Skip to content

Buku Inspirasi

101-inspirasi-muda-indonesia101 Inspirasi Muda Indonesia

Penulis: Mappesangka Mustafa & Hendi Suaeb
Penerbit: Metagraf

Di balik berita negatif yang berlalu lalang, ternyata banyak potensi yang dimiliki dan juga prestasi yang diraih anak bangsa ini. Buku ini menampilkan kisah 101 anak muda Indonesia yang berprestasi dan menginspirasi di berbagai bidang, seperti seni, olahraga, sosial, akademik, bisnis, serta sains dan teknologi.

Sejumlah kisah memperlihatkan bahwa hal yang kecil bisa menjadi ide kreatif yang berguna bagi banyak orang. Sesuatu yang berawal dari keisengan bisa menjadi bidang yang ditekuni dan menghasilkan prestasi yang membanggakan. Begitu pula, keprihatinan dapat menimbulkan gagasan dan aktivitas yang membawa seseorang menjadi lebih berani, kuat, bersemangat, dan berhasil.

Sebuah sumber inspirasi bagi generasi muda untuk terus maju dan berkarya.

Daftar isi lihat

Dapatkan bukunya di toko buku Gramedia atau di online store Tokopedia, BukalapakParcelBuku, JendelaBook, PriceZa, Jualo, TigaSerangkai.

“Makasih gan, anak2 d asrama pada suka sama cerita2nya. menginspirasi.”

abdul hayyi Bukalapak, 06 September 2016.

“Assalamualaikum wr wb …

Terima kasih banyak pak, atas buku yg telah bapak buat, ini sangat menginspirasi saya untuk terus maju dan maju….bahwa anak Indonesia itu nggak kalah sama anak-anak dari luar negri. Saya tunggu keluaran buku bapak terbaru.”
Alim Murozak. jaguarkimprung@gmail.com. 11 Januari 2018.
*Royalti buku disumbangkan untuk pendidikan anak yatim, tak mampu.

Resensi

resensi-buku-101-inspirasi-muda-indonesia-dr-unair-crp

Indonesia sebagai negara yang berkembang, memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang sangat potensial. Banyak potensi dan prestasi anak bangsa yang membanggakan di dunia internasional. Namun sayang, berita baik tentang keunggulan bangsa ini tidak dapat dikelola dengan baik sehingga negara kita lebih dikenal dengan berita-berita negatif, seperti kasus korupsi, teroris serta hal buruk lainnya. Melihat fenomena tersebut, salah satu penulis Indonesia mencoba menuangkannya dalam sebuah karya apik yang layak dibaca kaum muda.

Buku yang berjudul 101 Inspirasi Muda Indonesia ini memberikan gambaran tentang 101 anak muda yang berprestasi dan  menginspirasi dalam berbagai bidang seni, olah raga, akademik, bisnis, sains, dan teknologi. Melalui karyanya anak muda tersebut mengharumkan bangsa. Salah satu cerita yang ditulis oleh Mappesangka Mustafa berkisah tentang anak muda berprestasi yang memperlihatkan, bahwa dari hal yang kecil dan terlihat remeh di sekitar kita bisa menjadi ide kreativitas yang berguna bagi banyak orang dan mengharumkan nama Indonesia di mancanegara. Ada juga, berawal dari keisengan atau sekadar diajak orang lain bisa menjadi bidang yang ditekuni dan menghasilkan prestasi membanggakan. Dari hal ketidaksengajaan atau keprihatinan dapat juga menimbulkan gagasan dan aktivitas yang membawa seseorang jadi lebih berani, kuat, bersemangat, dan berhasil dalam usahanya dan masih banyak lagi kisah lain terungkap di dalamnya.

Bahasa yang digunakan dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang dapat dipahami langsung oleh pembaca. Keunggulan dalam buku ini adalah tidak hanya menyajikan pengetahuan teoritis namun juga pengalaman anak muda yang dapat menginspirasi dan memotivasi anak muda  Indonesia. Buku ini dikemas secara menarik karena banyak manfaat dari kisah anak muda yang berprestasi. Dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kaum muda untuk terus maju dan berkarya. Buku dapat diperoleh di bagian Koleksi Khusus 1 Perpustakaan UNAIR Kampus B. Selamat Membaca.

Sumber

Dalam “Resah”-nya Muhammad Irfan Ilmy

“Dari dulu tema bacaan yang saya senangi selain sastra adalah biografi orang-orang yang telah berhasil menaklukan kepurukan dalam hidupnya. Buku biografi cukup tebal yang saya lahap sampai habis adalah buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Itu juga karena terpengaruh iklan di TV tentang buku itu. Sampai sekarang belum ada lagi biografi utuh seperti itu yang saya baca walau bukunya sudah ada di kamar kosan: biografi pak Habibie dan Einstein.

Sementara untuk biografi atau lebih tepat disebut profil karena tulisannya pendek dan bisa habis dibaca dalam sekali duduk cukup banyak yang sudah dibaca. Bahkan saya sempat beli—dan Alhamdulillah sudah beres dibaca—buku 101 Young CEO karya mas Ilman Akbar. Buku yang berisi profil singkat anak-anak muda yang memiliki bisnis dan sukses di usia di bawah 30 tahun. Selanjutnya buku 101 Inspirasi Muda Indonesia karya Mappesangka Mustafa & Hendi Suaeb yang berisikan profil-profil anak muda Indonesia yang prestasinya mengharumkan bangsa baik di kancah Nasional maupun Internasional. Buku ini belum beres saya baca, sedikit lagi nyaris rampung. Beberapa profil lain saya baca di setiap halaman terakhir buku. Dan ini sudah menjadi semacam kebiasaan.”

Sumber

Berani Berproses, Berani untuk Maju

Buku “101 Inspirasi muda Indonesia” menceritakan tentang para pemuda Indonesia yang bisa menjadi inspirasi baru bagi pembacanya. Buku ini tidak hanya menuliskan tentang para  pengusaha muda, desainer muda tetapi juga menuliskan beberapa olahragawan muda asal Indonesia. Kali ini aku akan meresensi sedikit tentang buku ini, terutama tentang atlet berprestasi Indonesia.

Sang penulis yaitu Hendi Suaeb dan Mappesangka Mustafa menulis buku ini  karena ingin mengajak kaum muda, para pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa, untuk tiada kenal lelah terus berupaya membukukan prestasi. Hendi Suaeb adalah seorang editor, fotografer, copywriter, dan media consultant. Mappesangka Mustafa sendiri adalah admin dari blog Indonesia Proud yang memuat berbagai tulisan tentang kekayaan sumber daya negeri, prestasi anak bangsa, dan hal-hal positif mengenai negeri ini.

Buku ini juga sebuah sumber inspirasi bagi generasi muda untuk terus maju dan berkarya. Setelah aku membaca beberapa bagian dari buku tentang pemuda/pemudi ini, rasanya aku ingin membaca seluruh isinya. Menurutku buku ini akan berguna dan wajib dibaca oleh para anak sekolah, atlet, dan pemuda Indonesia. Ada beberapa hal menarik dalam buku ini, salah satunya adalah, tulisan tentang olahragawan. Aku jarang menemukan buku yang bercerita tentang atlet Indonesia dan olahraga yang digelutinya, seperti catur, wushu, dan sepakbola, badminton, dan panahan.

Dibuku ini penulis membahas tentang 3 atlet asal Indonesia yang sudah mendunia. Salah satunya adalah Hanif Sjahbandi. Hanif adalah salah satu pemain ternaik di Asean football federation (AFF). Hanif Sjahbandi pernah mendapat kesempatan untuk datang ke markas Manchester United (MU) dan kursus sepak bola di Manchaster United Soccer School. Saat berlatih di MU Hanif pernah menjadi pemain yang paling menonjol diantara “The red devils junior” dari berbagai negara yang berlatih di Manchaster United Soccer School, dan juga pernah menjadi pemain terbaik di Manchester United Soccer School.

Selain olahraga sepak bola yang sudah terkenal sejak lama, Indonesia juga memiliki atlit wushu yang sudah mendunia, yaitu Lindswell Kwok. Lindswell Kwok adalah atlit wushu yang sering menjuarai berbagai kompetisi internasional, seperti World Wushu Championship (WWC), dan World junior Wushu Championship (WJWC). Di WWC ia mendapat medali emas dan perunggu, sedangkan di perlombaan WJWC ia mendapat medali perunggu. Lindswell Kwok juga pernah diajak menjadi bintang iklan & memainkan sebuah film, tetapi ia tidak mau karena ia merasa jiwanya ada di olahraga wushu.

Tulisan lainnya dibuku ini yang juga menginspirasi yaitu yaitu seorang atlit catur, Irene Kharisma Sukandar. Irene yang pernah masuk sekolah catur Ututadianto (SCUA), diumur 9 tahun. Ia mendapat gelar Master Percasi (MP) dan berhasil merebut gelar “Master Fide Wanita (MFW)”. Irene juga pernah mendapat medali emas di internasional chess rapid dan internasional chess blitz di Sea Games 2013. Begitu pula di Australia women’s master (tahun 2014), Asian continental chess (tahun 2013) & Moscow open ia berhasil mendapat juara 1.

Menurutku buku ini akan sangat berguna untuk menyemangati para atlit muda seperti aku agar selalu berusaha, semangat latihan, dan pantang menyerah untuk mencapai cita-cita yang diimpikan. Aku jadi lebih berani untuk berproses menjadi lebih baik, apapun tantangan yang akan aku temukan. Semua cerita dalam buku ini adalah kisah nyata, dan buku ini sangat menginspirasi untuk dibaca.

Terimakasih sudah membaca review buku pertamaku, yaitu buku “101 Inspirasi muda Indonesia” 🙂

Sumber

Menyerap Inspirasi dari Tunas-tunas Muda Indonesia

menyerap inspirasi 101 tunas muda indonesiaPertama kali tertarik untuk membeli buku yang ditulis Mappesangka Mustafa & Hendi Suaeb ini ketika saya melihat postingan instagram kang Panji Aziz Pratama. Ia merupakan founder Istana Belajar Anak Banten. Sebelumnya saya pernah mengikuti sebuah sharing yang alumnus Program Studi Kesejahteraan Sosial UNPAD angkatan 2012 ini sebagai salah satu speaker nya. Lalu saya tertarik untuk membaca profil kang Panji di buku bercover warna putih tersebut.

Beberapa kali saya seakan dipanggil oleh sebuah buku agar membeli dan membacanya dengan segera. Dari beberapa buku itu, buku ini pun menjadi salah satu buku yang menarik saya agar bisa segera dipinang dari toko buku dan membacanya hingga habis.

Belakangan, saya memang mendapatkan inspirasi yang tak sedikit dari buku ini. Selain menemukan poin inspirasi dari sekilas perjalanan singkat seorang Panji Aziz dengan gerakan pendidikan yang digagasnya di Banten, saya pun mendapat banyak sumber penggerak lain dari profil dan spirit yang didapat dari anak-anak muda Indonesia lainnya.

Tidak salah rasanya memasukkan buku ini dalam daftar deretan buku yang harus dibeli dan dibaca. Bahasa yang digunakan sangat ringan sehingga memungkinkan untuk dibaca dalam waktu yang singkat. Sangat cocok dijadikan teman duduk atau bepergian sebagai penghilang rasa bosan.

Inspirasi karya anak-anak muda Indonesia di dalam buku ini menunjukkan kepantasan kita untuk berbangga menjadi bagian darinya. Bukannya berpikir untuk menjadi bagian dari orang-orang yang tiap hari melayangkan caci kepada Indonesia, lewat membaca buku ini kita akan disadarkan ternyata masih banyak tunas-tunas muda Indonesia yang kelak bisa diandalkan.

Motivasi dari penulis berkaitan dengan penyusunan buku ini pun yaitu semangat untuk mengabarkan kepada kita bahwa Indonesia memang layak dibanggakan. “Tiada lain tujuan kami menampilkan kisah 101 anak bangsa yang berprestasi ini adalah sebagai upaya kecil kami untuk terus menyuarakan atau mungkin lebih tepatnya meneriakkan bahwa “Indonesia masih ada!” Indonesia masih memiliki ribuan atau bahkan jutaan anak muda yang berprestasi dalam berbagai bidang, dan merekalah para pemimpin masa depan Indonesia” (halaman 16).

Saya sendiri berkali-kali tertampar saat sampai di profil generasi muda yang di usia bahkan di bawah saya ternyata sudah berbuat banyak bagi bangsanya lewat berbagai penghargaan di kancah nasional maupun internasional.

Saya betul-betul merasa sangat inferior dari mereka yang telah menyumbangkan wangi semerbak bagi Indonesia. Sementara saya? Butuh upaya maksimal untuk turut serta pula memberi meski hanya setitik wangi itu. Jalan panjang masih harus ditempuhi. Saya baru di tahap persiapan hendak berjalan, sementara mereka sudah berada di jarak yang jauh.

Sebut saja ada Arif Setiawan yang memperoleh gelar doktor dari Universitas of Tokushima, Jepang yang berarti pula ia dinobatkan sebagai doktor termuda di Indonesia. Dari bidang penemuan ada Dewi Ratih Ayu Daning yang mengubah ampas teh hitam sebagai agen defaunasi untuk mengurangi gas metana yang terkandung dalam kotoran sapi, kerbau, dan kambing. Di mana polutan yang dihasilkan dari kotoran itu memang menyumbang sekian persen bagi rusaknya lapisan ozon.

Dari bidang olahraga catur ada Media Warda Aulia yang mendapat gelar grand master catur perempuan termuda di Indonesia pada usia 16 tahun 2 bulan. Ada pula Muhammad Alfatih Timur (co-founder Kitabisa.com) yang menjadi orang penting di balik website patungan nasional ini. Lewat Kitabisa.com banyak sekali pihak yang terbantu karena mendapatkan dana bantuan dengan waktu relatif singkat. Ini pula yang membawanya diganjar sebagai salah satu dari 30 anak muda berprestasi dan berpengaruh versi Forbes Asia. Dan profil anak-anak muda lain dengan pencapaian di bidang yang ditekuninya masing-masing seperti seni, entrepreneur, riset, pengabdian, dan lain-lain.

Belilah buku ini di toko buku terdekat atau bisa juga via online lalu baca sembari juga resapi dengan penuh kekhusyukan. Saya merekomendasikan karena memang mendapatkan manfaat yang sungguh banyak dari buku ini. Terakhir, selamat menyelami hal-hal inspiratif dan bersiaplah tercengang serta persiapkan diri anda juga untuk menjadi pribadi yang penuh karya serta bermanfaat.

Sumber

Di Acara Kick Andy

Buku 101 Inspirasi Muda Indonesia dibagikan di acara Kick Andy Metro TV pada 26 Mei 2017 dengan tema “NKRI Harga Mati.”

Donasi Royalti

Alhamdulillah…Royalti dari buku 101 Inspirasi Muda Indonesia sebesar Rp962.900 telah didonasikan ke Satria Foundation – Sedekah Pendidikan Yatim a.n Anom Suroto pada 2 Februari 2017. Donasi langsung dikirim dari penerbit untuk yayasan pendidikan yatim tersebut. Semoga bermanfaat dan berkah.

%d blogger menyukai ini: