Lanjut ke konten

Pelajar Indonesia Pekerja Keras, Pintar & Unggul di Taiwan

Oktober 8, 2010

 

Pelajar Indonesia yang tergabung di PPI Taiwan

Pemerintah Taiwan akan menggelar pameran pendidikan tinggi (Taiwan Higher Education Expo 2010) pertamanya di Indonesia di kota Aceh, Jakarta & Yogyakarta pada 9-13 Oktober 2010. Pameran ini bertujuan untuk menjaring lebih banyak lagi pelajar asal Indonesia yang terkenal unggul dibanding pelajar asal negara lain di Taiwan.

Pameran pendidikan yang melibatkan 34 universitas di Taiwan ini menawarkan 250 program master dan Ph.D bagi warga Indonesia. Pemerintah Taiwan juga menawarkan enam beasiswa bagi pelajar Indonesia berprestasi.

“Kami membawa 87 delegasi dari 34 universitas, serta enam delegasi dari Kementerian Pendidikan Taiwan,” ujar Tony Lin, Direktur Jenderal Hubungan Pendidikan dan Budaya Internasional Kementrian Pendidikan Taiwan, di kantor Perdagangan dan Ekonomi Taipei di Jakarta, 7 Oktober 2010.

Lin menjelaskan, Indonesia merupakan pasar pelajar yang baik bagi Taiwan. Jumlah pelajar Indonesia di Taiwan adalah yang terbesar ketiga dari jumlah seluruh pelajar asing di Taiwan. Terdapat 2.275 pelajar asal Indonesia yang belajar pada beberapa program di universitas Taiwan.

“Taiwan adalah negara dengan standar pendidikan tinggi terbaik diantara negara-negara di Asia, pelajar Indonesia akan mendapatkan pendidikan yang terunggul di negara ini,” ujar Lin lagi.

Menurut Wen-Shu Hwang, rektor Universitas Dong Hwa, pelajar Indonesia yang telah belajar di Taiwan sangat baik dalam mengikuti program-program pendidikan di Taiwan, terutama pada program unggulan negara tersebut yaitu teknik sipil dan manajemen. Hwang menjelaskan bahwa pelajar Indonesia yang dia kenal memiliki nilai yang terbaik dibandingkan pelajar asal negara lain.

“Pelajar Indonesia sangat baik dalam menangkap pelajaran, pekerja keras dan pintar. Itulah yang membuat mereka unggul dibanding yang lain. Ditambah lagi, hampir semua pelajaran diberikan dalam bahasa Inggris, sehingga memudahkan para pelajar,” ujar Hwang.

Hwang menuturkan bahwa mahasiswanya yang berasal dari Indonesia kebanyakan memiliki IPK di atas tiga dan lulus dengan gelar kehormatan. Beberapa mahasiswa Indonesia bahkan dapat melanjutkan kuliahnya ke negara-negara di Eropa dengan mudah.

“Ini karena sistem pendidikan di Taiwan memungkinkan mahasiswa mudah beradaptasi dengan sistem pendidikan Barat,” ujarnya. Satu hal yang ditekankan, Tony Lin mengklaim Taiwan unggul dalam bidang pendidikan di banding China terutama dalam hal lingkungan belajar.

Pameran pendidikan Taiwan akan dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala Aceh pada 9 Oktober 2010, Universitas Trisakti Jakarta pada 11 Oktober 2010 dan Universitas Gajah Mada pada 13 Oktober 2010.

Sumber: VIVAnews

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: