Lanjut ke konten

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Raih PATA Gold Awards 2011

Maret 24, 2011

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) memenangi kompetisi internasional dan meraih penghargaan kategori ”Heritage” dari PATA Gold Awards tahun 2011. Tata kelola PT TWC dinilai baik, tidak hanya mengelola kawasan candi, tetapi juga lingkungan permukiman sekitar candi, seperti membuat desa wisata.

”Penilaiannya dari semua aspek hingga pengaturan penjual asongan,” kata Presiden Direktur PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Purnomo Siswoprasetjo di Jakarta.

Penghargaan tahun 2011 diikuti 223 masukan dari 102 organisasi, lembaga pemerintah, swasta, dan profesional seluruh dunia. Penghargaan akan diberikan saat Konferensi PATA di Beijing, China, pada 11 April 2011. Para pemenang Gold Winner akan dipromosikan dalam ”PATA Gold Award Winner’s Showcase Booklet 2011”.

Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar berharap penghargaan itu akan menaikkan jumlah wisatawan dalam dan luar negeri. Pada tahun 2010 jumlah wisatawan ke tiga candi itu mencapai 3,7 juta orang, yaitu Borobudur 2,45 juta orang, Prambanan 1,2 juta orang, dan Boko 100.000 orang.

Purnomo menilai sebagian besar candi di Indonesia tidak dikelola dengan baik. Padahal, tata kelola candi membutuhkan profesionalitas, kesinambungan, dan perhatian yang fokus. Untuk itu perlu lembaga khusus yang khusus menangani konservasi candi, seperti PT TWC. ”Jangan hanya ditangani oleh pemerintah daerah,” katanya.

Sumber: Kompas

One Comment leave one →
  1. ahmadi permalink
    Mei 13, 2012 11:35 pm

    Mau tanya, sekolah kami mau kemah ke taman wisata prambanan. untuk sewa lokasinya berapa?

Tinggalkan komentar