Lanjut ke konten

Tim Robot UGM Raih Juara pada International Robot Contest 2015 di Korsel

November 5, 2015

tim robot ugm korea 2015 di indonesiaproud wordpress com
Tim robot UGM berhasil meraih juara tiga pada 10th International Robot Contest 2015 untuk kategori curling yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi (Ministry of Trade, Industry and Energy), KIRIA (Korea Institute for Robot Industry Advancement), dan SNUST (Seoul National University of Science and Technology) pada 1 November 2015 di KINTEX, Korea Selatan.

Kontes robot ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara, seperti Jepang, Korea, Indonesia dan Hong Kong. Tim robot UGM diwakili oleh 6 orang mahasiswa dan 1 dosen pembimbing. Para mahasiswa yang bertanding adalah Iman Agus Faisal, Imaduddin A Majid (Teknik Elektro dan Teknologi Informasi), Azis Fajar Riyadi, Rendy Arminda Putra (Teknik Mesin dan Teknik Industri), Ja’far Shodiq Yusuf Bachtiar, Fauzi Nur Iswahyudi (Ilmu Komputer dan Elektronika) dan Fahmizal (dosen Diploma Teknik Elektro) selaku dosen pembimbing.

“Tim Indonesia membawa robot humanoid yang berbentuk seperti manusia,” papar Faisal.

robot ugm korea 2015 di indonesiaproud wordpress com

Faisal menuturkan dalam kompetisi ini terdapat 4 kategori yang dipertandingkan, yakni fight-Royal Rumble Match, Fight, curling , dan Survival marathon. Pada setiap kategori, robot yang bertanding mendapatkan misi untuk melakukan gerakan-gerakan, seperti menendang, berlari, memukul lawan, dan gerakan lainnya agar dapat memenangkan pertandingan. Pada kategori curling robot harus diprogram sehingga dapat dikendalikan untuk menendang sebuah objek ke titik tujuan.

“Semua tim bertanding dengan penuh semangat dan mendapatkan hasil terbaik sesuai dengan usaha dan persiapan yang telah dilakukan,” imbuhnya.

Sementara itu Fahmizal, selaku dosen pembimbing, menambahkan tim robot UGM sangat beruntung karena berhasil mendapatkan juara ketiga pada kategori curling. Tim Indonesia berhasil menjadi juara setelah memenangkan pertandingan perebutan juara ketiga melawan tim Jepang.

“Hasil ini patut disyukuri sekaligus menjadi evaluasi bagi kinerja tim selanjutnya. Ke depan semoga bisa menjadi pemicu tim robot UGM agar bisa meraih hasil optimal di setiap kompetisi,” tegas Fahmizal.

Sumber: ugm.ac.id (03/11/15)

No comments yet

Tinggalkan komentar