Skip to content

Peter Firmansyah: Lewat Petersaysdenim Menembus Dunia

April 26, 2010

Sewaktu masih duduk di bangku SMA, Peter Firmansyah, pria kelahiran Sumedang 4 Februari 1984, terbiasa mengubek-ubek tumpukan baju di pedagang kaki lima. Kini, ia adalah pemilik usaha yang memproduksi busana yang sudah diekspor ke beberapa negara.

Tak butuh waktu relatif lama. Semua itu mampu dicapai Peter hanya dalam waktu 1,5 tahun sejak ia membuka usahanya pada November 2008. Kini, jins, kaus, dan topi yang menggunakan merek Petersaysdenim, bahkan, dikenakan para personel kelompok musik di luar negeri.

Sejumlah kelompok musik itu seperti Of Mice & Man, We Shot The Moon, dan Before Their Eyes, dari Amerika Serikat, I am Committing A Sin, dan Silverstein dari Kanada, serta Not Called Jinx dari Jerman sudah mengenal produksi Peter. Para personel kelompok musik itu bertubi-tubi menyampaikan pujiannya dalam situs Petersaysdenim.

Pada situs-situs internet kelompok musik itu, label Petersaysdenim juga tercantum sebagai sponsor. Petersaysdenim pun bersanding dengan merek-merek kelas dunia yang menjadi sponsor, seperti Gibson, Fender, Peavey, dan Macbeth.

Peter memasang harga jins mulai Rp 385.000, topi mulai Rp 200.000, tas mulai Rp 235.000, dan kaus mulai Rp 200.000. Hasrat Peter terhadap busana bermutu tumbuh saat ia masih SMA. Peter yang lalu menjadi pegawai toko pada tahun 2003 kenal dengan banyak konsumennya dari kalangan berada dan sering kumpul-kumpul. Ia kerap melihat teman-temannya mengenakan busana mahal.

”Saya hanya bisa menahan keinginan punya baju bagus. Mereka juga sering ke kelab, mabuk, dan ngebut pakai mobil, tapi saya tidak ikutan. Lagi pula, duit dari mana,” ujarnya.

Peter melihat, mereka tampak bangga, bahkan sombong dengan baju, celana, dan sepatu yang mereka dipakai. Harga celana jins saja, misalnya, bisa Rp 3 juta. ”Perasaan bangga seperti itulah yang ingin saya munculkan kalau konsumen mengenakan busana produk saya,” ujarnya.

Peter kecil akrab dengan kemiskinan. Sewaktu masih kanak-kanak, perusahaan tempat ayahnya bekerja bangkrut sehingga ayahnya harus bekerja serabutan. Peter pun mengalami masa suram. Orangtuanya harus berutang untuk membeli makanan.

Pernah mereka tak mampu membeli beras sehingga keluarga Peter hanya bergantung pada belas kasihan kerabatnya. ”Waktu itu kondisi ekonomi keluarga sangat sulit. Saya masih duduk di bangku SMP Al Ma’soem, Kabupaten Bandung,” kata Peter.

Sewaktu masih SMA, Peter terbiasa pergi ke kawasan perdagangan pakaian di Cibadak, yang oleh warga Bandung di pelesetkan sebagai Cimol alias Cibadak Mall, Bandung. Di kawasan itu dia berupaya mendapatkan produk bermerek, tetapi murah. Cimol saat ini sudah tidak ada lagi. Dulu terkenal sebagai tempat menjajakan busana yang dijual dalam tumpukan.

Selepas SMA, ia melanjutkan pendidikan ke Universitas Widyatama, Bandung. Namun, biaya masuk perguruan tinggi dirasakan sangat berat, hingga Rp 5 juta. Uang itu pemberian kakeknya sebelum wafat. Tetapi, tak sampai sebulan Peter memutuskan keluar karena kekurangan biaya. Ia berselisih dengan orangtuanya—perselisihan yang sempat disesali Peter—karena sudah menghabiskan biaya besar.

Ia benar-benar memulai usahanya dari nol. Pendapatan selama menjadi pegawai toko disisihkan untuk mengumpulkan modal. Di sela-sela pekerjaannya, ia juga mengerjakan pesanan membuat busana. Dalam sebulan, Peter rata-rata membuat 100 potong jaket, sweter, atau kaus. Keuntungan yang diperoleh antara Rp 10.000- Rp 20.000 per potong.

”Gaji saya hanya sekitar Rp 1 juta per bulan, tetapi hasil dari pekerjaan sampingan bisa mencapai Rp 2 juta, he-he-he…,” kata Peter. Penghasilan sampingan itu ia dapatkan selama dua tahun waktu menjadi pegawai toko hingga 2005.

Pengalaman pahit juga pernah dialami Peter. Pada tahun 2008, misalnya, ia pernah ditipu temannya sendiri yang menyanggupi mengerjakan pesanan senilai Rp 14 juta. Pesanannya tak dikerjakan, sementara uang muka Rp 7 juta dibawa kabur. Pada 2007, Peter juga mengerjakan pesanan jins senilai Rp 30 juta, tetapi pemesan menolak membayar dengan alasan jins itu tak sesuai keinginannya.

”Akhirnya saya terpaksa nombok. Jins dijual murah daripada tidak jadi apa-apa. Tetapi, saya berusaha untuk tidak patah semangat,” ujarnya.

Belajar menjahit, memotong, dan membuat desain juga dilakukan sendiri. Sewaktu masih sekolah di SMA Negeri 1 Cicalengka, Kabupaten Bandung, Peter juga sempat belajar menyablon. Ia berprinsip, siapa pun yang tahu cara membuat pakaian bisa dijadikan guru.

”Saya banyak belajar sejak lima tahun lalu saat sering keliling ke toko, pabrik, atau penjahit,” katanya. Ia juga banyak bertanya cara mengirim produk ke luar negeri. Proses ekspor dipelajari sendiri dengan bertanya ke agen-agen pengiriman paket.

Sejak 2007, Peter sudah sanggup membiayai pendidikan tiga adiknya. Seorang di antaranya sudah lulus dari perguruan tinggi dan bekerja. Peter bertekad mendorong dua adiknya yang lain untuk menyelesaikan pendidikan jenjang sarjana. Ia, bahkan, bisa membelikan mobil untuk orangtuanya dan merenovasi rumah mereka di Jalan Padasuka, Bandung.

”Kerja keras dan doa orangtua, kedua faktor itulah yang mendorong saya bisa sukses. Saya memang ingin membuat senang orangtua,” katanya. Jika dananya sudah mencukupi, ia ingin orangtuanya juga bisa menunaikan ibadah haji.

Meski kuliahnya tak rampung, Peter kini sering mengisi seminar-seminar di kampus. Ia ingin memberikan semangat kepada mereka yang berniat membuka usaha. ”Mau anak kuli, buruh, atau petani, kalau punya keinginan dan bekerja keras, pasti ada jalan seperti saya menjalankan usaha ini,” ujarnya.

Merek Petersaysdenim berasal dari Peter Says Sorry, nama kelompok musik. Posisi Peter dalam kelompok musik itu sebagai vokalis. ”Saya sebenarnya bingung mencari nama. Ya, sudah karena saya menjual produk denim, nama mereknya jadi Petersaysdenim,” ujarnya tertawa.

Peter memanfaatkan fungsi jejaring sosial di internet, seperti Facebook, Twitter, dan surat elektronik untuk promosi dan berkomunikasi dengan pengguna Petersaysdenim. ”Juli nanti saya rencana mau ke Kanada untuk bisnis. Teman-teman musisi di sana mau ketemu,” katanya.

Akan tetapi, ajakan bertemu itu baru dipenuhi jika urusan bisnis selesai. Ajakan itu juga bukan main-main karena Peter diperbolehkan ikut berkeliling tur dengan bus khusus mereka. Personel kelompok musik lainnya menuturkan, jika sempat berkunjung ke Indonesia ia sangat ingin bertemu Peter. Ia melebarkan sayap bisnis untuk memperlihatkan eksistensi Petersaysdenim terhadap konsumen asing.

”Pokoknya, saya mau ’menjajah’ negara-negara lain. Saya ingin tunjukkan bahwa Indonesia, khususnya Bandung, punya produk berkualitas,” ujarnya.

Sumber: Kompas

Untuk kontak, buka situsnya dipetersaysdenim



118 Komentar leave one →
  1. April 26, 2010 11:35 am

    Siiiip, Info Anda OK banget, ayo…lagi, bagi-bagi tips yang lain… Sukses untuk Anda.
    Salam kenal dari http://mobil88.wordpress.com

    • April 26, 2010 11:35 am

      Terima kasih atas komentarnya, salam kenal kembali, dan sukses juga buat Anda!

      • antonio permalink
        Agustus 17, 2013 11:35 pm

        mantabb bro infonya…dah lama ne nyari info kaya gini,maju terus produk indonesia,thank a lot indonesiaproud….thanks om firmansyah…

  2. rheksa permalink
    Mei 28, 2010 11:35 am

    Keren bgt koleksinya. Tertarik ni bwt kerja sama. Gmn ya caranya? Saya jg tinggal di bandung dan jrang bgt tu liat ada yg pke tees tw prduk psd. Knp g bka store ndiri aj? krena jrang itu sya pgn bgt krjasama ni

  3. Mei 29, 2010 11:35 am

    Rheksa yang baik… Coba anda mampir ke Jl. Cihegar Beunying III no. 9, Bandung 40191.
    Kontak di telp. (022) 2501364, o812 2165 7223. E-mail ke petersaysdenim@yahoo.com atau petersaysdenim@live.com. Sukses buat anda!

  4. Agustus 14, 2010 11:35 am

    Peter emang punya bakat dagang yang bagus ya 🙂
    go peter, harumin nama indonesia 🙂 !

  5. fenta permalink
    Oktober 21, 2010 11:35 am

    Boss… kalo mau cari produk PSD di Palembang ada gak?

    • Oktober 21, 2010 11:35 am

      Coba kontak PSD… Kalo gak ada, berarti ada peluang utk jadi buka cabang PSD di Palembang 😉

  6. Bayu permalink
    Desember 31, 2010 11:35 am

    Pengen banget kerja sama nih, saya pengen buka Distro PeterSaysDenim di Jakarta, karena saya rasa di Jakarta masih jarang atau mungkin belom ada yang buka distro Brand kelas atas seperti ini , setau saya cuma ada di BUZZARD Rock Indusries – Kemang Pratama Bekasi dan di STIGMATA bandung .. kira” bagaimana ya pendapatnya?

  7. rizal permalink
    Februari 22, 2011 11:35 pm

    Saya mau ambil barang psd gmna caranya?

  8. WOG permalink
    Maret 7, 2011 11:35 pm

    Kagum saya dengan petesaysdenim. Orang seperti dia yang patut kita contoh. 😀

  9. tajib permalink
    Maret 16, 2011 11:35 pm

    Mantap gan inpohnya. Smoga menjadi inspirasi untuk anak muda zaman sekarang.

  10. adi wahyu anugrah permalink
    Maret 18, 2011 11:35 pm

    Bos, saya mau mencoba jualan PSD di kawasan Jombang, Jawa Timur… bisa nggak ya? Kalau bisa bagaimana caranya? Terima kasih.

  11. BINTANG PRAYOGA permalink
    Maret 24, 2011 11:35 am

    PETER is a kick ass entrepreneur !! one of indonesia’s hero !! yeaa!

  12. agus permalink
    April 9, 2011 11:35 am

    Bos psd di bandung di mana?

    • April 9, 2011 11:35 am

      Agus mampir aja ke Jl. Cihegar Beunying III no. 9, Bandung 40191.

      • zakasy maeza permalink
        Februari 4, 2012 11:35 pm

        Om petersaydenim
        Aku pengen sekali koleksi
        Barang” PSD,
        Di jaya pura papua, ada PSD gak

  13. April 19, 2011 11:35 am

    Waah AWESOME buat Ka- Peter Firmansyah gue baru tau ternyata produk PSD yang selama ini saya pake itu buatan anak Indonesia, gue salut bgt sm Peter, dr titik nol smpai sekrg mendunia dia tetep optimis, gue kasih 5 jempol lah, xixixi
    Makasih juga infonya dr blog ini, sifat saya jgn di contoh ya, “memakai produk bagus2 tanpa melihat sejarah yang membuat” hahaa harusnya kita bangga jadi ANAK INDONESIA. haha

  14. nitra aria mandala permalink
    April 25, 2011 11:35 am

    Mas…fitur barang2 petersaysdenim bagus2, tapi sayang di Malang gak lengkap kayak di catalog psd. tuw kain celanax pake bahan pa kok enak bngt mas? kagum ma kapan2 tak maen Cihegar wkt ke rumah kakakku.
    Gak rugi beli petersaydenim. Juara barang2nya.

  15. MIUPIU APPAREL PROJECT permalink
    Mei 11, 2011 11:35 pm

    LUAR BIASA BUAT PETER!! Insting bisnisnya memang jempolan. Karena saya juga sedang merintis bisnis clothing, minta bantuan info, bagaimana cara awal Peter melobby band luar negeri? sistem royalty atau apa? Terimakasih

  16. hiro ruzty permalink
    Mei 12, 2011 11:35 am

    U are so *awesome* peter !!

  17. Juni 12, 2011 11:35 pm

    Wah ceritanya menginspirasi 🙂

  18. Juni 21, 2011 11:35 pm

    Wah bikin inspirasi to …moga tambah booming lagi 🙂

  19. Rana ragajimesin permalink
    Juli 6, 2011 11:35 am

    Mantap Peter, saya sangat salut dan ikut bangga

  20. Juli 6, 2011 11:35 pm

    Kisah perjalanan hidup yang sangat inspiratif

  21. murpy yeah !!! permalink
    Juli 7, 2011 11:35 am

    PeterSaysDenim emang ok ok…………………

  22. baehaqi outsiders bandung permalink
    Juli 26, 2011 11:35 am

    PeterSaysDenim Distro yang membuatku berpaling dari merk surf, like ripcurl,volcom and oakley. moga PSD bisa menjamur ke seluruh antero duniaaaa like them, keep rock’in guys and always innovative with your product. Gooooo

  23. Agustus 4, 2011 11:35 am

    Wah… keren. Saya baru tahu merek PSD buatan anak Indonesia yang kreatif. Keren deh desainnya juga.

  24. pandu permalink
    Agustus 18, 2011 11:35 pm

    psd di jakarta ada gak?

  25. Fauzi permalink
    Agustus 25, 2011 11:35 am

    Mas bro, buka cabang di Solo dong. Ada komunitas skater, parkour, dan biker. Ada banyak event di Solo.

  26. Marlon permalink
    September 1, 2011 11:35 pm

    Gan di Solo ada gak counter PSD? Kalo gak ada, kelihatannya ada pluang buat buka PSD d’Solo.

  27. damayanti permalink
    September 17, 2011 11:35 am

    Di Jakarta ada outletnya gak, di mana ya?

  28. nasution permalink
    September 22, 2011 11:35 am

    Bangga liat bang Peter, ini bisa menjadi motivasi buat anak bangsa, bahwasanya mau berhasil harus dengan kerja keras, dan tidak patah semangat.

  29. Afran permalink
    September 24, 2011 11:35 am

    Terima kasih atas infonya, terutama kpd PETER yg telah menginspirasi saya & menjadi motivasi, krn kini saya akan membuat usaha busana juga (tahun ini). mohon do’a restunya ya utk semua!

  30. HANDIKA APRILIANTO permalink
    September 30, 2011 11:35 pm

    Bang PETER, ad PSD yg di surabaya gak? Kalo ada di mana alamatnya, tp klok gak ada yang di Bandung di mana alamatnya, mohon untuk di balas, trim.

  31. vian permalink
    Oktober 3, 2011 11:35 am

    Di Jakarta ada ga sih tokonya?

  32. agus purwanto permalink
    Oktober 7, 2011 11:35 am

    Say salut gan. Hueebat!

  33. Oktober 14, 2011 11:35 pm

    sukses terus bang peter,,

  34. Oktober 19, 2011 11:35 am

    Mantap, ikut terinspirasi. maju terus brand lokal.

    • Oktober 26, 2011 11:35 am

      Bos, kalo mau psan bisa gak? Aku mau lihat foto” barang yg mau dijual upload ke’fb aku bisa gak bos?

    • dany Mc Provider permalink
      Desember 28, 2011 11:35 pm

      Gas terusss…!!!

  35. gina permalink
    Oktober 31, 2011 11:35 am

    Wirausaha emang asik… Ga terikat waktu, but what I have to choose.
    Masih takut ambil resiko.

  36. hasan permalink
    November 2, 2011 11:35 pm

    Bang kalau mau dapet member PSD dari mana ya… Tolong bales ya soalya saya ngebet banget sama PSD barangnya keren-keren topcer deh dan yg mkai grup band papan atas. Tolong bales ya bang…:)

    • November 3, 2011 11:35 am

      Coba Hasan hubungi atau datang langsung ke:
      Petersaysdenim
      Jl.Sido Mulyo No.25
      Sukaluyu – Cibeunying Kaler
      bandung 40123 west java
      INDONESIA
      phone:(022) 2501662
      TEXT to: 081221657223
      facebook: id-id.facebook.com/petersaysdenim
      twitter: twitter.com/petersaysdenim atau @petersaysdenim

  37. November 4, 2011 11:35 pm

    Saya tinggal di denpasar saya minat jadi reseller psd di Bali

  38. November 13, 2011 11:35 am

    boz kalo via online gimana caranya yah ..????

  39. Gust dhe permalink
    Januari 4, 2012 11:35 pm

    Slm knl sy Gus dhe dari Bali,sy ngfans bngt sm PSD tpi di Bali msh jrng ad PSD low blh twu di Bali ad distrony khusus p lum? alna msh sush nyrinya? oy salut sm PSD bs sponsori band2 dunia slh stuny band yg sy suka CAPTAIN CHUNK. PSD top bngt…

  40. Gust dhe permalink
    Januari 5, 2012 11:35 pm

    K’k Peter kpn lg nie ada acra PsD di Bali?

  41. dhany ba'e permalink
    Januari 6, 2012 11:35 pm

    Wah…kayaqnya harus dipatut ne dari kerja kerasnya ini akang. Bisa bagi tipsnya ga? Soalnya gw juga tertarik buat usaha clothing.

  42. Suryanatha permalink
    Januari 19, 2012 11:35 pm

    saya juga mau dong jadi agen buat jualin barang” psd di Bali, mumpung banyak yang tertarik sama psd, gimana caranya?

  43. Aria Wiguna (Ateng Soberdjo) permalink
    Januari 21, 2012 11:35 pm

    Salut Bang Peter. Semoga saya juga bisa menciptakan merek clothings yang berkualitas seperti punya Bang Peter hehehe…

  44. MUAMMAR TAQWA JAZULI permalink
    Januari 28, 2012 11:35 am

    ada g agen di makassar ?, klo memang g ada boleh donk nyalonin jg agen psd di makassar, trus syaratx apa ja y ?.

  45. herry andhika permalink
    Februari 4, 2012 11:35 am

    wahhh saya suka dengan produk anda, lagian cintailah produk negri kita sendiri dong, selamat ya mas

  46. Februari 16, 2012 11:35 pm

    Kapan produknya tembus ke kota palu . .

  47. Februari 24, 2012 11:35 pm

    Wah bisa gbung gx nii ?
    Cikampek gii musim PSD , saya punt m.gunakan PSD pda bju s.hri2 , v sya ingint bka distro.na , izin gbung boleh gx ka peter ?

  48. andri permalink
    Februari 27, 2012 11:35 am

    punten badhe narosken barang PSD di daerah jogja entos aya teu acan?

  49. Februari 28, 2012 11:35 pm

    gak bisa berkata-kata, desainnya tuh keren semua ter,
    hahaha terus lanjutkan, gua dan teman-teman gua suka bgt baju-bajunyaa..
    sukses selalu yaah ter..

  50. ajak permalink
    Maret 3, 2012 11:35 pm

    luar biasa sukses berat kawan!! bagi-bagi donk ilmunya hehee..

  51. blues permalink
    Maret 13, 2012 11:35 pm

    JENIUS!!!

  52. April 6, 2012 11:35 am

    AWESOME!!!! \(>O<)/

  53. Mei 15, 2012 11:35 am

    sangat menginspirasi,, awesome!!!

  54. gendut 69 permalink
    Mei 17, 2012 11:35 pm

    PSD jual celana or kemeja buat ukuran XL ga?

  55. dimasarmando permalink
    Juni 2, 2012 11:35 am

    sangat terharu melihat kisah sukses yang dimiliki mas peter firmansyah selaku pemilik peter says denim.jadi ingin share mengenai bisnis apakah bisa minta tolong bantuannya ?
    terima kasih

  56. Juli 2, 2012 11:35 am

    like this pokoknya buat peter…

  57. deva rando permalink
    Juli 28, 2012 11:35 am

    Bos, gmna caranya mau buka cabang psd di kota ane..?

  58. Agustus 1, 2012 11:35 pm

    Memang psd brand top dari indonesia , bangga 😀

  59. Agustus 10, 2012 11:35 pm

    Saluuut 🙂
    bulan depan kita ktmu ya bg Peter

  60. farhan permalink
    Agustus 11, 2012 11:35 am

    Saluutttt bgt tengok bg peter nya!

  61. Agustus 13, 2012 11:35 pm

    Psd jempolan… 😀 designnya mantap, bagi ilmunya donk mas peter?

  62. fawas,qozza permalink
    Agustus 17, 2012 11:35 pm

    Perjuangan yang tak terduga, hasilnya bang Peter gw salut!

  63. maha permalink
    September 13, 2012 11:35 pm

    kalo di bali dmna nyari cloth psd ya?

  64. katamsi permalink
    September 29, 2012 11:35 am

    psd di medan ada gk, lw ada d mana nya distro2 nya sekitar medan ??

  65. ogi Alfian permalink
    Oktober 5, 2012 11:35 pm

    om peter xlo mau tau harga brang yg om pna gmana y cara-y soal-y pen lyat brang-y+hrga-y byar uang gajian sya sisa-n bwt bli bju PSD
    blz y om peter

    😀

  66. hadi permalink
    Oktober 15, 2012 11:35 pm

    psd di tarakan kaltim ada g?

  67. Dana permalink
    Oktober 15, 2012 11:35 pm

    salut bro…jadi inspirasiku

  68. Oktober 24, 2012 11:35 pm

    bos… kalau kita join gimana..mo buka cabang di pekanbaru…

  69. dito permalink
    Oktober 25, 2012 11:35 am

    kalo ingin sharing langsung lewat chat dengan peter gimana?

  70. aldy permalink
    Oktober 31, 2012 11:35 pm

    saya pengen banget buka distro d daerah saya
    pengen bgt bisa kerja sama ma pds
    gmna caranya ya??
    mohon bantuannya

  71. Willdan sevenfold permalink
    November 9, 2012 11:35 am

    Wah produk PSD ada gak di lampung, saya mau beli tapi tidak tahu outletnya di mana….

  72. Bakhar permalink
    November 11, 2012 11:35 am

    Indoneisa PROUD! 🙂

  73. NOPEX permalink
    November 25, 2012 11:35 am

    Tapi sayange banyak baju PSD tiruan sekarang

  74. Januari 14, 2013 11:35 am

    mantap mas bro….Desain Gambar PSD ,,,,OKE Bangett,, kreatif,,,, =D

  75. kinoy permalink
    Januari 17, 2013 11:35 pm

    Hebat…bisa jadi salah satu sumber inspirasi….yang lebih top lagi (Buat Nyenengin Ortu) yang ente jadi motivasi untuk sukses…

  76. Februari 27, 2013 11:35 am

    Mas Saya Mau Kerja Sama Dengan PSD Dengan ONLINE Mau Enggak?

  77. SAGI permalink
    Maret 22, 2013 11:35 pm

    Hatur Nuhun Buat Kg Peter tidak lupa sama almamater SMA Cexo alias SMAN 1 Cicalengka… Sy bangga sma PSD maju terus kang smoga jd brand no 1 didunia…

  78. April 6, 2013 11:35 am

    ternyata buatan anak negeri.. Salut..

  79. April 10, 2013 11:35 am

    bag mau tanya nih jadi liseler gi mana bang

  80. Sandhy permalink
    April 16, 2013 11:35 pm

    Psd keren bgt bisa menembus pasar internasional.. Lanjutkan trz

  81. kumat ibal sugata permalink
    Juni 28, 2013 11:35 pm

    ada pin BB nya gak???
    soal@ mau lihat koleksi@ ne,,,trima ksih!!!

  82. Denny Adheetya permalink
    Agustus 5, 2013 11:35 am

    Saluuut Bgt deech wat Kang Peter….

    Di Daerah Palangkaraya sini masih Jarang Distro PSD , padahal banyak yg Gandrung .Saya Berminat Ini utk reseller nya. …

    Kontek FBku Ya Kang , Pengen Usaha Clothing’an gni..

  83. Agustus 27, 2013 11:35 am

    Peter says Denim emang lagi booming di Bali…

  84. Oktober 3, 2013 11:35 pm

    emang enak sih dipakai. tapi emang sesuai sama harganya bro.
    kalau yang belum coba, dateng langsung aja ke tempatnya aja drpd nanti dapetnya yang KW

  85. Oktober 3, 2013 11:35 pm

    ass……sya dari karawang,berhubung di sini belum ada agen PSD yg ori.jd saya berencana mau buka khususnya untuk PSD,
    dlm belanja sya harus k daerah mn y?soalnya wktu sya cari d peta satelit ngga da tnda” jl.hegar geunying,jd sy belum tw mesti belanja k mn?

  86. Pardin permalink
    November 19, 2013 11:35 am

    excellent!

  87. November 22, 2013 11:35 pm

    salam kenal bang..
    saya orang awam di bidang yang kyak abang tekuni
    saya ingin belajar dari abang bagaimana cara abang bisa seprti sekarang mungkin abang bisa berbagi cerita atau pengalaman abang kepada saya..

    terima kasih (Tyo)
    085954338052

  88. anto permalink
    Oktober 29, 2014 11:35 am

    mas peter, aq dri surabaya
    gimana caranya buat jadi member PSD? pngn usaha clothing nih,tpi blm keturutan.
    trima kasi…

Trackbacks

  1. Petersaysdenim in past! | Yogieadiputrablog
  2. Peter Firmansyah: Lewat Petersaysdenim Menembus Dunia « blessingmystory
  3. Peter Firmansyah: Lewat Petersaysdenim Menembus Dunia | MochRakaDp's Blog
  4. Peter Firmansyah: Lewat Petersaysdenim Menembus Dunia « ordinary blog :)
  5. Petersaysdenim - Facebook Statistics
  6. blog.gospir.us » Peter Firmansyah: Lewat PeterSaysDenim Menembus Dunia
  7. blog.gospir.us » Kisah Sukses Peter Firmansyah lewat Petersaysdenim (PSD)
  8. Peter Says Denim | jokosaputro
  9. Petersaysdenim
  10. Petersaysdenim | jubel888
  11. Peter Firmansyah : IMAscITTelkom
  12. Menulis Seru di ABAC Writing Competition | ABAC Indonesia
  13. Risk Management International – Fashion …> Petersaysdenim made in Indonesia
  14. Tugas ISD II | misteraldoido

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: