,” ujar Kepala MAN 1 Pekanbaru, Marzuki,

“Dengan melewati tiga babak, babak penyisihan, pre final dan final, akhirnya anak kita Yafi Amri berhasil meraih juara 2 Internasional Award pada kompetisi yang diadakan oleh lembaga IAAC Space,” ungkap Marzuki penuh rasa bangga dan haru.

Guru pendamping, Khairul Muni, menyampaikan Yafi telah mulai berkompetisi dengan menjalani babak penyisihan sejak Mei 2020. Pengumuman lolos dari babak penyisihan diumumkan 25 Mei dan berlanjut ke ke babak pre final. Babak pre final diumumkan 29 Juni dan pengumuman final pada 27 Juli.

Dengan prestasinya sebagai juara 2 IAAC Edition of 2020, Yafi pun berhak mendapatkan penghargaan sertifikat Internasional dan uang tunai USD 100.

“Alhamdulillah Yafi Amri merupakan satu-satunya siswa utusan Indonesia yang bisa lolos pada babak final dengan berhasil meraih juara 2 setelah juara 1 dari India dan Pakistan,” kata Khairul. Dia menambahkan, “Semoga ini menjadi motivasi bagi siswa madrasah untuk terus berprestasi di ajang nasional dan internasional.” 

Sumber: tempo.co, moeslimchoice.com (30/07/20)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: