Lanjut ke konten

Universitas Terbuka (UT) Raih Sertifikat dari International Council for Open and Distance Education (ICDE)

November 25, 2010

Dalam rangka menjadi world class university, Universitas Terbuka (UT) mendapatkan quality review certificate dari International Council for Open and Distance Education (ICDE) yang diserahkan langsung oleh Sekjen ICDE, Dr. Carl Holmberg di Kampus UT di Pondok Cabe, Tangerang Selatan pada 24 November 2010.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, world class university sebenarnya adalah suatu kondisi yang dicapai oleh satuan tugas pendidikan di perguruan tinggi yang diakui oleh badan dunia yang menjadi contoh untuk ditiru oleh perguruan tinggi lainnya. Apalagi, UT sebagai mega-university dengan mahasiswa mencapai 650 ribu orang, mampu mengembangkan sistem yang memadai.

‘Saya melihat dari para panelis menghargai sistem yang dikembangkan dan kemajuan yang terjadi di UT, sehingga UT ditawarkan untuk dijadikan contoh open university di perguruan tinggi lain di dunia,” ujar Fasli seusai membuka Temu Ilmiah Nasional Guru II/2010 dengan tema ‘Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan yang Berkarakter dan Berbasis Budaya’ di Kampus UT, (24/11).

Sementara Sekjen ICDE, Holmberg menyebutkan, dengan perkembangan yang kini terjadi, banyak permintaan kebutuhan hidup serta banyak model dan sistem pendidikan yang terus berkembang di dunia ini seperti yang dilakukan oleh UT.

”Padahal UT dibandingkan dengan universitas lain termasuk universitas yang masih muda, tapi kemajuannya sistem pendidikannya luar biasa,” pujinya.

ICDE adalah satu-satunya institusi global yang memiliki visi untuk menetapkan dan me-review praktik-praktik pembelajaran jarak jauh. Ia sudah mengembangkan semacam instrumen untuk me-review institusi seperti UT dan intinya untuk melihat kualitasnya.

Holmberg meminta institusi seperti ini membuat laporan evaluasi sendiri atas ragam aspek yang telah ditetapkan oleh mereka. UT sudah menyampaikan evaluasi ini pada bulan Maret lalu setelah itu ICDE membentuk team work kemudian membaca laporan dari UT tersebut.

Tim terdiri dari para peneliti pendidikan jarak jauh dan juga anggota yang punya pengalaman, misalnya para mantan rektor. Menurut Holmberg, hasil report yang diberikan UT sangat menggembirakan.

”UT telah mengalami banyak kemajuan setelah lima tahun lalu. Kini UT semakin maju di banding institusi lain,” tegasnya.

Sumber: Republika

2 Komentar leave one →
  1. November 26, 2010 11:35 pm

    Sebelumnya selamat nech buat UT. Mau tanya sistem pendidikan di UT itu gmn ya??? Kali aja ngerti. Sebelumnya saya ucapkan thanks… Lam kenal.

    • November 29, 2010 11:35 am

      Anda dapat menghubungi kantor UT Pondok Cabe pada alamat berikut:

      Alamat : Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15418, Banten – Indonesia
      Telepon : (021) 7490941 (Hunting), Fax. (021) 7490147 (Bagian Umum)

      atau langsung ke http://layanan.ut.ac.id/

Tinggalkan komentar