Skip to content

Misa Suwarsa: Ahli Supa yang Membuat Bibit Jamur Merang Sendiri

Februari 11, 2011

Misa Suwarsa, yang kini dikenal sebagai ahli ”supa” alias jamur, adalah praktisi mikrobiologi yang juga petani jamur merang di Desa Mekarjati, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang berhasil menciptakan bibit jamur merang sendiri.

Pria kelahiran Depok, 9 April 1959 ini mengenyam pendidikan SD, SMP dan SMA-nya di Depok. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan S1 Teknik Kimia di Universitas Muhammadiyah Jakarta terus melanjutkan di jurusan yang sama untuk S2-nya di ITB.

Misa seperti menjalani konsep Restorasi Meiji, manabu (belajar), maneru (meniru), dan nusumu (mencuri) ilmu pengetahuan dan teknologi. Doktor teknik kimia Institut Teknologi Bandung (1985) ini berhasil menciptakan bibit jamur merang sendiri.

Setelah 30 tahun dia mengembangkan bibit itu, kini mantan pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional itu berhasil menjadi jurig supa (bahasa Sunda) atau hantu jamur. Misa dianggap sebagai ahli atau tukang jamur.

Selain pernah dikucilkan keluarga, ia juga dikucilkan almamater akibat tindakan ”restorasinya” dari ranah intelektual akademis ke pematang sawah. ”Ijazah S-3 hingga kini belum pernah saya pegang karena harus ditebus Rp 200 juta. Saya tidak mau…,” ujar pria yang juga pernah mengambil S3 di Universitas Sorbonne, Perancis ini.

Kisahnya dimulai tahun 1989-an ketika ia memutuskan keluar dari pengajar di ITB dan beralih menjadi petani jamur. ”Saat itu gaji saya sudah Rp 1.920 juta, ketika (nilai satu) dollar AS masih Rp 1.500,” kenangnya.

Keputusannya itu mengundang kemarahan orangtuanya. Ia lalu diusir dari keluarganya di Depok. Hanya dengan bekal Rp 10.000, ia pun harus meninggalkan keluarga besarnya. ”Itu uang dari ibu saya,” kata ayah 2 anak ini.

Misa dianggap intelektual dungu. Dengan bekal uang dan baju seadanya, ia pergi ke Karawang. Daerah lumbung padi ini merupakan kawasan potensial budidaya jamur merang.

Setiba di Karawang, Misa langsung mencari kubung, bekas budidaya jamur yang sudah tidak dipakai di Tanjungpura, perbatasan Karawang-Bekasi. Dia berjalan kaki berkilo-kilometer menyusuri irigasi mencari pemilik kubung untuk meminjamnya.

Hari sudah malam setiba di dekat kubung. ”Saya tidur di kandang kambing karena petani ini anaknya 12 orang,” kenangnya.

Petani miskin yang ditemuinya itu tertarik dengan cerita Misa soal budidaya jamur, tetapi tidak punya modal untuk membudidayakannya. Sementara empat kubung yang tersedia di sana harus disewa Rp 200.000 per kubung.

Misa pun kemudian meminjam uang ”monyet” (pinjaman rentenir). Jika pinjam Rp 200.00, harus kembali Rp 300.000 dalam sebulan. Mereka butuh modal Rp 600.000 untuk media tanam, yakni jerami dan kapas. Uang yang tersedia adalah uang ”setan” atau ”uang iblis”.

Warga desa menyebut uang pinjaman itu demikian karena pengembalian uang panas itu amat menjerat. Jika pinjam Rp 600.000, harus kembali Rp 1,2 juta dalam sebulan.

Misa benar-benar di persimpangan jalan. Yang bisa dia lakukan hanya shalat tahajud (shalat malam) selama tiga malam. Tuhan pun memberikan jalan untuk melangkah. Dia mendapat pinjaman tanpa agunan.

Dia memperbaiki kubung dengan mengangkut jerami sendiri dari sawah. Daun kelapa untuk biliknya dia ambil dengan memanjat pohon sendiri. ”Badan saya lecet-lecet,” ceritanya.

Singkat kata, delapan hari kemudian, bibit jamur yang dia buat sendiri tumbuh dengan baik dan dijual di pasar Cikampek, Karawang, dengan harga total Rp 1,45 juta.

Dia mengembalikan pinjaman Rp 1,2 juta sesuai perjanjian tertulis di atas segel. ”Uang tersisa hanya Rp 250.000,” ujarnya. Namun, setelah itu, pemilik tanah kubung tidak mengizinkan lagi Misa menanam jamur.

Misa akhirnya bertemu dengan pemilik kubung bekas sopir Kedutaan Besar Amerika Serikat. Pemilik kubung itu memang menyerahkan pengelolaan, tetapi tidak meminjamkan modalnya.

Misa kembali kepada rentenir. Tetapi, kali ini hanya ada uang ”jalan”. Itu sebutan uang pinjaman yang harus dikembalikan secepat mungkin. Jika meminjam Rp 300.000, harus kembali Rp 600.000 dalam delapan hari!

Tanpa berpikir panjang, ia modali empat kubung. Delapan hari kemudian, Misa mampu mengembalikan modalnya kepada tukang pukul yang menagihnya. Dari satu kubung, pinjaman itu lunas selama delapan hari. Tiga kubung lainnya mampu menghasilkan 1 ton jamur merang.

Empat bulan kemudian, dia berhasil membeli empat kubung bersama 1.500 meter lahannya di Tanjungpura, Karawang.

Dibakar warga

Misa memulai kehidupan baru usaha pembibitan dan budidaya jamur di tempat itu. Dari empat kubung terus dikembangkan menjadi 12 kubung, dan hasilnya puluhan juta rupiah. Misa lalu membeli 1 hektar sawah senilai Rp 50 juta tahun 1991 untuk memproduksi jerami. Karena tinggal di lingkungan petani miskin, perkembangan usaha Misa yang sangat cepat itu menimbulkan kecemburuan.

”Kami sudah berpuluh-puluh tahun menanam padi tetap miskin, tapi si jurig supa hanya beberapa bulan sudah kaya raya,” kenang Misa menirukan umpatan warga. Mereka pun ramai-ramai membakar kubung-kubung jamur Misa.

”Hati saya hancur saat melihat kepulan asap keluar dari sisa-sisa pembakaran kubung,” kata Misa. Ia pun stres dan hampir frustrasi menerima peristiwa pada pertengahan tahun 1992 itu. Namun, ia segera bangkit, membangun 30 kubung baru senilai Rp 35 juta dengan uangnya yang tersimpan di dalam drum selama usahanya berbulan-bulan.

Usahanya berkembang pesat karena dibantu puluhan tenaga kerja. Seiring berjalannya waktu, Misa membuka pelatihan magang bagi para calon wirausaha melalui Pusat Pendidikan dan Latihan Jamur Merang Kelompok Tani Jamur Prima, Karawang.

Misa bercerita mendapat ilmu ”perjamuran” itu semasa masih mengajar di ITB, tinggal di Dago, Bandung Utara. Saat itu dia bertetangga dengan Prof Han, guru besar yang saat itu menjadi dosen tamu mikrobiologi di ITB.

Suatu saat, profesor itu harus segera pulang ke negerinya, Jerman. Dia menitipkan buku-buku miliknya yang tak sempat dibawa pulang ke negerinya kepada Misa. ”Saya percayakan kepada kamu. Buku-buku ini jangan sampai keluar karena bersama 40 profesor lain kami sudah disumpah untuk tidak keluar ke negara lain,’’ ujar Prof Han.

Dasar ”tukang insinyur sableng”, sesudah guru besar pergi, ia melakukan nusumu, mempelajari buku-buku mikrobiologi itu. ”Ternyata bahasanya China sehingga saya harus minta bantuan seorang teman menerjemahkan,” kata Misa, yang pernah belajar jamur di Universitas Shanghai (2004).

Dari situlah Misa nekat hengkang dari ITB dan menjadi jurig supa hingga sekarang. Dari pusat pendidikannya, kini sudah ratusan orang menjadi pembudidaya jamur di seantero Nusantara.

Sumber: Kompas

72 Komentar leave one →
  1. Y. Sukwantono permalink
    Februari 11, 2011 11:35 am

    Untuk pelatihan magang di Pusat Pendidikan dan Latihan Jamur Merang Kelompok Tani Jamur Prima, Karawang dikenakan biaya apa tidak? dan berapa pelatihan tersebut?

    • SIGIT ENDRAS permalink
      September 27, 2012 11:35 am

      Saya Sigit Endras W dari Kota Ngawi saya berhasil mengembangkan bibit jamur merang kalau ingin tahu berapa biaya yang dikenakan dulu saya di tarik sekitar 1.500.000

      • Desember 19, 2013 11:35 am

        Aslkum, pak ingin belajar cara pengembangan jamur merang, alamat bapak dimana, saya ingin silaturokhim n belajar di tempat bapak, saya ari dari kecamatan kwadungan

    • Juli 17, 2013 11:35 am

      langkah awal untuk budidaya jamur merang

  2. Edi Suriadi permalink
    Februari 12, 2011 11:35 pm

    berapa biaya pelatihan tersebut?
    kontak ke siapa??

  3. haryanto permalink
    Februari 14, 2011 11:35 am

    saya tertarik sekali bisa bergabung dengan pendidikan dan pelatihan jamur merang, bagaimana caranya, berapa lama waktunya, dan berapa jumlah biaya yang harus saya siapkan

  4. Edwal permalink
    Februari 17, 2011 11:35 am

    Pak Misa yang saya hormati,

    Bagaimana cara utk mengikuti pelatihan jamur ini, dan bagaimana sistemnya serta berapa biayanya?

    Terima kasih.

  5. farida permalink
    Februari 18, 2011 11:35 am

    Bapak Misa, saya ingin sekali konsultasi dengan bpk via email ataupun sms. Bolehkah saya minta emailnya pak. Saya baru mau menjadi petani jamur. Sukses untuk bapak.

  6. Aries Budiman permalink
    Februari 18, 2011 11:35 am

    Mohon kiranya saya dibantu untuk ikut pelatihan jamur merang (no HP 0817 645 6363), saya harus daftar ke mana, biaya pelatihannya berapa? tks. Mohon kiranya dibalas ke nomer hp saja, biar cepat.

  7. Hendi Indramayu permalink
    Februari 20, 2011 11:35 am

    Ass.Wr.Wb. Mas Misa, sdh lama sy mencari anda. Pingin tahu saja gmn kabar anda skrg. Msh ingat dng Anandita Ramdhani Widigdya yg dulu tinggal di Jln Trebor pasar minggu? Skrg dia sdh menikah dan sebentar lg bakal punya anak …. Salam buat keluarga… Wassalam. hendi.

  8. Tato Y permalink
    Februari 20, 2011 11:35 am

    Ass Pa k Misa saya tertarik pada pekerjaan Bapak dalam budidaya jamur merang untuk itu saya mau belajar sama Bapak, mohon kiranya saya dapat alamatnya. Hp saya 08161329139 salam Tato

  9. afif arfani permalink
    Februari 22, 2011 11:35 am

    Mohon untuk bisa memiliki kontak telpon pak Misa, dan apa bisa silaturohmi untuk mengetahui lebih jelas proses pengembang biakan jamur merang. trims

  10. Februari 22, 2011 11:35 am

    Saya sangt tertarik bertani jamur, untuk pelatihan dan biayanya brp? mgkn sy bs kontak bpk lwt sms/tlp 081931212481 no sy.

  11. sugianto permalink
    Februari 22, 2011 11:35 am

    Sukses selalu buat pak Misa. Dapatkah kiranya dibagikan informasi untuk mengikuti pelatihan budidaya jamur, dan berapa biaya yg mesti disiapkan. Mohon bantuannya karena saya sangat tertarik dengan usaha ini. Salam.

  12. Aceh Daryana permalink
    Februari 24, 2011 11:35 am

    Pak boleh minta no hp alamat bapak, saya pingin ikut pelatihan jamur yang bapak kelola.

  13. Iwan S permalink
    Februari 24, 2011 11:35 am

    Pak Misa, saya tertarik untuk menekuni usaha jamur merang ini. Mohon alamat Bapak & no hape untuk follow up lebih lanjut. Salam, Iwan

  14. Februari 24, 2011 11:35 am

    Ke mana atau no brp saya bisa hbngi bpk? Thx

  15. Bondan permalink
    Maret 3, 2011 11:35 am

    Salam kenal pak…

  16. Maret 3, 2011 11:35 am

    Pak…saya mohon rincian alamat, biaya, waktu, dan no telpon tempat pelatihan.

  17. imam khamdan permalink
    Maret 7, 2011 11:35 am

    Ass…yang terhormat Bp Misa
    saya ingin sekali budidaya jamur merang sudah lama saya ingin mengetahui di mana alamat Bp. karena saya ingin tahu lebih dalam tentang jamur merang dan bagaimana tehnik budidayanya
    mohon informasinya alamat dan no Tlp agar saya bisa menghubungi
    atau hubungi saya di 081317907431

    imam khamdan

  18. dudung permalink
    Maret 11, 2011 11:35 pm

    Bapak Misa, saya tinggal di Cikarang Barat, bekasi. saya mau ikut pelatihan Supa, dimana alamatnya? mohon email ke saya : doeduhara@gmail.com

    salam,Dudung

    • harry permalink
      Maret 14, 2011 11:35 am

      Saya dari dulu memang tertarik dengan usaha jamur merang ini, tapi tdk dpt bergerak lebih jauh karena banyak keterbatasan. Mohon kiranya saya bisa berguru kepada bapak. tks

  19. jajang permalink
    Maret 15, 2011 11:35 am

    Pak Misa Yth.

    Salam jumpa lagi,
    Saya adalah salah satu pendamping UKM dulu pernah pengembangkan jamur dengan bapak, nama saya Jajang. Beberapa tulisan saya mengenai jamur bisa di lihat di http://www.ukm-jsuherman.blogspot.com.
    mohon maaf apakah alamat bapak masih di sini?
    1. Kp. Jati Mulya II Ds. Mekarjati
    Kec. Karawang Kota Kab. Karawang
    No. telp. 021 – 9238512
    2. Jl. Margonda Raya Kota Depok Jawa Barat
    karena banyak yang nanya alamat pada saya, mungkin kedepan saya akan bersilaturahmi ke rumah bapak.

    terimakasih,
    Salam.

    • wirawan permalink
      Maret 29, 2011 11:35 am

      Alamat bp misa, setahu saya, sama dengan yang tertulis di no 1. no telepon sama dengan yg sdr Edwin ch tulis. Semoga membantu.

  20. Edwin Ch permalink
    Maret 21, 2011 11:35 pm

    Sayangnya Pak Misa tidak memberitahu dengan cara apa bisa dihubungi.
    Mungkin no Hp ini dapat membantu (no Hp Pak Misa yg saya ketahui) : 08561703477.
    Terima kasih

  21. M.Arief insan permalink
    Maret 22, 2011 11:35 am

    Pak Misa yth, saya dari Lampung mau tanya cara ikut pelatihan budi daya jamur, berapa biayanya dan bagaimana caranya menjadi anggota. Saya juga kebetulan punya keluarga di cikampek perum rawa mas juga kerawang, dan saya lama tinggal di cikampek mohon informasinya ke 085768196860

  22. djuniar havid permalink
    Maret 30, 2011 11:35 am

    yth pak Misa,
    sama seperti yang lain, kami juga ingin mempelajari leih jauh mengenai jamur yang Bapak geluti.
    bagaimana caranya saya bisa mengembangkan usaha spt Bapak di kampung saya, Tasikmalaya.
    Terima kasih

  23. pondra nur setiawan 20tahun permalink
    April 13, 2011 11:35 pm

    Assalamualaikum,
    Pak misa saya bisa minta no telpon bapak tidak, saya pembudidaya jamur merang dari Solo. Saya ingin sharing dengan bapak kalo boleh.

  24. Hari Sulistiono permalink
    April 20, 2011 11:35 am

    Assalamualaikum…Mohon bantuan bapak untuk bisa menjadi petani jamur apakah di tempat bapak ada pelatihan dan saratnya bagaimana? Terima kasih.

  25. farida permalink
    April 30, 2011 11:35 pm

    bapak misa saya ingin rasanya bisa sharing sama bapak karena saya ingin rasanya seperti bapak saya ingin menjadi petani jamur merang dan saya sekarang lagi bikin kumbungnya semuanya saya lakukan sendiri dari bikin atap sampai ambil kayu kehutan karena saya tidak punya modal banyak utk usaha.makanya saya ingin belajar dari bapak saya berada di pulau belitung tlng pak ini email saya fdida70@yahoo.com

  26. andhy rahardjo permalink
    Mei 18, 2011 11:35 am

    Salam kenal pak Misa, sy tertarik untuk belajar budidaya jamur, apakah bisa ikut pelatihan di tempat bpk? mohon infonya pak.

    salam.
    Andhy R

  27. arifin alamsyah permalink
    Agustus 3, 2011 11:35 am

    Salam sukses pak! Saya tertarik sekali untuk bisa berwirausaha jamur. Ke mana saya bisa hubungi utk bisa ikut pelatihan, berapa dana yg di butuhkan? Terima kasih atas kesempatannya.

  28. Agustus 24, 2011 11:35 pm

    Kami menawarkan bibit jamur merang raksasa, bagi yang berminat silahkan mampir di website kami…
    Lokasi farm kami di Ds Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia.

    • rusan permalink
      Agustus 30, 2011 11:35 am

      Apakah bapak juga menyediakan pelatihan bibit jamur merang lumajang? jika ya, berapa biayanya? Maaf kemarin saya lupa menanyakan ini melalui HP.

      • September 3, 2011 11:35 am

        silahkan via telpon pak, pelatihan yg kami adakan adalah pelatihan budidaya jamur merang raksasa….

    • dimas ramdies permalink
      April 24, 2016 11:35 pm

      brp hrga per blog ny mas,minamal brp pcs msti kami psn jk pngiriman k luar daerah,alamat kami d kab.karawang..tks

  29. susiyanti permalink
    Oktober 30, 2011 11:35 am

    Saya ingin mengikuti jejak Bapak, tolong Pak hubungi saya di 085218932539.
    Semoga saja ini bisa membuat kehidupan saya menjadi baik. amin.
    Terima kasih Pak.

  30. deni r dijaya permalink
    Desember 16, 2011 11:35 am

    Pak minta alamat atau no. telpon karena saya pengen belajar bertani jamur.
    Hatur nuhun.

    • Desember 16, 2011 11:35 pm

      Coba Deni hubungi Bpk MIsa Suwarsa di Kp. Jati Mulya II Ds. Mekarjati
      Kec. Karawang Kota Kab. Karawang
      No. telp. 021 – 9238512, 08561703477.

      Semoga berhasil.

      • deni permalink
        Desember 19, 2011 11:35 am

        ya terima kasih pak atas kiriman alamatnya.

  31. pandy permalink
    Januari 7, 2012 11:35 am

    Assalamualaikum…
    Pak, saya pengen tahu bahan dan media untuk membuat benih jamur/bibit jamurnya. Soalnya di daerah saya tidak ada.
    Mohon balasannya.

  32. ahmad permalink
    Januari 8, 2012 11:35 pm

    Pak Misa yg terhormat, berapa biaya pelatihannya dan berapa lama? Mohon dibalas ke no hp saya (085321579383).

  33. Januari 13, 2012 11:35 am

    Assalamualaikum…

    Pak Misa, saya sudah mulai usaha produksi jamur merang. Hanya saja hasilnya kurang maksimal dan masih banyak kendala. Kalo mau mengikuti pelatihan biayanya berapa? dan pelatihannya di mana?

    Mohon balasannya ke no hp saya di 0899 6682 649.

  34. ENOK DARYATI, SE, S.PD permalink
    Februari 8, 2012 11:35 am

    saya ingin belajar jamur

  35. Marzell permalink
    Februari 9, 2012 11:35 pm

    Pak Misa ,, maaf saya mau nanya posisinya di depok sebelah mana ??? ???
    mohon balesannya di nomor hp sya aja dengan yadi 085294527617
    trims pak

  36. Februari 14, 2012 11:35 am

    Saya salut pada bapak, dan Koperasi lain pun ingin seperti bapak. salam jos

  37. Februari 26, 2012 11:35 am

    Hebat euy.

  38. fatim permalink
    Maret 5, 2012 11:35 pm

    pak…saya butuh bibit jamur merang…berapa harga bibit jamur merangnya pak..

  39. bambang van der saar permalink
    Maret 16, 2012 11:35 am

    Uang kursus 3 juta rupiah, lama kursus 1 minggu dapat makan siang dan snack pada pagi hari, tidak disediakan akomodasi,tapi kalau terpaksa ada tempat gubug seadanya,bila wanita ada tempat dikediaman Pak Misa. biaya membuat rumah jamur sederhana 6 juta rupiah(hanya gubug bukan stainless steel,lantai dari batu bata bukan keramik atau granit)biaya bahan bahan 2 juta. hasil minimal 400 kg perpanen selama 30 hari dari masa produksi 40 hari. bila punya 4 rumah jamur modal 24 juta+ biaya 8 juta hasil selama 40 hari 1600 kg X harga jamur 20.000 = 32 juta. jadi selama 40 hari sudah kembali modal tinggal hasil seterusnya, ok

  40. Eka martin permalink
    Maret 25, 2012 11:35 am

    Pak saya petani jamur tp jamur saya hasil y kurng memuaskan stiap kali panen. Saya ingin mengembangkan u saha ini seperti bpk. Tolong bantuan y pak hubngi saya d no 08999179092. Terimakasih

  41. suwarko326 permalink
    Maret 30, 2012 11:35 pm

    Assalamualaikum Pak Misa, Saya mo kursus jamur merang, mohon informasi lengkapnya tentang pelaksanaan kursus tersebut

  42. suwarko permalink
    Maret 30, 2012 11:35 pm

    Pak Misa alamat yang di : Jl. Margonda Raya Kota Depok Jawa Barat, lengkap nya dimana yah.. kok saya cari-cari gak ketemu yah… tolong informasikan melalui email suwarko326@gmail.com atau hp di 082124385653

  43. sunardi permalink
    April 24, 2012 11:35 am

    salam sukses untuk petani merang,saya tinggal di area solo membutuhkan suplai jamur merang sekitar 1kwintal/hari, petani area solo yg bersedia suplai ke saya silahkan kontek ke email wsunardi@ymail.com atau ke no. 085229030093

  44. Juli 2, 2012 11:35 am

    Rumah saya di Soreang, Kab.Bandung, setelah membaca artikel yg bapak buat tentang jamur, saya sangat tertarik dgn budidaya jamur merang. Di mana saya bisa beli bibit jamur merang? Tolong di infokan ke amnasppm@yahoo.co.id. Terima kasih.

  45. surya permalink
    Agustus 30, 2012 11:35 pm

    tertarik juga untuk bisnis jamur . saya siap bayar mahal untuk kursus. ini emailku kelanadua@yahoo.com

  46. September 6, 2012 11:35 pm

    Cerita dari Kompas ya, waktu itu saya juga begitu terpesona akan kegigihan bapak ini.

  47. Januari 18, 2013 11:35 am

    ass, pa mirsa sy putra asli karawang, kebetulan bapak dan kakak sy sampai saat ini menggeluti di bidang jamur merang (petani jamur merang) berdiri sejak saya masih sekolah SMP sekarang sy uda bekerja di instansi Kemhan RI. sy sangat dan ingin meningkatkan taraf kehidupannya keluarga sy (Bapak & kakak) melalui budidaya jamur mernang ini. istilahnya produksi yg di hasilkan lebih meningkat. karena selama ini yg sy alami hy cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja. belum mencapai maksimal hasilnya. (Mohon apakah ada obat biotik atau cara2 yang alami yg bisa meningkatkan produksi jamur merang ini) mohon kirim ke email sy jawabannya adebal11@yahoo.com atau telp kami 081331549963. terimakasih atas bantuan dan informasinya.

  48. Februari 20, 2013 11:35 pm

    Saya membutuhkan bibit jamur merang siap tanam. ada yang jual?
    saya sangat membutuhkannya..

  49. edy riyanto permalink
    Februari 24, 2013 11:35 am

    mohon dengan sangat atas segala kerendahan hati untuk di ajari cara budidaya nya pak,,,
    bagaimana cara aku bisa mndapatkan pembelajaran dari bapak ??

    085290079776 / edy_riancomunity@yahoo.com / onkcomunity@gmail.com

  50. anaz azwari van houten permalink
    Mei 20, 2013 11:35 am

    mohon dikasih tau nomor hp dan emailnya pak misa,supaya diindonesia makin banyak jurig supa..haturnuhun

  51. uni sunarti permalink
    Mei 20, 2013 11:35 am

    salam sukses
    semoga sehat slalu
    sy tertarik sekali dengan artikel bapak
    sy tunggu informasinya 081395797630
    terima kasih

    by uni cirebon

  52. Juni 27, 2013 11:35 pm

    luar biasa!

  53. sutji prakodo permalink
    September 16, 2013 11:35 am

    saya tertarik utk menggeluti jamur merang ini,yang penting dari semua itu adalah pemasarannya,pengepakannya,apakah pemasarannya sampai saat ini madih menjajikan baik didlm maupun diluar negeri?mhn penjelasannya,email saya : annettediza@yahoo.co.id atau bisa juga sms ke hp saya 081806830798 bpk,sutji,tks

  54. pak.arifmen permalink
    November 17, 2013 11:35 pm

    Pak saya minta alamat anda yg lengkap soalnya saya tertarik sma usaha bapak
    Klau bapak gk k beratan tolong kirim k no hp saya
    081212265133
    Thnks

  55. Samuel THP permalink
    Januari 8, 2014 11:35 pm

    Bila berkenan saya dikirimi alamat lengkap pak Misa agar dapat bersilaturahmi ke tempat bapak. Tolong kirim ke email stsam0510@gmail.com

  56. Januari 13, 2014 11:35 pm

    maaf pak misa sya wahyudin dari indramayu sy ingin belajar jamur merang pada bapak,kalau berkenan tolong sms saya 0877274888828.

  57. H K A APUL permalink
    April 3, 2014 11:35 am

    aslm. pak misa saya apul tinggal di citayam ujugngnya depok. yg saya beritaukan bahwa saya mencoba membuat jamur merang medianya kardus yg pertama gagal yg kedua gagal lagi gimana pak. mohon petunjuknya dan alamat pak misa sms ke 085782716477. makasih sebelumnya pak.

  58. ibu tika permalink
    April 30, 2014 11:35 pm

    Assalamu alaikum, pak Misa.

    Saya sdh lama, kira-kira sdh 13 thn, membuat jamur. Dulu saya pakai bibit Karawang, tapi saya gak tau karena saya ambil dari kelompok dan saya akhir-akhir ini bibitnya kurang bagus. Yang saya ingin tanyakan gimana caranya kalau saya mau beli bibit jamur pak Misa?

    Ini no telpon saya, 085258069805

    Ibu Tika dari kasiyan jember jatim

  59. yumna permalink
    Juli 12, 2014 11:35 am

    ass.pak misa saya yumna dari padang.saya alumni s2 unand jurusan biologi dg tugas ahir di mikrobiologi dg judul tesis studi komparatif media bibit induk dan media bibit produksi jamur merang.saya ingin belajar byk ttg bibit jamur merang dg bapak krn di padang blm ada tersedia bibit janur merang. tlg nantik hub saya 081267801306.mks

  60. Juli 28, 2015 11:35 am

    Untuk para pebaca, Mohon selektif membaca artikel ini, dan berpikir rasional… jangan emosi dalam mengambil keputusan dikarenakan perhitungan matematis yang begitu mengiurkan….

  61. ade permalink
    Desember 22, 2016 11:35 pm

    apakah masih ada stokk

  62. meliyana permalink
    Juli 31, 2017 11:35 am

    saya sangat tertarik saya ingin belajar buat jamur. boleh minta alamat lengkap ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: